Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Nobiletin - Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: SEP 23, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.196.205 orang

Nobiletin dapat ditemukan dalam kulit buah-buahan dari spesies Citrus (misalnya, raja jeruk [Citrus nobilis], jeruk seville [Citrus aurantium]), dan dari kumquat bulat (Fortunella japonica) . Nobiletin ditemukan oleh Kwong-Fong Tseng pada 1930-an. 

Nobiletin telah terbukti mempunyai sifat antioksidan, anti-inflamasi, anti tumor / kanker, dan aktivitas antiangiogenik in vitro dan in vivo.

Nobiletin diklasifikasikan sebagai flavonoid berdasarkan strukturnya 2-phenylchromen-4-one. Nobiletin juga dikenal dengan nama 5-Methyl-7-Methoxy Isoflavone, 5,6,7,8,4'-pentamethoxyflavone, Bioflavonoid, Bioflavonoïde, Bioflavonoid Complex, Bioflavonoid Concentrate, Bioflavonoid Extract, Citrus Bioflavones, Citrus Bioflavonoid Extract, Citrus Bioflavonoid, Citrus Bioflavonoids, Citrus Flavones, Citrus Flavonoids, Citrus Polymethoxylated Flavones, Complexe de Bioflavonoïde, Concentré de Bioflavonoïde, Extrait de Bioflavonoïde, Flavonas Metoxiladas, Flavones Méthoxylées, Flavonoids, Flavonoïdes, Flavonoïdes Méthoxylés, Gardenin D, Heptamethoxyflavones, Hexamethoxyflavones, Methoxyflavones, Méthoxyflavones, Methoxylated flavonoids, Nobiletin, Nobilétine, Pentamethoxyflavones, PMF, Polyméthoxyflavones, Polymethoxylated Flavones, Sinensetin, Sinensétine, Tangeretin, Tangerétine, Tetramethoxyflavones.

Mengenai Nobiletin

Golongan

Suplemen herbal

Kemasan

Ekstrak, bubuk

Kandungan

-

Manfaat Nobiletin

Manfaat nobiletin bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:

  • Mengobati penyakit jantung
  • Menurunkan kolesterol tinggi
  • Mengobati kanker
  • Mengatasi sirkulasi yang buruk di kaki (insufisiensi vena)
  • Mengurangi peradangan dan pembengkakan
  • Mengatasi varises
  • Mengobati katarak

Diperlukan lebih banyak bukti untuk menilai efektivitas penggunaan nobiletin pada beberapa kondisi tersebut.

Efek samping Nobiletin

Mengkonsumsi nobiletin dalam jumlah yang biasa ditemukan dalam makanan mungkin aman bagi kebanyakan orang. Tidak diketahui efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan nobiletin. 

Jika Anda khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan, silahkan temui dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Dosis Nobiletin

Dosis penggunaan nobiletin yang tepat dapat bergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kondisi kesehatan, dan kondisi lainnya. Tidak ada informasi mengenai dosis yang disarankan. 

Pastikan Anda mengikuti petunjuk yang tersedia pada label produk atau konsultasikan dengan dokter Anda.

Interaksi Nobiletin

Sebaiknya Anda berhati-hati dengan kombinasi berikut ini:

  • Obat-obatan yang diubah oleh substrat hati (Cytochrome P450 1A2 (CYP1A2)) berinteraksi dengan nobiletin

Mengkonsumsi nobiletin bersamaan dengan beberapa obat yang diubah oleh hati dapat mengurangi efek dari beberapa obat. Sebelum meminum nobiletin, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda meminum obat apapun yang diubah oleh hati. 

Beberapa obat yang diubah oleh hati termasuk clozapine (Clozaril), cyclobenzaprine (Flexeril), fluvoxamine (Luvox), haloperidol (Haldol), imipramine (Tofranil), mexiletine (Mexitil), olanzapine (Zyprexa), pentazocine (Talwin), propranolol (Inderal), tacrine (Cognex), theophylline, zileuton (Zyphripto) dan lain-lain.

  • Obat-obatan yang digerakkan oleh pompa dalam sel (substrat P-Glycoprotein) berinteraksi dengan nobiletin

Beberapa obat dipindahkan dengan pompa dalam sel. Nobiletin dapat mengubah cara pompa ini bekerja dan meningkatkan jumlah obat yang diserap oleh tubuh. 

Beberapa obat yang digerakkan oleh pompa ini termasuk etoposide, paclitaxel, vinblastine, vincristine, vindesine, ketoconazole, itraconazole, amprenavir, indinavir, nelfinavir, saquinavir, cimetidine, ranitidine, diltiazem, verapamil, kortikosteroid, erythromycin, ceryride (Propulsid), fexofenadine (Allegra), cyclosporine, loperamide (Imodium, quin, dan lain-lain).

Mengkonsumsi nobiletin bersamaan dengan obat-obatan yang juga memperlambat pembekuan darah dapat meningkatkan kemungkinan memar dan pendarahan

Beberapa obat yang memperlambat pembekuan darah termasuk aspirin, clopidogrel (Plavix), diclofenac (Voltaren, Cataflam, yang lain), ibuprofen ( Advil, Motrin, lain-lain), naproxen (Anaprox, Naprosyn, lainnya), dalteparin (Fragmin), enoxaparin (Lovenox), heparin, warfarin (Coumadin), dan lainnya.

Perhatian

  • Tidak diketahui mengenai keamanan penggunaan nobiletin bagi ibu hamil atau menyusui. Sebaiknya Anda menghindarinya sampai ada penelitian lebih lanjut.
  • Hentikan penggunaan nobiletin maksimal 2 minggu sebelum operasi dijadwalkan, karena dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko perdarahan selama dan setelah operasi.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana menggunakan nobiletin.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp