HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Waktu Terbaik Untuk Tidur, Makan, Olahraga, dan Bercinta

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Waktu Terbaik Untuk Tidur, Makan, Olahraga, dan Bercinta

Jika kita bicara tentang pola hidup sehat, sebenarnya tidak bisa dipisahkan dari pengetahuan tentang ritme sirkadian. Ritme sirkadian adalah waktu biologis tubuh untuk melakukan segala sesuatu sesuai dengan kebutuhan tubuh itu sendiri. Ritme sirkadian terkait dengan alam semesta. Ini bukan mistik tapi ilmiah. Misalnya ketika hari gelap, mata kita menerima sedikit cahaya, maka otomatis produksi hormon melatonin meningkat dan kita jadi mengantuk, di samping memang tubuh butuh istirahat

"Jamur, lalat, anjing, ikan, manusia punya ritme sirkadian," kata  Dr. Michael Howell, ahli syaraf  University of Minnesota. “Apa yang tubuh Anda kerjakan pada pukul 8 pagi berbeda dari apa yang terjadi pada tubuh pada pukul 10 pagi. Lambung Anda bereaksi terhadap makanan dengan cara yang berbeda pada waktu yang berbeda. Kemampuan kita berolahraga juga berbeda di waktu yang berbeda setiap harinya."

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Ritme sirkadian dimiliki oleh semua makhluk hidup dan memengaruhi respons hormon, suhu tubuh, detak jantung dan siklus tidur. Memahami ritme tubuh akan membantu Anda optimal dalam beraktivitas, sekaligus optimal juga dalam menjalankan pola hidup sehat. 

Waktu Terbaik Untuk Tidur, Makan, Olahraga, dan Bercinta

Waktu untuk Tidur

Tidak ada waktu yang bisa dibilang tepat untuk tidur atau bangun karena siklus tidur orang berbeda-beda. Tapi menemukan waktu natural kapan biasanya Anda tidur sangatlah penting. 
Jadwal tidur yang dianggap ideal adalah tidur enam jam di malam hari dan kemudian tidur siang selama dua jam di sore hari. Jadwal tidur siang itu sendiri dapat bervariasi tergantung pada jadwal bangun pagi Anda; pada umumnya jadwal tidur siang yang baik adalah 6 jam berselang setelah Anda bangun tidur. Jadi jika Anda bangun pukul 7 pagi maka waktu alami Anda untuk tidur siang adalah pukul satu.

Waktu untuk Berolahraga

Beberapa ahli fisiologi memiliki gagasan bahwa sore adalah waktu yang tepat untuk berolahraga dengan intensitas tinggi. "Itu karena tubuh Anda sudah melakukan pemanasan sepanjang hari. Berbeda ketika pagi terbangun dengan sendi kaku dan aliran darah [pagi] tidak seperti pada akhir hari. Meskipun demikian hendaknya jadwal olahraga dapat disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari dan tidak terpatok hanya pada sore hari. Kapanpun Anda sempat berolahraga maka lakukanlah olahraga. 

Waktu untuk Makan

Ketika bicara soal makan, para ahli berbeda pendapat. "Dari sudut pandang ilmiah, telah ada penelitian yang mengatakan makan porsi kecil tapi sering sangat bermanfaat. Jadi, makanlah setiap dua jam, "kata Katherine Zeratsky, seorang ahli diet di Mayo Clinic di Rochester. "Ada penelitian juga yang mengatakan makan tiga kali sehari sudah memadai."

Meskipun demikian, sarapan tetap berperan penting untuk mempersiapkan aktivitas harian Anda. Sarapan membuat pikiran Anda tajam dan dapat mencegah makan berlebihan nantinya. Beberapa ahli mengatakan, Anda harus sarapan satu jam setelah bangun, sementara yang lain mengatakan dua jam setelah bangun adalah waktu yang sangat ideal. Lalu kapan waktu yang tepat Anda harus berhenti makan? Banyak pakar diet melarang makan setelah pukul 7 malam sebagai cara untuk mencegah kebiasaan ngemil makanan yang tidak sehat. Kebiasaan makan yang terlalu larut, terutama yang mengandung kafein, akan meningkatkan denyut jantung dan mencegah Anda tertidur pulas. 

Di lain pihak, Darlene Kvist, pendiri Nutritional Weiht and Wellness di Twin Cities justru merekomendasikan konsumsi camilan 1 jam sebelum pergi tidur, Anda harus mengonsumsi camilan dengan sedikit lemak dan sedikit karbohidrat. Lemak membantu untuk menstabilkan gula darah sepanjang malam sehingga dapat tidur lebih nyenyak dan segar di pagi hari. 

Waktu untuk Meditasi

Erik Storlie pengajar meditasi di University of Minnesota’s Center for Spirituality and Healing, mengatakan setiap orang harus mencari waktu terbaiknya sendiri. Tapi umumnya, meditasi paling baik dilakukan pagi hari ketika suasana masih sepi.  Ia juga menyarankan agar Anda melakukannya sejenak di siang hari dan sebelum tidur malam.

Waktu untuk Bercinta

Ritme sirkadian juga mengatur kebaikan Anda di bidang yang lain: Hubungan romantis Anda dengan pasangan. Level oksitosin atau hormon cinta paling deras diproduksi pada pagi hari; begitu juga dengan level hormon testosteron seorang pria. Jadi, jika ingin maksimal dalam bercinta, lakukanlah di pagi hari setelah bangun tidur.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Best Time of Day to Exercise: When to Work Out. Healthline. (https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/best-time-to-workout)
When's the best time to take a warm bath for better sleep?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325818.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app