Persiapan Sebelum Melakukan Prosedur Endoskopi Gastrointestinal

Dipublish tanggal: Mei 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Persiapan Sebelum Melakukan Prosedur Endoskopi Gastrointestinal

Jenis Endoskopi

Ada beberapa jenis endoskopi. Dalam endoskopi gastrointestinal pencernaan bagian atas (GI), dokter akan menempatkan endoskop melalui mulut dan turun ke kerongkongan. Endoskop adalah tabung fleksibel dengan kamera terpasang.

Pada umumnya, dokter akan merekomendasikan prosedur endoskopi GI bagian atas untuk menyingkirkan tukak lambung atau masalah struktural, seperti penyumbatan pada kerongkongan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Selain itu, prosedur ini juga dapat dilakukan jika Anda menderita penyakit gastroesophageal reflux (GERD) atau jika Anda dicurigai memiliki kondisi tersebut.

Endoskopi GI bagian atas juga dapat membantu menentukan apakah Anda menderita hernia hiatal, yang terjadi ketika bagian atas perut mendorong ke atas melalui diafragma dan masuk ke dada.

Penting untuk mempersiapkan prosedur endoskopi GI bagian atas untuk memastikan prosedur berjalan lancar. Dokter  akan memberi Anda petunjuk spesifik tentang cara mempersiapkan endoskopi Anda.

Tetapi, berikut adalah beberapa tips umum yang dapat membantu Anda:

1. Diskusikan kondisi atau masalah medis

Pastikan untuk memberi tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil atau memiliki kondisi kesehatan, seperti penyakit jantung atau kanker.

Informasi ini dapat membantu dokter Anda untuk mengetahui apakah akan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan dan melakukan prosedur seaman mungkin.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

2. Beritahukan obat-obatan dan alergi yang dimiliki

Anda juga harus memberi tahu dokter tentang alergi yang Anda miliki dan tentang resep apa pun dan obat-obatan bebas yang Anda minum. Dokter dapat memberi tahu Anda untuk mengubah dosis atau berhenti minum obat tertentu sebelum endoskopi.

Beberapa obat dapat meningkatkan risiko pendarahan selama prosedur. Obat-obatan ini termasuk:

Obat apa pun yang menyebabkan kantuk dapat mengganggu obat penenang yang diperlukan oleh prosedur ini. Obat-obatan anti kecemasan dan banyak antidepresan dapat memengaruhi respons Anda terhadap obat penenang.

Jika Anda menggunakan insulin atau obat lain untuk mengendalikan diabetes, penting untuk membuat rencana dengan dokter agar gula darah Anda tidak terlalu rendah. Jangan melakukan perubahan apa pun pada dosis harian Anda kecuali jika dokter memberi tahu Anda untuk melakukannya.

3. Ketahui risiko prosedur

Pastikan Anda memahami risiko prosedur dan komplikasi yang mungkin terjadi. Komplikasi ini jarang terjadi, tetapi dapat meliputi:

  • Aspirasi terjadi ketika makanan atau cairan masuk ke paru-paru. Hal ini bisa terjadi jika Anda makan atau minum sebelum prosedur. Pastikan untuk mengikuti instruksi dokter Anda tentang puasa untuk mencegah komplikasi ini.
  • Reaksi yang merugikan dapat terjadi jika Anda alergi terhadap obat-obatan tertentu, seperti obat penenang yang diberikan selama prosedur. Obat-obatan ini juga dapat mengganggu obat lain yang mungkin Anda gunakan. Pastikan untuk memberi tahu dokter Anda tentang obat apa pun yang Anda pakai.
  • Pendarahan dapat terjadi jika polip diangkat atau jika biopsi dilakukan. Namun, perdarahan biasanya ringan dan dapat dengan mudah diatasi.
  • Robekan dapat terjadi di daerah yang diperiksa.

4. Atur perjalanan pulang

Anda kemungkinan akan diberi obat sedasi dan obat penenang untuk membantu Anda rileks selama endoskopi. Anda tidak boleh mengemudi setelah prosedur karena obat ini akan membuat Anda mengantuk. Sebaiknya, Anda mengatur penjemputan untuk pulang dari rumah sakit dan ditemani oleh seseorang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

5. Jangan makan atau minum

Anda tidak boleh makan atau minum apa pun setelah tengah malam malam sebelum prosedur, termasuk permen karet atau permen.

Namun, Anda biasanya dapat memiliki cairan bening setelah tengah malam hingga enam jam sebelum endoskopi jika prosedur Anda di sore hari. Cairan bening meliputi:

  • air
  • kopi tanpa krim
  • jus apel
  • soda bening
  • kaldu

6. Berpakaian nyaman

Meskipun Anda akan diberikan obat untuk membantu Anda rileks, endoskopi masih dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Pastikan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan hindari memakai perhiasan. Anda akan diminta untuk melepas kacamata atau gigi palsu sebelum prosedur.

7. Bawalah formulir yang diperlukan

Pastikan untuk mengisi formulir persetujuan dan dokumen lain yang diminta dokter Anda. Persiapkan semua formulir malam sebelum prosedur, dan taruh di tas Anda sehingga Anda tidak lupa membawanya.

8. Rencanakan waktu untuk pulih

Anda mungkin merasakan sedikit ketidaknyamanan di tenggorokan setelah prosedur, dan obat mungkin perlu waktu untuk hilang. Anda dapat mengambil cuti kerja untuk beristirahat sampai Anda benar-benar pulih.


8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Early DS, et al. Guidelines for sedation and anesthesia in GI endoscopy. Gastrointestinal Endoscopy. 2018;87:327.
Cohen J, et al. Overview of upper gastrointestinal endoscopy (esophagogastroduodenoscopy). https://www.uptodate.com/contents/search.
Upper GI endoscopy. National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. https://www.niddk.nih.gov/health-information/diagnostic-tests/upper-gi-endoscopy.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app