Pengobatan

9 Pilihan Obat Sariawan Ampuh, Selain Albothyl

Dipublish tanggal: Mei 6, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 4 menit
9 Pilihan Obat Sariawan Ampuh, Selain Albothyl

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Sejak awal 2018, Albothyl dilarang oleh BPOM karena mengandung policresulen yang tidak aman bagi kesehatan.
  • Pilihlah obat sariawan yang mengandung benzydamine HCl, povidone iodine 1%, atau kombinasi dequalinium chloride dan vitamin C.
  • Ada banyak pilihan obat sariawan selain albothyl, dari berbentuk obat tetes, obat kumur, permen hisap, gel, obat semprot (spray), hingga plester.
  • Tidak semua obat sariawan aman untuk bayi dan anak-anak. Hati-hati risiko tertelan.
  • Selalu baca petunjuk yang tertera pada kemasan obat sariawan sebelum digunakan.

Anda mungkin termasuk salah satu pengguna setia obat Albothyl saat terkena sariawan. Namun sejak Albothyl dilarang oleh BPOM dan ditarik dari peredaran di awal 2018 silam, Anda jadi bingung mencari alternatif obat sariawan ampuh dan aman.

Tenang, ternyata masih banyak obat sariawan di apotik yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti Albothyl. Soal keamanannya pun sudah tidak diragukan lagi. Penasaran apa saja obatnya? Berikut informasi lengkapnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli SP Troches Melon via Pengiriman Obat HonestDocs

SP Troches digunakan untuk kondisi: radang tenggorokan, faringitis, tonsilitis, dan stomatitis. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Screen shot 2019 04 10 at 17.23.43

Obat sariawan di apotik pengganti albothyl

Selama ini, obat Albothyl dipercaya mampu mengobati luka sariawan dengan cepat dan efektif, bahkan hanya dalam hitungan beberapa menit saja. Namun sayangnya, BPOM resmi menarik obat Albothyl dari peredaran karena mengandung policresulen yang tidak aman bagi kesehatan.

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan Albothyl untuk mengobati sariawan, bisa menggunakan obat sariawan lain yang tak kalah manjur dan aman. Menurut BPOM, pilihlah obat sariawan yang mengandung benzydamine HCl, povidone iodine 1%, atau kombinasi dequalinium chloride dan vitamin C.

Supaya tidak bingung, berikut berbagai pilihan obat sariawan ampuh pengganti Albothyl, di antaranya:

1. Efisol

Efisol adalah obat sariawan ampuh yang bisa menggantikan Albothyl. Efisol dapat digunakan untuk meredakan infeksi dan luka pada lapisan mukosa mulut, lidah, gusi, dan tenggorokan. Bahkan, obat yang satu ini juga bisa mengatasi amandel.

Dilihat dari kandungannya, Efisol mengandung antiseptik dequalinium dan thymol yang dapat melawan bakteri dan jamur. Ada juga kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk membentuk kolagen dan memulihkan infeksi sariawan.

Efisol tersedia dalam 2 bentuk, yaitu permen hisap (lozenge) dan obat kumur. Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk penggunaan obat yang tertera pada kemasan.

Iklan dari HonestDocs
Beli SP Troches Melon via Pengiriman Obat HonestDocs

SP Troches digunakan untuk kondisi: radang tenggorokan, faringitis, tonsilitis, dan stomatitis. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Screen shot 2019 04 10 at 17.23.43

2. Enkasari

Selain Albothyl, Anda bisa menggunakan obat kumur Enkasari guna mengobati sariawan. Tak hanya itu, obat sariawan ini juga dapat membantu menyegarkan mulut dan mengurangi bau mulut tak sedap.

Enkasari mengandung kombinasi ekstrak daun saga, ekstrak daun sirih, dan ekstrak akar kayu manis. Karena terbuat dari bahan alami itulah, Enkasari dapat dikatakan aman sebagai obat sariawan.

3. Betadine obat kumur

Mendengar kata Betadine, Anda mungkin lebih awam dengan obat antiseptik untuk mengobati luka luar. Namun, sekarang Betadine sudah tersedia dalam bentuk obat kumur guna mengatasi masalah gigi dan mulut, salah satunya sariawan.

Betadine obat kumur mengandung povidone iodine 1%. Povidone iodine adalah jenis iodine kompleks yang berfungsi membunuh mikroorganisme seperti bakteri, jamur, virus, protozoa, dan jamur. Itulah kenapa, Betadine obat kumur bisa digunakan sebagai obat sariawan ampuh dan aman pengganti Albothyl.

4. Gentian Violet 1%

Anda sedang mencari obat sariawan ampuh berbentuk tetes seperti Albothyl? Gentian Violet 1% bisa jadi pilihan yang tepat.

Gentian Violet 1% adalah obat dengan kandungan kristal violet dan dapat digunakan untuk mengobati sariawan dan bibir pecah-pecah. Cara penggunaannya cukup mudah, cukup oleskan pada sariawan atau area mulut yang sakit beberapa kali sehari. Jangan sampai ditelan, ya!

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Dapatkan Obat Antiseptik Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 31

5. Aloclair Plus

Aloclair Plus adalah obat sariawan yang ampuh dan aman sebagai pengganti Albothyl. Aloclair Plus bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit akibat sariawan dan mencegahnya semakin parah. Selain itu, obat ini juga dapat membantu meringankan nyeri akibat luka tergigit atau iritasi mulut lainnnya.

Obat sariawan Aloclair Plus tersedia dalam 3 bentuk, berupa gel, spray (semprot), dan obat kumur. Dilihat dari kandungannya, Aloclair Spray mengandung 4 bahan utama, yaitu:

  • Ekstrak lidah buaya, untuk mengurangi peradangan pada luka mulut.
  • Sodium hyaluronate, untuk mencegah gesekan pada luka mulut.
  • Glycyrrhetic acid, bersifat antibakteri untuk mengatasi peradangan dan infeksi pada kulit, termasuk sariawan dan luka pada mulut.
  • Polyvinylpyrrolidone, untuk membentuk lapisan pelindung pada luka, sehingga mempercepat penyembuhan sariawan.
  • Ekstrak akar manis, bersifat antiradang yang dapat menghilangkan rasa sakit.
  • Kayu manis, memiliki kandungan anti infeksi untuk melawan sariawan dan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri H. pylori.

Tidak perlu khawatir jika Anda atau anak-anak tak sengaja menelan cairan Aloclair Plus. Aloclair Plus diformulasikan memiliki rasa manis dan sangat ringan. Obat sariawan ini pun juga terbuat dari bahan alami sehingga aman digunakan oleh semua usia, termasuk bayi dan anak-anak.

6. Bufacomb

Bufacomb adalah obat berbentuk salep yang dapat digunakan untuk mengobati sariawan di bibir atau mulut. Obat sariawan ini mengandung bahan aktif triamcinolone acetonide yang bersifat imunosupresif dan anti-inflamasi, sehingga ampuh mengatasi luka pada mulut dan bibir.

Mengenai dosis dan aturan penggunaannya, selalu ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan. Sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu sebelum mengoles salep Bufacomb supaya lebih higienis.

7. Kuldon Sariawan

Tidak kuat dengan rasa perih saat mengoleskan obat sariawan berbentuk cair atau salep? Tenang, Anda bisa mengobati sariawan dari dalam dengan obat Kuldon Sariawan tablet.

Kuldon Sariawan mengandung kombinasi daun saga, bunga krisan, dan alang-alang. Ketiga bahan tersebut berkhasiat untuk meredakan sariawan, panas dalam, hingga sakit tenggorokan.

Obat sariawan ini dapat diminum langsung atau dikunyah terlebih dahulu. Sebelum dikonsumsi, baca dulu mengenai dosis dan aturan penggunaan yang tertera pada kemasan.

8. IKA sariawan

IKA Sariawan bisa menjadi pilihan obat sariawan pengganti Albothyl. Selain mengatasi sariawan, obat ini juga bisa membantu mengatasi bibir pecah-pecah dan menyegarkan mulut.

IKA Sariawan mengandung bahan alami berupa sari daun saga, sari daun sirih, sari akar kayu manis, dan oleum menthae piperitae. Perlu dicatat bahwa meskipun IKA Sariawan termasuk obat cair, obat ini digunakan sebagai obat kumur, bukan untuk diminum.

9. Plester sariawan Ulceloocin

Berbeda dengan obat sariawan lainnnya, Ulceloocin berbentuk plester yang ditempelkan pada luka sariawan. Plester tersebut bekerja sebagai covering agent untuk menutup luka sariawan dan membiarkan sariawan sembuh dengan sendirinya.

Selain orang dewasa, Ulceloocin dapat digunakan oleh anak-anak yang terkena sariawan. Plester sariawan Ulceloocin tergolong aman bila tidak sengaja tertelan.

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app