Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
AHMAD MUHLISIN

Omeheart : Kegunaan, Dosis, Efek Samping

Update terakhir: OCT 13, 2019 Tinjau pada OCT 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.629.868 orang

Omeheart obat apa?

Omeheart adalah suplemen makanan yang dibuat dari minyak ikan laut yang diekstraksi sehingga menghasilkan omega 3 yang berkonsentrasi tinggi. Suplemen makanan ini baik untuk kesehatan, terutama jantung, karena DHA dan EPA nya dapat menurunkan lemak darah atau trigliserida.

Kandungan omega 3 dari Omeheart tersebut ternyata tidak hanya baik untuk jantung, namun juga bermanfaat untuk organ tubuh lainnya seperti meningkatkan kesehatan mata, baik untuk perkembangan otak bayi, melawan peradangan dan masih banyak lagi. Ketahui lebih lanjut manfaat lengkap omega 3 pada artikel berikut ini: 17 Manfaat omega 3 untuk kesehatan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir tanpa mininum belanja dan untuk semua jenis pengantaran!

Ikhtisar Obat Omeheart

Jenis obat Suplemen omega 3
Kandungan Asam lemak omega 3 yang terdiri dari EPA (Eicosapentaeinoic acid), DHA (Docosahexaenoic acid)
Kegunaan Memelihara kesehatan jantung
Kategori Obat Resep atau obat bebas
Konsumen Dewasa
Kehamilan Aman untuk ibu hamil
Sediaan Omeheart mini kapsul

Mekanisme Kerja

Cara kerja Omeheart dapat dicermati melalui cara kerja kandungan bahan aktifnya berupa asam lemak omega 3 yang terdiri dari:

  • EPA (Eicosapentaeinoic acid), merupakan asam lemak omega 3 yang banyak ditemukan pada minyak ikan. Awalnya senyawa ini bersumber dari mikro alga dan fitoplankton di lautan yang kemudian termakan dan terkonsentrasi pada tubuh ikan. EPA memiliki kemampuan menghambat proses penggumpalan darah, itulah mengapa senyawa ini dapat digunakan untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu EPA juga diketahui dapat mengurangi pembengkakan dan meringankan rasa sakit.
  • DHA (Docosahexaenoic acid), juga merupakan salah satu asam lemak omega 3 yang bersumber dari minyak ikan. DHA berperan penting dalam pembentukan organ mata dan sistem syaraf pada janin dan balita, itulah sebabnya substansi ini sering ditambahkan pada produk susu balita. Selain itu DHA juga diketahui menurunkan risiko sakit jantung dengan cara menurunkan tingkat kekentalan darah dan kosentrasi trigliserida darah.

Indikasi atau Kegunaan Omeheart

Omeheart utamanya digunakan untuk memelihara kesehatan jantung. Namun berdasarkan bahan aktifnya yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, obat ini juga dapat digunakan untuk beberapa kondisi berikut:

  • Menurunkan level trigliserida dalam darah.
  • Menjaga kesehatan mata terutama untuk lansia yang mengalami degenerasi makula akibat usia.
  • Menjaga kolesterol darah tetap sehat dengan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, penderita yang diketahui memiliki kondisi di bawah ini tidak boleh menggunakan:

  • Orang yang memiliki riwayat hipersensitif atau alergi terhadap bahan aktif obat ini.
  • Jangan berikan obat ini pada mereka yang alergi terhadap ikan laut.

Dosis Omeheart dan Cara Penggunaan

Omeheart tersedia dalam bentuk sediaan kapsul lunak dengan kekuatan dosis 1.200 mg asam lemak omega 3 dengan kandungan bahan aktifnya

  • Eicosapentaeinoic acid : 360 mg.
  • Docosahexaenoic acid : 240 mg.

Dosis yang tepat sesuai dengan anjuran dokter berdasarkan berat ringannya penyakit, berat badan, usia, dan lain-lain. Adapun dosis yang lazim digunakan adalah sebagai berikut:

  • Dosis dewasa: 1 - 2 kapsul sehari setelah makan.
  • Dosis lansia: sama dengan dewasa.

Petunjuk Penggunaan:

  • Gunakanlah obat ini setelah makan dan dianjurkan untuk banyak minum air putih setelahnya.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan dua kali sehari berarti per 12 jam, tiga kali sehari berarti per 6-8 jam. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari.

Efek Samping Omeheart

Omeheart umumnya ditoleransi dengan baik. Namun beberapa efek samping juga mungkin muncul dan perlu diperhatikan, antara lain sebagai berikut:

Efek Overdosis Omeheart

Belum ada data tentang efek overdosis penggunaan omeheart. Namun konsumsi dalam dosis berlebihan apalagi jangka waktu lama dapat meningkatkan efek samping obat ini berupa terlalu encernya darah sehingga menyebabkan terlalu mudah mengalami pendarahan. Segera konsultasikan ke dokter jika terjadi pendarahan berulang.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Gunakan suplemen makanan ini sesuai dosis yang tertera di kemasannya. Hindari penggunaan berlebihan.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki riwayat alergi, terutama alergi ikan laut dan seafood.
  • Jika Anda termasuk yang sensitif terhadap aspirin, EPA dalam omeheart dapat meningkatkan risiko masalah pernafasan sehingga sebaiknya dihindari.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Omeheart untuk ibu hamil dan menyusui?

  • DHA yang merupakan salah satu bahan aktif Omeheart diketahui aman untuk ibu hamil. Hal itu karena DHA juga sering digunakan sebagai tambahan suplemen untuk ibu hamil terutama untuk menunjang pertumbuhan saraf janin. Demikian juga dengan EPA, senyawa yang di hasilkan dari ikan laut ini tergolong aman untuk kehamilan dan janin. Namun untuk lebih amannya sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi jenis suplemen apapun salama masa kehamilan.
  • Omeheart dengan kandungan DHA dan EPA nya termasuk substansi yang sering digunakan sebagai tambahan dalam suplemen ibu hamil bahkan juga digunakan untuk produk susu bayi sehingga dianggap aman dikonsumsi pada masa menyusui.

Interaksi Obat

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Anda konsumsi dan beritahukan kepada dokter.

Beberapa jenis obat dapat berinteraksi dengan Omeheart atau salah satu bahan aktif yang dikandungnya, diantaranya yaitu:

  • Pengobatan anti hipertensi dapat berinteraksi dengan DHA maupun EPA. Senyawa ini dapat menurunkan tekanan darah sehingga penggunaan bersamaan dengan obat anti hipertensi dapat menurunkan tekanan darah menjadi sangat rendah. Beberapa obat anti hipertensi tersebut diantaranya adalah captopril, losartan, diltiazem, amlodipine, furosemide dan valsartan.
  • Obat antikuagulan darah dan obat anti platelet dapat berinteraksi dengan Omeheart. Obat ini dapat mengencerkan darah sehingga jika digunakan dengan obat antikoagulan (pembekuan darah) maka darah akan sulit membeku dan meningkatkan risiko pendarahan. Beberapa jenis obat antikoagulan yang berinteraksi diantaranya adalah aspirin, clopidogrel, naproxen, dalteparin, enoxaparin, heparin dan warfarin.

Beberapa daftar obat di atas belum mencakup keseluruhan obat yang dapat berinteraksi dengan Omeheart. Oleh karena itu sebaiknya konsultasikan degan dokter Anda sebelum menggunakan dua jenis obat atau suplemen yang belum Anda ketahui interaksinya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp