Nutrisi Dan Manfaat Ikan Kembung Bagi Kesehatan

Dipublish tanggal: Sep 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Ikan bagi kesehatan

Satu hal yang sebagian besar dokter dan ahli kesehatan umumnya  setuju terkait konsumsi makanan adalah bahwa menambahkan ikan ke dalam diet Anda dengan beberapa manfaat utama bagi kesehatan. Faktanya, Konsumsi dua porsi ikan dalam diet mingguan Anda untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Ikan kembung merupakan salah satu ikan favorit di antara pecinta ikan berkat, rasa dan profil nutrisi yang luar biasa. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kolestrol via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 29

Dengan beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol Anda, meminimalkan pinggang Anda, melindungi tingkat depresi, dan menjaga tulang Anda sehat dan kuat, serta membuat tambahan yang bagus untuk diet sehat dan seimbang.

Ikan kembung sebagai Omega-3 utama

Ikan kembung memiliki lapisan luar dari daging merah dan daging bagian dalam yang lebih putih. Proporsi daging merah dan daging putih bervariasi dengan kadar lemak pada ikan.

Namun, semua jenis ikan kembung adalah ikan yang lebih tinggi lemaknya, kaya akan lemak tak jenuh ganda yang sehat yang dikenal sebagai omega-3, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Ikan kembung adalah salah satu ikan teratas dalam daftar untuk konten omega-3. Hanya 3 ons makarel Boston yang dimasak mengandung 1,1 gram asam lemak omega-3.

Seperti tuna, ikan kembung juga merupakan sumber penting protein dan vitamin B, khususnya vitamin B12. Penyajian 3 ons menyediakan hampir 700 persen dari jumlah vitamin B12 harian yang direkomendasikan. Dan makarel menawarkan sejumlah besar selenium, mineral yang membantu melindungi sel-sel kita dari kerusakan radikal bebas.

Kandungan Vitamin pada ikan kembung

Orang dengan kadar vitamin rendah dalam setiap  makanan yang dikonsumsi dapat menimbulkan banyak penyakit terkait defisiensi vitamin. Vitamin adalah zat yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Untuk alasan ini kami menyarankan Anda menjaga asupan vitamin seimbang terutama dengan mengonsumsi ikan kembung.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Beberapa vitamin yang ditemukan dalam Ikan kembung yaitu Vitamin A (167 IU), Vitamin D (16,1 ug) dan Vitamin B-3 (9,08 mg).

Kadar mineral pada ikan kembung

Ada 2 jenis mineral yang dibutuhkan tubuh Anda: makromineral dan mikromineral. Tubuh Anda membutuhkan makromineral dalam jumlah yang lebih besar daripada trace mineral. 

Makromineral atau mineral utama yang menonjol adalah Sodium, Kalium, Kalsium atau Magnesium. Jejak atau kelompok Micromineral terdiri dari besi, mangan, tembaga, yodium, seng, kobalt, fluorida, dan selenium.

Mineral penting yang terdapat dalam Ikan kembung adalah: Kalium (314 mg), Fosfor (217 mg) dan Natrium (90 mg).

Manfaat Ikan kembung

Menurunkan tekanan darah

Ikan kembung dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi tekanan darah.

Sebuah studi menunjukkan hal ini dengan menambah 12 pria dengan tekanan darah tinggi dengan asupan ikan kembung setiap hari selama delapan bulan, yang menghasilkan penurunan tekanan darah yang signifikan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kolestrol via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 29

Membantu Mengurangi Kolesterol

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan di seluruh tubuh Anda. Meskipun Anda memang membutuhkan kolesterol, terlalu banyak dapat menumpuk dalam darah Anda dan menyebabkan arteri Anda menyempit dan mengeras. 

Termasuk makarel dalam diet Anda dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol.

Konsumsi ikan kembung selama dua minggu ditemukan menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol total dalam darah.

Melawan Depresi

Ikan kembung kaya akan asam lemak omega-3, sejenis lemak sehat yang telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan yang mengesankan. Bahkan, beberapa penelitian baru-baru ini bahkan menemukan bahwa asam lemak omega-3 bahkan mungkin dapat membantu melindungi depresi.

Menjaga kekuatan tulang

Vitamin D adalah kunci bagi banyak aspek kesehatan, tetapi sangat penting dalam hal kesehatan tulang. Ini membantu dalam metabolisme kalsium dan fosfor dan sangat penting untuk mendukung pertumbuhan tulang yang lebih kuat. 

Wanita pascamenopause dengan kadar vitamin D yang rendah dalam darah berada pada risiko lebih besar untuk kehilangan tulang, kelemahan dan patah tulang dibandingkan dengan mereka yang memiliki kadar vitamin D serum yang cukup. Maka itu konsumsi ikan kembung dapat menjadi cara utama untuk mencegah kurang kadar vitamin D dalam tubuh.

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Larsen, Rune & Eilertsen, Karl-Erik & Elvevoll, Edel. (2011). Health benefits of marine foods and ingredients. Biotechnology advances. 29. 508-18. 10.1016/j.biotechadv.2011.05.017.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/51228626_Health_benefits_of_marine_foods_and_ingredients)
Kundam, Dorcas & Acham, Israel Okpunyi & Girgih, Abraham. (2018). Bioactive Compounds in Fish and Their Health Benefits. Asian Food Science Journal. 4. 1-14. 10.9734/AFSJ/2018/41803.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/330734043_Bioactive_Compounds_in_Fish_and_Their_Health_Benefits)
Nunes, Maria & Bandarra, Narcisa & Batista, Irineu. (2003). Fish Products: Contribution for A Healthy Food. Electron. J. Environ. Agric. Food Chem. 2.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/228776629_Fish_Products_Contribution_for_A_Healthy_Food)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app