Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kebiasaan Sehat

Pertolongan Pertama Saat Gejala Demam Berdarah

Update terakhir: NOV 17, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.626.037 orang

Pertolongan Pertama Saat Gejala Demam Berdarah

Saat ini, sudah ada tujuh provinsi di Indonesia yang dinyatakan sebagai daerah Kejadian Luar Biasa Demam Berdarah Dengue (KLB-DBD). Tujuh provinsi itu adalah Gorontalo, Papua Barat, Sulawesi Selatan, Bali, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Banten. 

Terkait dengan makin meluasnya penularan virus dengue, yang menjadi penyebab DBD, Wakil Presiden Jusuf Kalla, kemarin menyatakan bahwa pemerintah tidak bisa lagi menangani wabah ini sendirian. Pemerintah perlu bantuan dari segenap lapisan masyrakat untuk bersama-sama memerangi DBD.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Virus dengue disebarkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypty. Nyamuk Aedes aegypty mengisap darah orang yang sudah terinfeksi virus dengue, kemudian menggigit orang yang sehat sehingga terjadilah penularan. 

Gejala DBD 
Gejala yang terjadi ketika terjangkit DBD antara lain :

1. Demam tinggi 39-40 derajat celcius selama 2-7 hari lesu,  suhu badan bisa mencapai 40 derajat celcius.

2. Nyeri otot dan di belakang mata, kepala pusing.

3. Mual dan kadang disertai muntah.

4. Pendarahan dari mulut, hidung ( mimisan ), dan dubur (BAB berdarah).

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

5. Muncul Bintik-bintik merah pada kulit yang bila kulit direnggangkan, bintik khas DBD akan terlihat berbeda dari jenis gigitan nyamuk yang lain. 

Penderita demam berdarah rentan mengalami dehidrasi karena terjadi kebocoran plasma yang menyebabkan darah mejadi kental dan proses pematangan trombosit terhambat. Kondisi dehidrasi tersebut akan berakibat fatal jika tidak diatasi dengan cepat dan tepat. JIka Anda atau kerabat Anda mengalami gejala di atas, perbanyaklah asupan cairan, namun jika gejala semakin parah dan penderita tampak lesu, segeralah memeriksakan diri ke dokter.  Tidak ada obat spesifik untuk DBD namun dokter akan memberi jenis obat penurun panas dan obat anti nyeri untuk mengurangi rasa sakit serta infus.

Sesuai rekomendasi dari badan kesehatan dunia (WHO), perawatan untuk pasien DBD di rumah adalah dengan mengkonsumsi larutan elektrolit isotonik. Mengapa disarankan mengkonsumsi larutan elektrolit isotonik? Karena tubuh bukan hanya kehilangan banyak air namun juga ION ketika seseorang  DBD dan jika tidak digantikan dengan tepat dapat berakibat fatal dan kondisi penderita DBD akan semakin memburuk.

Ion dibutuhkan tubuh karena berguna untuk membantu proses kerja organ tubuh. Ion akan membantu cairan bertahan lebih lama didalam tubuh sehingga kebocoran sel tidak semakin parah dan membantu menyalurkan nutrisi dan oksigen ke otak

Penderita DBD dapat memilih Pocari Sweat sebagai alternatif untuk pencegahan dehidrasi saat terkena DBD. Pocari Sweat merupakan minuman elektrolit isotonik yang mengandung  ion. Pocari sweat memiliki kandungan yang mirip dengan cairan tubuh sehingga akan lebih cepat disearp oleh tubuh. Pocari Sweat boleh dikonsumsi mulai dari anak umur 1 tahun tidak memiliki efek samping apapun.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit