10 Cara Alami yang Dapat Mengembalikan Suara Hilang

Dipublish tanggal: Jul 5, 2019 Update terakhir: Okt 27, 2020 Tinjau pada Jul 22, 2019 Waktu baca: 4 menit
10 Cara Alami yang Dapat Mengembalikan Suara Hilang

Ada jadwal presentasi minggu ini tapi suara tiba-tiba hilang? Pasti Anda jadi panik bukan kepalang. Alami suara serak atau bahkan hilang bukan hanya membuat sulit berkomunikasi, tapi juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Lantas, adakah cara mengatasi suara hilang dengan cepat? Tenang, berikut daftar obat suara hilang alami yang bisa Anda coba di rumah.

Berbagai obat suara hilang alami yang ampuh

Suara hilang bukanlah penyakit, tapi suatu gejala. Kondisi ini biasanya merupakan gejala laringitis, yaitu peradangan pada jaringan yang mengelilingi pita suara. Akibatnya, pita suara tidak mampu bergetar dengan normal sehingga tidak ada suara yang dihasilkan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Masalah suara hilang sebetulnya bukanlah penyakit serius, bahkan bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa waktu ke depan. Namun bagaimana pun, kondisi ini tentu saja bikin Anda jadi tidak nyaman berbicara dengan banyak orang, bukan?

Nah, berikut ini beberapa obat suara hilang alami yang bisa Anda coba di rumah, di antaranya:

1. Jangan banyak bicara dulu

Cara terbaik untuk mengatasi suara hilang adalah 'puasa' bicara. Ya, sebaiknya jangan terlalu banyak bicara dulu agar pita suara Anda bisa beristirahat sejenak.

Bicaralah seperlunya dan pelan-pelan. Hal ini dapat membantu meredakan peradangan di tenggorokan dan mempercepat penyembuhan.

2. Minum banyak air putih

Suara hilang paling banyak disebabkan oleh laringitis. Nah, laringitis itu sendiri terjadi akibat adanya infeksi virus di dalam tubuh.

Untuk mengembalikan suara hilang menjadi normal, perbanyaklah istirahat dan minum air putih. Usahakan minum minimal 8 gelas per hari guna mengatasi suara serak dan memulihkannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

3. Konsumsi makanan dan minuman hangat

Cairan bening nan hangat seperti teh, kuah kaldu, atau sup dapat membantu menenangkan tenggorokan Anda yang iritasi. Begitu juga dengan teh hijau, mengandung antioksidan yang mampu mempercepat penyembuhan.

Hindari konsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh hitam, sebab bisa membuat Anda cepat dehidrasi. Alih-alih menyembuhkan, tenggorokan Anda justru semakin kering dan memperparah peradangan.

4. Isap permen mint atau jahe

Kalau Anda sedang mengalami suara serak akhir-akhir ini, jangan lupa selalu sedia permen jahe atau mint di dalam kantong atau tas. Baik permen jahe maupun permen mint sama-sama merupakan obat suara hilang paling ampuh.

Mengisap permen mint atau jahe dapat meningkatkan produksi air liur. Semakin banyak air liur yang dihasilkan, maka organ-organ yang ada di tenggorokan akan tetap lembap. Terlebih lagi, sensasi hangat dari jahe dan mint mampu menenangkan nyeri tenggorokan dengan seketika.

Baca Juga: Manfaat Daun Mint Dalam Kehidupan Sehari-hari

5. Mandi air hangat

Selain membuat tubuh lebih rileks, siapa sangka bahwa mandi air hangat juga bisa menjadi obat suara hilang yang mujarab. Mandi air hangat tidak hanya menenangkan otot-otot yang tegang, tapi juga melunakkan peradangan pada pita suara.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Untuk hasil yang maksimal, oleskan minyak esensial di sekitar leher hingga ke dada sehabis mandi. Rasakan sendiri sensasi hangatnya dan terus lakukan secara rutin sampai suara Anda kembali normal.

Baca Selengkapnya: 6 Manfaat dan Risiko Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan

6. Nyalakan humidifier

Tenggorokan cenderung lebih kering di malam hari. Sebab ketika tidur, tubuh memproduksi lebih sedikit air liur dan menyebabkan bakteri tumbuh subur. Itulah kenapa hampir semua orang mengalami bau mulut tak sedap saat bangun tidur. 

Ketika mulut dan tenggorokan terus-menerus kering, kotak suara bisa mengalami iritasi dan meradang. Nah sebagai solusinya, mulai sekarang coba nyalakan humidifier di dalam kamar.

Humidifier adalah alat yang mampu melembapkan udara kering di sekitar Anda. Dengan demikian, udara yang terhirup selama tidur akan lebih lembap sehingga nyeri di tenggorokan berangsur-angsur pulih.

7. Kunyah permen karet

Mengunyah permen karet juga dapat meningkatkan produksi air liur. Guna mengatasi suara hilang dengan cepat, kunyah permen karet sesering mungkin agar tenggorokan lebih lembap dan mengurangi peradangannya.

Namun hati-hati, jangan asal pilih permen karet, ya! Pilih permen karet hambar alias bebas gula untuk mencegah asupan kalori berlebih. Sekarang ini juga ada permen karet khusus untuk mengatasi mulut kering. Anda bisa mendapatkannya di apotek terdekat.

8. Kumur air garam

Kumur air garam bukan cuma ampuh sebagai obat sakit gigi, tapi juga obat suara hilang yang patut Anda coba. Nutrisi dari garam dapat membantu mengurangi bengkak dan iritasi pada jaringan di sekitar tenggorokan.

Tuang 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu kumur-kumur. Lakukan 2-3 kali sehari sampai suara Anda normal kembali.

9. Hindari merokok

Jika Anda seorang perokok atau pengguna rokok elektrik (vape), sebaiknya hentikan kebiasaan ini untuk sementara waktu. Hati-hati, baik merokok dengan tembakau maupun vaping sama-sama dapat mengiritasi tenggorokan. 

Terlebih lagi, kandungan nikotin di dalamnya dapat memperlambat proses penyembuhan. Berhenti merokok bukan hanya bisa mengembalikan suara serak, tapi juga menjaga kesehatan Anda secara menyeluruh.

Baca Selengkapnya: Rokok vs Vape, Mana yang Lebih Diminati di Indonesia?

10. Hindari minum alkohol

Tak hanya rokok, Anda juga harus menghindari alkohol jika ingin suara Anda cepat balik. Sebab jika tidak, alkohol dapat memperparah sensasi kering di tenggorokan dan suara hilang malah tak kunjung sembuh.

Kapan harus ke dokter?

Pada dasarnya, masalah suara hilang bisa sembuh sendiri tanpa perawatan apa pun. Namun jika suara hilang sudah terjadi selama 2 minggu dan tak kunjung sembuh, ada baiknya segera konsultasikan ke dokter.

Walau kebanyakan kasus cenderung ringan, penyebab suara hilang juga bisa menjadi gejala munculnya kista di pita suara. Lebih parahnya lagi, gejala suara hilang juga banyak dialami oleh penderita kanker laring

Baca Selengkapnya: 10 Penyebab Suara Hilang, dari Sepele Sampai Perlu Diwaspadai

Pertama-tama, dokter akan melakukan sejumlah pemeriksaan untuk memastikan penyebab suara hilang. Dokter mungkin meresepkan obat kortikosteroid atau steroid guna mengurangi peradangan.

Beberapa obat bebas seperti ibuprofen dan naproxen juga dapat membantu meredakan bengkak di pita suara. Namun, alangkah baiknya jika Anda konsultasi ke dokter untuk mencegah penyakit semakin parah.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Home Remedies: Helping a hoarse voice. Mayo Clinic News Network. (https://newsnetwork.mayoclinic.org/discussion/home-remedies-helping-a-hoarse-voice/)
Hoarseness in Adults. American Academy of Family Physicians (AAFP). (https://www.aafp.org/afp/2009/0815/p363.html)
Causes and Treatment for a Croaky Hoarse Voice. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/hoarseness-causes-and-treatment-2248928)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app