Perawatan Wajah

Ketahui Cara-Cara Menghilangkan Komedo Dengan Mudah

Dipublish tanggal: Mar 4, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 2, 2019 Waktu baca: 4 menit
Ketahui Cara-Cara Menghilangkan Komedo Dengan Mudah

Khususnya bagi para wanita, munculnya komedo di hidung akan mengurangi rasa percaya diri. Terkadang bagi para kaum hawa, komedo yang muncul pada hidung dapat mengganggu aktivitas fisik atau bahkan membuat mereka enggan untuk keluar rumah. Mereka menyebut hidung yang penuh dengan komedo dengan sebutan hidung landak.

Memiliki kulit wajah yang bersih memang tidak mudah. Namun, hal tersebut bukanlah khayalan. Terutama bagi Anda yang saat ini tengah berurusan dengan komedo. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Pasalnya, sudah terdapat banyak cara untuk membersihkan komedo yang terbilang mudah dan ampuh. Bahkan, cara membersihkan komedo yang cukup beragam ini dapat dijadikan referensi yang sesuai dengan pilihan.

Apa itu komedo?

Sebelum kita membahas mengenai cara membersihkan komedo, ada baiknya jika kita mengetahui apa itu komedo dan bagaimana komedo dapat terbentuk pada permukaan kulit. Komedo dapat terjadi pada bagian tubuh manapun, tetapi paling sering terjadi pada wajah dan badan.

Komedo itu sendiri adalah salah satu jenis jerawat yang paling rendah tingkatannya. Pembentukan komedo terjadi ketika Kelenjar sebasea melepaskan minyak alami yang disebut sebum ke permukaan kulit. Hal ini terjadi pada struktur pori yang disebut unit pilosebaceous (PSUs). PSU yang paling umum terdapat di wajah dan hidung.

Komedo terbentuk ketika adanya produksi sebum yang berlebih bersatu dengan rambut, dan sel-sel kulit, kemudian komponen tersebut bersatu dan menyumbat kelenjar sebasea. Sehingga muncul bintik putih pada hidung atau wajah yang mana merupakan tanda penyumbatan.

Bisa kita katakan bahwa komedo mempunyai struktur yang hampir sama dengan jerawat. Komedo bisa katakan hampir sama dengan jerawat karena pembentukan komedo sendiri akan terjadi saat pori-pori kulit kita mengalami penyumbatan yang disebabkan oleh adanya minyak, kotoran atau juga karena adanya sel kulit yang mati. 

Yang kita bisa bedakan antara jerawat dengan komedo adalah kalau jerawat akan diselimuti oleh kulit, namun kalau dalam komedo tidak ada yang namanya diselimuti oleh kulit yang ada di wajah kita.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan komedo?

Ada banyak cara untuk menghilangkan komedo, kita bisa menghilangkan komedo dengan cara yang tradisional sampai dengan yang paling modern sekalipun. Namun cara-cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Sebagai contoh, sah-sah saja menghilangkan komedo dengan cara tradisional, namun karena tidak ada landasan ilmiahnya, maka bisa saja Anda hanya buang-buang waktu mencoba hal yang tidak jelas.

Dalam penggunaan pengobatan yang modern pun ada resikonya, kemungkinan ada reaksi obat-obatan yang bisa menyebabkan masalah baru pada kulit Anda. Oleh karena itu, dalam penanganan komedo, tergantung dari pilihan tiap-tiap orang. 

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan komedo, meliputi:

1. Teknik penguapan wajah

Jika Anda ingin memastikan kulit Anda terbebas dari komedo dengan harga yang ekonomis, Anda bisa mencoba teknik penguapan. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Cukup bersihkan wajah Anda terlebih dahulu, kemudian siapkan mangkuk yang berisi air panas (jangan sampai wajah Anda terbakar) kemudian tutup kepala Anda dengan handuk dengan mangkok air panas tersebut di dalamnya, sehingga uap panasnya dapat mengenai wajah Anda. Lakukan hal ini selama 10 menit

Uap panas bisa membantu Anda melonggarkan pori-pori dan bisa membantu mengeluarkan sebum dan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. 

2. Menghilangkan komedo dengan putih telur

Kita mungkin akan tidak tahan dengan bau amis yang ada di dalam putih telur, namun meskipun begitu putih telur sangat bisa kita gunakan untuk menghilangkan komedo yang kita punya. 

Dengan adanya kandungan protein dan juga asam amino yang ada di dalam putih telur, maka akan bisa memnyempitkan pori-pori kulit wajah kita. selain itu juga bisa kita gunakan untuk mengurangi produksi minyak yang ada di wajah kita.

3. Menghilangkan komedo dengan baking soda dan air

Langkah berikutnya berkaitan dengan proses pengelupasan kulit, karena pengelupasan kulit berperan penting dalam menghilangkan komedo.

Soda kue membantu pengelupasan kulit dan mengangkat sel-sel kulit yang mati, juga menetralkan tingkat PH kulit yang membantu kulit menghasilkan lebih sedikit minyak, sehingga membantu segala macam zat yang menyumbat pori-pori.

Menghilangkan komedo dengan konsultasi dokter 

Untuk komedo yang yang membandel dan tidak kunjung hilang, atau bahkan menjadi jerawat yang lebih parah, dapat dipertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter dan menggunakan obat-obatan seperti:

1. Benzoil peroksida dan Asam Azaleat

Benzoil peroksida efektif untuk mengatasi jerawat ringan sampai sedang. Komedo dan luka yang meradang dapat diobati dengan baik oleh benzoil peroksida. Efektifitas salep dengan kadar rendah sama dengan salep kadar tinggi untuk mengurangi radang. Biasanya dimulai dengan kekuatan yang rendah dan dinaikkan secara bertahap. 

Asam azaleat mempunyai sifat anti komedonal dan antimikroba. Asam azaleat dapat merupakan alternatif dari benzoil peroksida untuk mengatasi akne komedonal ringan sampai sedang terutama yang di muka. Asam azaleat kadang lebih disukai karena tidak menyebabkan iritasi lokal sebanyak benzil peroksida.

2. Penggunaan Asam Salisilat

Asam salisilat dapat menghilangkan komedo dengan cara yang mirip dengan benzoil peroksida, dalam hal ini ia membantu membunuh bakteri pada permukaan kulit. 

Asam salisilat membantu memperlambat menumpuknya sel-sel kulit mati di folikel rambut, sehingga menjaga pori-pori agar tidak tersumbat. Asam salisilat juga tersedia dalam berbagai kekuatan dosis, baik dalam bentuk krim maupun salep.

3. Penggunaan Krim Retinoid

Krim retinoid banyak digunakan pada klinik klinik kecantikan. Retinoid dalam bentuk krim dan gel merupakan turunan dari vitamin A yang sangat berperan menjadi banyak solusi dari berbagai masalah kulit, seperti menghilangkan garis-garis halus dan kerutan, bekas luka dan perubahan warna, serta sebagai krim anti jerawat

Krim retinoid dapat menghilangkan komedo dengan cara membuka penyumbatan pori-pori dan mempromosikan pergantian sel kulit. Di Indonesia produk ini memliki merek Vitacid dalam bentuk krim wajah. Gunakan pada malam hari sebelum tidur karena tidak boleh terpapar sinar matahari.

Hati-hati! Krim retinoid dapat menyebabkan kulit sedikit merah dan agak pedih saat pertama kali mulai menggunakannya. Gejala ini akan hilang ketika kulit sudah beradaptasi. Hal ini terkait juga dengan dosis yang digunakan, oleh karena sabaiknya gunakanlah sesuai rekomendasi dokter.

Penggunaan pore strip atau pore pack dinilai kurang efektif, karena walaupun terlihat banyak komedo yang tercabut, namun pasti komedo akan tumbuh kembali dikemudian hari. 

Tidak disarankan untuk memencet komedo dengan tangan atau alat apapun. Walaupun menimbulkan kepuasan tersendiri, namun mengeluarkan komedo dengan cara ini malah membuat pori-pori membesar dan kadang ukuran pori-pori tidak kembali lagi dan terlihat membesar.

15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Whiteheads: Home remedies and other self-care tips (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319437.php)
How To Remove Blackheads At Home: 12 Natural Remedies To Try (https://www.stylecraze.com/articles/18-home-remedies-for-blackheads/#gref)
Whiteheads: Treatment, self-care, and causes (https://www.medicalnewstoday.com/articles/315104.php)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app