Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kebiasaan Sehat

Panduan Tidur Lelap Ketika Sedang Menstruasi

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.164.688 orang

Terdapat beberapa hal yang mengganggu bagi wanita ketika berada dalam masa menstruasi seperti perubahan hati yang fluktuatif, badan terasa pegal-pegal bahkan juga kesulitan tidur. 

Walaupun hal tersebut terjadi pada Anda, usahakan untuk memenuhi standar waktu tidur Anda. Kurang tidur dapat menyebabkan Anda cepat merasa lelah dan mudah terserang penyakit.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat v2

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, terdapat sekitar 67 persen wanita yang kesulitan untuk tidur akibat mengalami menstruasi parah. Kesulitan untuk tidur disini maksudnya bukan hanya sulit tidur namun juga kurang optimalnya kualitas tidur yang dimiliki.

Beberapa wanita yang mengalami sulit tidur ketika menstruasi memiliki beberapa alasan seperti nyeri punggung, kram punggung, payudara terasa nyeri dan sebagainya. Saat menstruasi suhu tubuh mengalami peningkatan dan hal ini membuat Anda merasa kurang nyaman dan gelisah seharian.

Berikut ini adalah beberapa panduan agar Anda dapat mengatasi keluhan tersebut dan tidur lelap saat sedang menstruasi:

Usahakan agar kamar terasa sejuk

Produksi hormon prostaglandin semakin meningkat ketika mendekati waktu menstruasi. Hal ini bertujuan untuk mendorong terjadinya kontraksi pada rahim sehingga lapisan pembuluh darah di dalamnya luruh. 

Akibat hal tersebut tubuh akan merasa tidak nyaman karena suhu tubuh meningkat menjadi lebih panas atau tinggi. Faktanya kenaikan suhu tubuh ini yang membuat Anda merasa kurang nyaman saat tidur.

Seorang ahli obgyn dari New York bernama dr. Karen Duncan menjelaskan bahwa salah satu alasan seseorang mudah mengantuk yaitu suhu sekitar yang terasa sejuk. Itu sebabnya Anda akan merasa sulit tidur akibat peningkatan suhu tubuh saat menstruasi. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat v2

Saat Anda sedang atau akan menstruasi pastikan untuk mengatur suhu kamar tidur menjadi antara 18 hingga 20 derajat celsius. Suhu ini ideal bagi tubuh Anda dalam melakukan tugasnya dan menyesuaikan dengan suhu alami tubuh sehingga Anda merasa nyaman saat tidur.

Mengatur suasana hati

Saat menstruasi cukup banyak wanita yang mengalami suasana hati yang baik turun dan emisi yang tidak stabil. Hal ini terjadi karena hormon dalam tubuh sedang bergejolak menjelang dan saat menstruasi. 

Pada saat ini biasanya Anda mudah merasa cemas, gelisah hingga stres. Kondisi seperti ini dapat berlangsung seharian dan berujung pada sulit tidur nyenyak.

Untuk memperbaiki suasana hati Anda, Anda dapat melakukan hal-hal yang menyenangkan di waktu-waktu senggang. Hal-hal tersebut misalnya rutin berolahraga, mencoba yoga, melatih pernafasan dalam dengan meditasi, atau aktivitas lain yang membuat Anda merasa relaks dan nyaman saat tidur.

Mengatur posisi tidur agar terasa nyaman

Saat menstruasi biasanya Anda akan mengalami rasa tidak nyaman pada punggung seperti sakit punggung, kram otot dan perut. Hal ini cukup mengganggu kenyamanan saat tidur.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba posisi dan cara tidur yang beda dari biasanya. Cobalah untuk menggunakan bantal tambahan agar tubuh merasa lebih nyaman. Cobalah untuk mengenali tubuh dan menemukan posisi tidur yang nyaman agar tidur nyenyak saat menstruasi.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat v2

Makan makanan yang bergizi

Bukan hanya merasa nyeri pada bagian tubuh tertentu, Anda mungkin juga akan mengalami gangguan sistem pencernaan seperti mual, kembung dan diare. Hal ini turut berkontribusi dalam kurang nyenyaknya tidur Anda. 

Penyebab utama hal ini adalah menjelang dan selama menstruasi hormon dalam tubuh mengalami gejolak. Saat ini biasanya Anda memiliki keinginan untuk makan makanan tertentu. Cobalah untuk mengatur apa saja yang sebaiknya Anda makan dan kapan saat yang tepat untuk makan.

Beberapa pola makan dapat menyebabkan Anda tidak nyenyak saat tidur. Beberapa pola makan tersebut misalnya makan ketika mendekati waktu tidur, makan makanan berlemak dan camilan manis pada malam hari. 

Hal inilah yang menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan saat menstruasi. Sebaiknya Anda makan makanan yang mengandung protein, vitamin dan mineral seperti daging, ikan, sayur dan buah.

Di jadwal tidur dan bangun tidur

Tidur seharusnya menjadi hal yang sama pentingnya seperti makan dan berolahraga. Hal ini merupakan pendapat dari Margaret Moline, Ph.D. seorang ketua divisi di Weill Cornell Medical College di New York. 

Namun disayangkan banyak wanita yang kurang peduli akan pentingnya tidur dan apalagi saat menstruasi banyak wanita yang memiliki kualitas tidur yang kurang. Agar Anda mendapatkan tidur yang berkualitas sebaiknya Anda menerapkan jadwal tidur. Hal ini juga membantu agar tidur Anda tetap berkualitas meskipun sedang menstruasi.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit