Bisacodyl : Manfaat,Efek Samping,dan Dosis

Update terakhir: Mar 7, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 312.579 orang

Bisacodyl merupakan obat yang tergolong ke dalam kategori obat bebas terbatas dan dapat digunakan untuk mengobati sembelit. Diluar dari fungsi nya untuk mengatasi sembelit, bisacodyl juga sering dimanfaatkan untuk mengosongkan isi perut sebelum melakukan tindakan operasi atau pemeriksaan medis tertentu, seperti endoskopi, x-ray, dan lainnya. 

Bisacodyl dikenal sebagai pencahar stimulan. Bisacodyl bekerja dengan meningkatkan gerakan usus dan membantu feses keluar. Bisacodyl disarankan diminum pada saat perut kosong dan jangan diminum bersamaan dengan antasid atau susu, dapat diberikan selang waktu 1 jam. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Obat ini dapat menyebabkan pusing dan/atau sinkop (kondisi kehilangan kesadaran sementara dikarenakan kurangnya aliran darah ke otak) karena respon vasovagal (misalnya kejang perut), jika hal ini terjadi, disarankan untuk tidak mengemudikan kendaraan atau mengoperasikan mesin terlebih dahulu.

Cara kerja obat Bisacodyl 

Mekanisme kerja bisakodil yaitu dengan cara merangsang gerakan pada peristaltik usus dengan cara pengiritasian langsung pada otot polos yang berada pada usus besar. Hal inilah yang mengubah sekresi air dan elektrolit, sehingga menghasilkan akumulasi cairan interstitial dan dapat mengeluarkan feses.

Manfaat dan efek samping obat Bisacodyl                              

Bisacodyl bermanfaat untuk mengatasi konstipasi atau sulit buang air besar disebut juga sebagai obat pencahar (laksatif). Seperti obat pada umumnya, bisacodyl memiliki potensi menimbulkan efek samping. 

Efek samping yang dapat terjadi yaitu perasaan perut tidak nyaman (seperti kolik atau kram), diare, gangguan elektrolit, mual, vertigo, muntah, dan iritasi (rektal). 

Obat ini dikontraindikasikan apabila pasien memiliki gangguan perut akut (misalnya radang usus buntu), dehidrasi berat, penyumbatan yang terjadi di dalam usus, nyeri perut berat yang berhubungan dengan mual dan muntah, atau adanya fisura ani (adanya kondisi luka terbuka atau robekan pada jaringan kulit atau mukosa yang melapisi saluran anus), kolitis ulseratif (peradangan kronis yang terjadi pada usus besar) dengan kerusakan mukosa pada dubur.

Dosis obat Bisacodyl 

Obat yang mengandung bisacodyl dalam bentuk tablet digunakan dosis untuk mengatasi konstipasi pada orang dewasa yaitu 5-10 mg di minum pada malam hari, satu kali sehari, hingga 20 mg atau dapat diberikan seperlunya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Jika dibutuhkan pengosongan feses yang maksimal dapat digunakan 30 mg satu kali sehari. Dosis yang digunakan untuk anak-anak dengan umur 4-10 tahun yaitu 5 mg diminum pada malam hari, satu kali sehari, sedangkan untuk anak-anak diatas umur 10 tahun dosis yang digunakan sama dengan dosis orang dewasa yaitu 5-10 mg diminum pada malam hari.

Untuk Bisacodyl dalam bentuk pemberian melalui rektal (suppositoria), Dosis yang diberikan adalah 10 mg di pagi hari untuk orang dewasa. Dosis yang diberikan untuk anak-anak dibawah 10 tahun dapat yaitu 5 mg di pagi hari, sedangkan untuk anak-anak diatas 10 tahun dapat diberikan sesuai dengan dosis orang dewasa yaitu 10 mg di pagi hari.

Cara penggunaan Suppositoria Rektal:

  1. Cuci tangan terlebih dahulu
  2. Buka kemasan suppositoria
  3. Basahi ujung suppositoria dengan air supaya proses pemberian suppositoria ke dalam rektal dapat lebih nyaman
  4. Miringkan tubuh, tarik kaki kanan setinggi perut, sedangkan kaki kiri lurus
  5. Angkat pantat dengan tangan kanan hingga anus terbuka
  6. Suppositoria dimasukkan dengan bagian yang runcing terlebih dahulu, sedalam 1-2 cm untuk anak-anak, dan 2 cm untuk orang dewasa
  7. Tahan ujung jari yang digunakan untuk memasukkan supppositoria
  8. Kemudian, kaki diluruskan dengan posisi berbaring miring selama 5 menit agar suppositoria tidak keluar kembali
  9. Cuci tangan untuk membersihkan sisa obat yang menempel
  10. Jika suppositoria terlalu lembek untuk dapat dimasukkan, maka sebelum digunakan sediaan ditempatkan dalam lemari pendingin selama 30 menit

Interaksi degan obat lainnya

Bisacodyl ini dapat berinteraksi apabila diberikan bersamaan dengan antasid yaitu dapat meningkatkan resiko dispepsia dan iritasi pada lambung. Peningkatan resiko ketidakseimbangan elektrolit juga dapat dihasilkan apabila bisakodil diberikan bersamaan dengan obat-obat golongan diuretik atau adreno-kortikosteroid. 

Bisakodil juga dapat meningkatkan resiko dispepsia dan iritasi pada lambung jika diminum bersamaan dengan susu atau produk yang mengandung susu.

Penyimpanan obat Bisacodyl 

Bisakodil ini dapat disimpan pada suhu dibawah 30oC.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp