Policresulen

Update terakhir: Jan 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 550.914 orang

Apa itu Policresulen ?

Policresulen ialah salah satu jenis kandungan obat yang dipakai sebagai obat antiseptik dan desifektan dan biasanya dipakai dalam mengobati dan mengatasi peradangan pada leher rahim atau servix,  pada vagina, kutil kelamin dan kandidiasis.  Kandungan policresulen sendri sebenarnya didapatkan dari hasil proses kondensasi dari metacresolsufonic acid dan methanol atau formalin yang bersifat asam.  Kandungan policresulen terbukti bagus untuk berbagai masalah dan gangguan pada organ intim kewanitaan karena setelah diteliti secara seksama, kandungan policresulen mampu untuk membunuh beberapa macam jamur dan bakteri yang menyebabkan radang dan infeksi pada area vagina seperti bakteri trichomonas. Dan tidak hanya itu saja, kandungan policresulen pun ternyata mampu mempertahankan pH Asam normal yang ada pada organ intim kewanitaan.

Selain mengobati dan mengatasi radang, polisucrelen juga dipercaya mampu untuk menghentikan pendarahan karena kandungan policresulen dipercaya memilki efek untuk menghentikan darah dengan cara memperngaruhi proses pembekuan alami dalam tubuh dan mempengaruhi kontraksi otot pada bagian pembuluh darah. Contohnya ialah policresulen mampu menyembuhkan pendarahan setelah mengambil sample jaringan pada servix untuk di biopsi dan diperiksa dan setelah proses pengangkatan polip servix.

Fungsi baik dari kandungan policresulen lainnya ialah policresulen memiliki sifat antimikroba yang mampu mengerutkan jarngan atau astringent dan membantu segala proses pembaharuan jaringan sehingga setelah menghentikan pendarahan, jaringan baru dapat segera terbentuk dan luka yang tadinya ada pun menjad cepat pulih kembali.

Bentuk dari kandungan policresulen dalam obat juga berbeda beda, umumnya berbentuk cairan, salep, atau gel, ovula dan bisa juga berbentuk supposiitoria. Merek dagang yang terkenal akan kandungan policresulen nya ialah Albothyl yang selama ini lebih dikenal sebagai obat penyembuh sariawan namun di awal tahun 2018, BPOM sudah menarik dan melarang pemasokkan obat Albothyl bagi seluruh toko obat dan pasar obat di Indonesia karena ternyata kandungan policresulen tidak bisa dan tidak cocok dipakai untuk penyembuhan sariawan.

Dosis Penggunaan Obat Yang Mengandung Policresulen

Dikarenakan obat yang mengandung policresulen sekarang sudah jarang yang dijual bebas di pasaran, maka umumnya obat dengan kandungan policresulen bisa didapatkan dari resep dokter dan ditebus di apotek atau rumah sakit terdekat. Umumnya dosis yang akan diresepkan oleh dokter berbeda beda tergantung kebutuhan pasien dan keadaan kondisi kesehatan pasien. Selain itu bila kamu dapat membelinya bebas di apotek, umumnya di balik setiap bungkus kemasan obat yang mengandung policresulen akan terdapat dosis dan takaran yang sebaiknya digunakan oleh pengguna. Umumnya untuk obat yang mengandung policresulen dan digunakan untuk berbagai masalah vagina seperti menghentikan pendarahan pada vagina setelah pemeriksaan biopsi serviks atau setelah proses pengangkatan polop serviks, maka dosis yang digunakan ialah 1 tablet ovula vagina dan langsung dimasukkan ke area vagina setiap 2 kali sehari dan diulangi hingga 1 sampai 2 minggu penggunaan. 

Peringatan dalam Menggunakan Obat yang Mengandung Policresulen

Ibu hamil dna menyusui sebaiknya berkonsultasi dulu ke dokter sebelum menggunakan obat yang ada kandungan policresulennya.

Obat yang mengandung policresulen pastinya hanya merupakan obat luar dan tidak bisa dimakan atau diminum.  Bila sampai termakan atau terminum, segeralah untung mengkonsumsi banyak air putih untuk menetralkan kandungan policresulen yang terlanjur masuk ke dalam tubuh tanpa disengaja atau segera pergi ke dokter terdekat agar terhindar dari efek samping pengikisan jaringan mukosa mulut dan tenggorokan.

Obat yang mengandung policresulen juga tidak boleh tertetes pada mata, segera gunakan air bersih untuk membersihan mata namun bila mata tertetes dalam jumlah yang banyak maka segeralah pergi ke dokter mata untuk mengecek apakah obat policresulen tersebut membawa efek samping pada mata mu.

Simpan obat yang mengandung policresulen pada suhu ruangan dan jangan simpan di tempat yang langsung terkena sinar matahari.

Tidak diperkenankan untuk memakai atau menggunakan obat policresulen dalam jangka waktu yang terus menerus dan lama karena bila digunakan tanpa henti, obat yang mengandung policresulen justru dapat merusak jaringan yang ada sehingga jaringan tersebut menjadi iritasi dan dikhawatirkan terjadi kerusakan yang permanen.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit