Hal-hal yang Dapat Dilakukan Untuk Menghindari Nyeri Sendi

Nyeri sendi mengacu pada ketidaknyamanan, sakit, dan nyeri pada salah satu sendi tubuh. Nyeri sendi adalah keluhan yang sering dialami oleh banyak orang. Nyeri sendi biasanya tidak memerlukan perawatan khusus di rumah sakit.
Dipublish tanggal: Apr 5, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Agu 5, 2019 Waktu baca: 3 menit
Hal-hal yang Dapat Dilakukan Untuk Menghindari Nyeri Sendi

Nyeri sendi mengacu pada ketidaknyamanan, sakit, dan nyeri pada salah satu sendi tubuh. Nyeri sendi adalah keluhan yang sering dialami oleh banyak orang. Nyeri sendi biasanya tidak memerlukan perawatan khusus di rumah sakit.

Nyeri sendi sering disebabkan oleh kerusakan akibat sendi yang aus. Namun, nyeri sendi juga bisa menjadi pertanda timbulnya kondisi medis yang lebih serius atau faktor lain seperti infeksi atau penyakit rematik.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Anda harus memeriksakan diri Anda ke dokter jika Anda mengalami nyeri sendi yang tidak dapat dijelaskan, terutama jika tidak hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari. 

Deteksi dan diagnosis dini dapat membantu Anda mendapatkan pengobatan yang efektif atas penyebab terjadinya ketidaknyamanan Anda.

Apa penyebab Nyeri Sendi?

Radang sendi

Salah satu penyebab nyeri sendi yang paling umum adalah artritis. Dua bentuk utama artritis adalah osteoartritis (OA) dan artritis reumatoid (RA).

Menurut American College of Rheumatology, OA paling sering terjadi pada orang dewasa yang berusia di atas 40 tahun. OA berlangsung perlahan dan cenderung mempengaruhi sendi yang umum digunakan seperti:

  • pergelangan tangan
  • tangan
  • pinggul
  • lutut

Nyeri sendi akibat OA disebabkan oleh kerusakan tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan dan peredam kejut pada sendi.

Bentuk arthritis yang kedua adalah RA. Menurut Arthritis Foundation, RA mempengaruhi sekitar 1,5 juta orang Amerika. RA lebih sering mempengaruhi wanita daripada pria. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

RA dapat merusak dan melemahkan sendi dari waktu ke waktu. RA menyebabkan rasa sakit, peradangan, dan penumpukan cairan di persendian karena sistem kekebalan tubuh menyerang membran yang melapisi persendian.

Penyebab lainnya

Nyeri sendi dapat disebabkan oleh:

Bagaimana cara mencegah timbulnya nyeri sendi?

Penting bagi semua orang, terutama penderita artritis, untuk melindungi sendi mereka. Tujuan dari prinsip perlindungan sendi adalah untuk mengurangi rasa sakit dan untuk mengurangi stres atau beban yang diletakkan pada sendi. Mencegah timbulnya nyeri sendi dapat dicapai dengan beberapa cara:

  • Waspada jika timbul rasa sakit daerah persendian
  • Hindari aktivitas yang membebankan sendi atau menambah rasa sakit pada sendi
  • Perhatikan posisi tubuh, beberapa posisi tubuh dapat memperburuk nyeri sendi
  • Seimbangkan aktivitas dan istirahat; jangan melakukan aktivitas berlebihan
  • Menggunakan alat bantu atau alat bantu mobilitas yang tersedia
  • Pertahankan berat badan yang ideal

Bagaimana cara mengobati nyeri sendi?

Perawatan di Rumah

Dokter menganggap OA dan RA sebagai kondisi kronis. Tidak ada prosedur pengobatan yang bisa menghilangkan nyeri sendi yang terkait dengan artritis secara permanen kecuali dengan melakukan penggantian sendi dengan operasi. Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi rasa sakit:

  • Menggunakan penghilang rasa sakit topikal atau menggunakan obat anti-inflamasi non steroid untuk mengurangi rasa sakit, pembengkakan, dan peradangan.
  • Tetap aktif secara fisik dan mengikuti program kebugaran yang berfokus pada olahraga ringan.
  • Melakukan peregangan sebelum berolahraga untuk mempertahankan rentang gerak yang baik di persendian Anda.
  • Menjaga berat badan Anda dalam kisaran yang ideal. Menjaga berat badan ideal dapat mengurangi stres pada sendi.
  • Jika rasa sakit Anda bukan disebabkan oleh peradangan sendi, Anda dapat mencoba meminum obat anti peradangan yang dijual bebas, pijat, mandi air hangat, sering melakukan peregangan, dan mendapatkan istirahat yang cukup.

Perawatan medis

Pilihan perawatan Anda akan tergantung pada penyebab nyeri sendi yang mendasarinya. Dalam beberapa kasus, dokter Anda perlu mengeluarkan cairan yang terkumpul di area sendi. Mereka mungkin juga merekomendasikan operasi untuk menggantikan sendi.

Metode perawatan non-bedah lainnya dapat mencakup perubahan gaya hidup atau obat-obatan yang berpotensi mengurangi keluhan nyeri sendi jika Anda mengalami RA. 

Dalam kasus RA, dokter Anda akan mengatasi peradangan terlebih dahulu. Setelah gejala RA membaik, perawatan medis akan berfokus untuk menghindari kekambuhan.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Best Foods to Help Relieve Your Joint Pain. Health Essentials from Cleveland Clinic. (Accessed via: https://health.clevelandclinic.org/the-best-food-to-help-relieve-your-joint-pain/)
Why Do My Joints Hurt? Causes of Joint Pain & Pain Relief Options. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/pain-management/guide/joint-pain#1)
Tips for Healthy Joints: Exercise, Nutrition, & More in Pictures. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/rheumatoid-arthritis/better-living-ra-17/active/slideshow-keep-joints-healthy)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app