Penyakit Kulit Xanthoma - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Apr 27, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 733.199 orang

Xanthoma adalah suatu kelainan kulit yang terjadi akibat penumpukan lemak yang terlokalisir di bawah kulit. Penumpukan lemak dapat muncul di mana saja pada seluruh tubuh, tetapi biasanya kelainan kulit ini muncul pada daerah sekitar persendian terutama sendi lutut dan siku, kaki, tangan dan pantat.

Ukuran xanthoma dapat bervariasi. Pertumbuhannya bisa sekecil jarum pentul atau sebesar anggur. Xanthoma biasanya terlihat seperti benjolan di bawah kulit dan kadang-kadang tampak berwarna kuning atau oranye. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Xanthoma biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, terkadang xanthoma terasa nyeri bila disentuh dan menimbulkan rasa gatal.

Apa penyebab munculnya Xanthoma?

Xanthoma biasanya disebabkan oleh tingginya kadar lipid atau lemak darah. Tingginya kadar lemak dalam darah mungkin merupakan gejala dari suatu kondisi medis yang mendasarinya, seperti:

  • hiperlipidemia, atau kadar kolesterol darah tinggi.
  • diabetes, penyakit yang menyebabkan kadar gula darah tinggi.
  • hipotiroidisme, suatu kondisi di mana tiroid tidak menghasilkan hormon tiroid.
  • sirosis bilier primer, suatu penyakit di mana saluran empedu di hati secara perlahan dihancurkan.
  • cholestasis, suatu kondisi di mana aliran empedu dari hati melambat atau berhenti
  • sindrom nefrotik, gangguan yang merusak pembuluh darah di ginjal.
  • penyakit hematologi, seperti gangguan lipid metabolik gamopati monoklonal. Kondisi ini adalah suatu kondisi genetik yang mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memecah zat , seperti fungsi tubuh dalam mencerna lemak.
  • kanker, suatu kondisi serius di mana sel-sel ganas tumbuh pada tingkat yang cepat dan tidak terkendali.
  • efek samping dari obat-obatan tertentu, seperti tamoxifen, prednisone, dan cyclosporine

Xanthoma sendiri tidak berbahaya, tetapi kondisi mendasar yang menyebabkannya perlu ditangani. Xanthoma yang mempengaruhi kelopak mata disebut xanthelasma.

Anda berisiko tinggi mengalami xanthoma jika Anda memiliki salah satu kondisi medis seperti yang dijelaskan di atas. Anda juga memiliki risiko lebih tinggi terkena xanthoma jika Anda memiliki kadar kolesterol atau trigliserida darah yang tinggi. 

Konsultasikan dengan dokter Anda tentang risiko yang Anda miliki dan apa yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan kemungkinan terkena kondisi tersebut.

Apakah Xanthoma dapat dicegah?

Xanthoma mungkin tidak sepenuhnya dapat dicegah. Tetapi ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan risiko terkena kondisi ini. Jika Anda menderita kondisi hiperlipidemia atau diabetes,Anda harus menjalani perawatan yang adekuat sesuai dengan instruksi dokter.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Penting juga untuk mempertahankan kadar lemak dan kolesterol dalam darah. Anda dapat mempertahankan kadar lemak dan kolesterol dalam darah dengan makan makanan sehat, berolahraga secara teratur, dan minum obat penurun kolesterol sesuai dengan anjuran dokter. 

Anda juga dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kolesterol darah secara teratur supaya Anda dapat memantau dan menjaga kadar lipid dan kolesterol Anda.

Apa yang dapat anda lakukan untuk menangani  Xanthoma?

Diagnosa

Jika Anda mengalami bercak berwarna kuning yang mengarah kepada gejala xanthoma, segera periksakan diri Anda ke dokter atau dokter kulit. Dokter atau dokter kulit Anda biasanya dapat mendiagnosis xanthoma. 

Dokter mungkin dapat menegakan diagnosis hanya dengan memeriksa kulit Anda secara visual. Namun terkadang gejala xanthoma mirip dengan kelainan kulit lainnya, sehingga dokter mungkin membutuhkan pemeriksaan penunjang yang meliputi :

  • Pemeriksaan darah

Dokter akan meminta Anda untuk melakukan pemeriksaan darah untuk memeriksa kadar lemak darah, menilai fungsi hati, dan menyingkirkan kemungkinan diabetes.

  • Biopsi Kulit

Biopsi kulit dapat memastikan adanya deposit lemak di bawah kulit. Biopsi kulit adalah pemeriksaan yang dilakukan dengan mengambil sampel kecil jaringan dari pertumbuhan di bawah kulit dan mengirimkannya ke laboratorium untuk dianalisis.  

Pengobatan Xanthoma

Pengobatan xanthoma tergantung dari penyebab yang mendasarinya. Jika xanthoma adalah gejala dari suatu kondisi medis, maka penyebab yang mendasarinya harus diobati. Penyakit diabetes dan kadar kolesterol yang terkontrol dengan baik cenderung dapat mengatasi gejala xanthoma.

Perawatan lain untuk xanthoma termasuk operasi pengangkatan, operasi laser, atau perawatan kimia dengan asam trikloroasetat. Namun, kelainan kulit pada Xanthoma dapat kembali bahkan setelah perawatan, sehingga metode ini tidak dapat menyembuhkan kondisi tersebut. 

Konsultasikan dengan dokter Anda untuk memilih perawatan mana yang tepat untuk Anda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit