Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Makanan dan Diet Sehat

Inilah Makanan yang Efektif Membakar Lemak

Update terakhir: SEP 21, 2019 Waktu baca: 1 menit
Telah dibaca 1.541.799 orang

Inilah Makanan yang Efektif Membakar Lemak

Beberapa jenis makanan memiliki efek termogenik yang lebih dari yang lain. Efek ini membuat tubuh Anda membakar kalori mulai dari saat mengunyahnya sampai ketika dimetabolisme tubuh. Ada juga makanan yang mengandung senyawa yang dapat meningkatkan metabolisme. Berikut ini makanan yang efektif membakar lemak

1. Gandum murni
Tubuh Anda membakar dua kali lipat lebih banyak kalori ketika mengonsumsi makanan utuh seperti gandum utuh, dibanding makanan lembut yang sudah banyak diproses. Awali hari dengan sereal gandum utuh untuk hari yang berenergi dan pembakaran kalori yang lebih banyak

2. Daging rendah lemak
Protein memiliki efek termogenik yang tinggi. Saat protein dimetabolisme, tubuh membakar 30 persen kalori yang masuk. Contoh; tubuh membutuhkan 90 kalori untuk memetabolisme daging dada ayam tanpa kulit yang mengandung 300 kalori.

3. Produk susu rendah lemak
Diperkaya kalsium dan vitamin D, produk susu rendah lemak membantu pembangunan otot yang penting untuk pembakaran lemak. Semakin tinggi massa otot, semakin efektif tubuh Anda membakar lemak.


4. Teh hijau
Minum empat cangkir teh hijau setiap hari akan membantu Anda menurunkan berat badan sebanyak 2,7 kg dalam seminggu, demikian menurut American Journal of Clinical Nutrition reports. Senyawa EGCG di dalam teh hijau adalah jenis senyawa yang mampu mempercepat proses metabolisme di dalam tubuh Anda. 

5. Kacang lentil
Satu sajian kacang lentil mengamdung 35 persen kebutuhan zat besi harian Anda. Ketika tubuh kekurangan nutrisi maka metabolisme akan melambat sehingga pembakaran lemak menjadi tidak efisien, katq Tammy Lakatos Shames, RD, ahli nutriai sekaligus penulis buku The Secret to Skinny.


6. Cabai dan paprika
Senyawa capcaisin di dalam cabai fan paprika mampu menimbulkan hawa panas di tubuh, sehingga tubuh membakar lebih banyak kalori. 

Cabai dan paprika biasa digunakan sebagai bumbu beragam masakan. Dalam bentuk bubuk, cabai juga bisa digunakan sebagai penambah rasa. Bagi yang tidak tahan mengonsumsi cabai segar atau bubuk, saus cabai bisa digunakan sebagai penggantinya, saran Lakatos Shames. 

Ditinjau oleh: dr. Deffy Leksani Anggar Sari

 

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit