Manfaat berkumur air garam

Kumur air garam juga menjadi metode tradisional untuk mencegah radang gusi dengan menghancurkan dan menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi.
Dipublish tanggal: Jul 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Manfaat berkumur air garam

Garam meja mengandung 97 persen hingga 99 persen natrium klorida, NaCl. Natrium klorida murni adalah zat padat kristal ionik yang dicampurkan senyawa lain tergantung pada sumber atau aditif yang mungkin dimasukkan sebelum pengemasan.

Dalam bentuk murni, natrium klorida berwarna putih. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Mengapa memilih air garam?

Obat kumur tradisional, banyak diantaranya mengandung alkohol, dapat mengiritasi selaput lendir yang membengkak di mulut.

Ini menjadi alasan mengapa dokter gigi menyarankan untuk menggunakan larutan salin, juga disebut larutan kumur air garam, untuk menghilangkan rasa sakit dan bengkak yang timbul setelah pembersihan mendalam atau prosedur gigi lainnya seperti pencabutan gigi.

Bilas mulut dengan air garam bermanfaat sebagai antiseptik dan meningkatkan penyembuhan. Ini juga dapat menimbulkan rasa nyeri pada daerah mulut apabila ditemukan adanya luka pada daerah gigi dan mulut. 

Pembilasan air garam telah terbukti:

1. Atasi luka mulut atau gusi berdarah

2. Gingivitis- merupakan radang gusi, atau gingiva. 

Ini biasanya terjadi karena lapisan plak, atau bakteri, menumpuk di gigi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Gingivitis adalah jenis penyakit periodontal yang tidak merusak, tetapi gingivitis yang tidak diobati dapat berkembang menjadi periodontitis. Ini lebih serius dan pada akhirnya dapat menyebabkan kehilangan gigi.

Radang gusi dapat sembuh sendiri dengan kebersihan mulut yang baik, seperti menyikat lebih lama dan lebih sering, Selain itu, obat kumur antiseptik dapat membantu mencegah radang. 

Kumur air garam juga menjadi metode tradisional untuk mencegah radang gusi dengan menghancurkan dan menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. 

3. Sembuhkan sakit tenggorokan

Nyeri tenggorokan sangat umum dan dapat disebabkan oleh berbagai penyakit yang mempengaruhi sebagian besar dari kita di beberapa kondisi tubuh. 

Beberapa penyebab sakit tenggorokan yang paling umum mungkin termasuk virus flu,gangguan refluks lambung , atau alergi.

Berkumur dengan air garam hangat bisa menjadi obat yang murah dan menyejukkan ketika Anda menderita sakit tenggorokan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli SP Troches Melon via Pengiriman Obat HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Screen shot 2019 04 10 at 17.23.43

Air asin membantu membunuh bakteri dan mengantarkan lebih banyak sel darah putih ke daerah yang terinfeksi sehingga sistem kekebalan tubuh Anda akan bekerja dua kali lipat untuk memberi Anda bantuan di tempat yang paling Anda butuhkan.

4. Nafas segar

Jika mulut Anda sensitif terhadap obat kumur berbasis alkohol , kumur dengan air asin adalah alternatif yang murah dan alami untuk napas segar.

Bakteri oral yang membantu air asin melawan dapat bertanggung jawab atas semuanya, mulai dari gingivitis hingga bau mulut. Bilas dengan air asin setelah makan siang atau minum kopi.

Kumur air asin juga membantu menghilangkan partikel makanan yang tersangkut di antara gigi Anda. Jika dibiarkan, partikel-partikel itu dapat mengiritasi dan merusak  gusi Anda.

Bagaimana cara menggunakan air garam untuk berkumur?

Bilas mulut dengan air garam dapat digunakan hingga empat kali sehari untuk perawatan hingga dua minggu tanpa efek samping. Namun, seiring waktu larutan garam oral dapat mempengaruhi enamel gigi yang menyebabkan kerusakan.

Anda dapat dengan mudah membuat larutan garam di rumah karena hanya membutuhkan dua hingga tiga bahan yang dimiliki dari dapur Anda. 

Bahan yang Anda butuhkan diantaranya: 

  • ½ gelas air mineral
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok teh baking soda bila dibutuhkan 

Garam adalah salah satu bahan termurah yang dapat Anda temukan yang menjadikan menambahkan bahan serbaguna ini ke rutinitas kesehatan gigi harian Anda menjadi mudah.

Dari napas yang lebih segar hingga luka penyembuhan yang lebih cepat, menggunakan pembilasan air asin seminggu sekali dapat membuat perbedaan bagi kesehatan gigi Anda.

 

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Trying to Skip Salt? Here's What to Use Instead - One Green PlanetOne Green Planet (https://www.onegreenplanet.org/vegan-food/trying-to-skip-salt-heres-what-to-use-instead/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app