Obat Mabuk Perjalanan, Teman di Kala Travelling

Dipublish tanggal: Sep 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Merasakan mual, pusing dan muntah atau biasa dikenal dengan mabuk perjalanan merupakan hal yang biasa terjadi untuk seseorang yang menyukai traveling. Namun hal ini tentunya akan mengganggu perjalanan Anda. Untuk mengatasi itu, Anda perlu mecari tau beberapa cara dan obat untuk mencegah hal ini terjadi sebelum memulai perjalanan.

Mabuk perjalanan merupakan sebuah kondisi dimana seseorang merasa pusing, mual, berkeringat dingin, dan muntah saat dalam perjalanan. Hal ini dapat terjadi baik itu ketika menggunakan transportasi darat, laut maupun udara. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Mabuk perjalanan tidak memandang usia, ini bisa saja terjadi pada anak kecil, orang dewasa maupun orang tua. Akan teteapi, seseorang lebih berpotensi mengalami ini apabila dia seorang wanita hamil, sedang haid, anak berusia 2-12 tahun, dan penderita migrain.

Penyebab Mabuk Perjalanan Terjadi

Ketika seseorang mengalami mabuk perjalanan, hal itu disebabkan karena otak mendapat pesan yang membingungkan dari saraf telinga bagian dalam, mata, kulit, sensor otot dan sendi. Situasi ini contonya seperti seseorang yang berada di dalam kapal dan telinga bagian dalamnya dapat merasakan adanya gelombang, akan tetepi mata tidak dapat melihat hal itu, maka hal semacam inilah yang menyebabkan terjadinya mabuk perjalanan.

Contoh lainnya ketika seseorang yang merasakan turbulensi ketika dia sedang naik pesawat, namun mata tidak dapat melihat adanya hal itu. Pertentangan yang terjadi antar indera ini yang memicu kebingungan pada otak.

Terdapat kondisi lain yang bisa memicu hal ini, seperti kurangnya kadar oksigen, kondisi jalan yang tidak bagus, mencium aroma-aroma yang menyengat, dan membaca buku selama perjalanan juga bisa menyebabkan terjadinya mabuk perjalanan.

Menghilangkan Mabuk Perjalanan

Apabila Anda hanya merasakan pusing dan mual dalam perjalanan, itu artinya Anda tidak perlu mengkonsumsi obat untuk menghilangkan mabuk karena kondisi ini masih termasuk ringan. Untuk mengurangi berbagai gejala mabuk perjalanan yang Anda rasakan, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Duduk dengan tenang sambil mendengarkan musik
  • Duduk diam sambil menutup mata, dan lebih baik jika bisa tiduran
  • Melihat kejauhan
  • Mencari angin segar dengan membuka jendela mobil atau naik ke dek kapal
  • Selama perjalanan usahakan untuk tetap tenang dan bernapas secara teratur
  • Banyak minum air putih
  • Konsumsi makanan kecil, seperti biskuit
  • Minum air jahe

Namun, apabila beberapa cara di atasa tidak bekerja untuk menghilangkan mabuk perjalanan yang Anda rasakan. Ada beberapa obat-obatan yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi mabuk perjalanan, seperti:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Obat-obatan tersebut baiknya dikonsumsi sebelum perjalanan dimulai. Terdapat beberapa efek samping yang mungkin akan muncul setelah pengkonsumsian dari obat mabuk perjalanan tersebut seperti mengantuk, denyut nadi cepat, sakit perut, dan mulut kering. Lebih disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengkonsumsi obat-obatan tersebut guna memastikan kemanan dari obat.

Cara Mencegah Mabuk Perjalanan

Anda bisa mengikuti beberapa hal berikut untuk menghindari terjadinya mabuk perjalanan agar perjalanan Anda tidak terganggu:

Jika naik mobil atau kereta:

  • Pilih posisi duduk di kursi paling depan atau di sebelah jendela
  • Pilih kursi yang menghadap searah dengan arah laju kendaraan

Jika naik kapal laut:

  • Pilih kabin atau tempat duduk yang berada di depan atau tengah kapal

Jika naik pesawat:

  • Minta posisi duduk dekat dengan saya atau dekat jendela
  • Arahkan pendingin udara ke wajah Anda

Ada beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan seperti:

  • Akan lebih baik jika tidak membaca buku dan menonton video selama perjalanan
  • Hidari mengkonsumsi makanan pedas dan berminyak
  • Jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol sebelum mmaupun selama perjalanan
  • Jangan mengkonsumsi makanan berat secara berlebihan sebelum memulai perjalanan
  • Apabila menempuh perjalanan yang berjam-jam, lebih baik untuk mencoba berjalan-jalan di kereta, pesawat atau kapal. Jika menggunakan mobil, cobalah sesekali untuk menggerakan anggota tubuh.

Mabuk perjalanan terntunya hal yang sangat menggagu perjalanan Anda. Untuk yang sering mengalami hal itu, akan lebih baik jika melakukan pecegahan dan mempersiapkan obat yang bisa mengatasi mabuk perjalanan.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Travel health checklist. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/travel-health-checklist/)
Travel Medicine: Travel Vaccines, Cholera, Malaria & Other Risks. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/travel_medicine/article.htm)
Traveling Abroad with Medicine. Centers for Disease Control and Prevention. (https://wwwnc.cdc.gov/travel/page/travel-abroad-with-medicine)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app