Mulberry: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Jun 25, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Tinjau pada Sep 16, 2019 Waktu baca: 2 menit

White mulberry merupakan tanaman asli dari daerah utara Cina namun sekarang telah dibudidaya di berbagai tempat baik daerah dengan iklim subtropis maupun tropis. Tanaman ini tergolong tanaman yang cepat tumbuh, berumur pendek dan memiliki tinggi 10-20 m.

Daunnya umum digunakan untuk obat. Buahnya bisa dimakan, baik mentah atau dimasak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

White mulberry mengandung banyak senyawa kimia seperti ecdysterone, inokosterone, lupeol, β-sitosterol, rutin, moracetin, scopoletin, benzaldehida, eugenol, linalol, benzyl alkohol, butylamine, aseton, kholine dan quercetin. 

Pada bagian ranting terdapat tanin dan vitamin A serta pada bagian buah terdapat cyanidin, isoquercetin, sakarida, asam linoleat, asam stearat, serta karoten.

White mulberry sering digunakan untuk mengobati diabetes. White mulberry juga digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah tinggi, gejala flu, nyeri otot dan persendian seperti radang sendi, sembelit, pusing, dering pada telinga, rambut rontok, dan mengurangi uban pada rambut.

Beberapa kandungan dalam white mulberry bekerja dengan cara yang mirip dengan beberapa obat yang digunakan untuk pengobatan diabetes tipe 2. Kandungan ini memperlambat pemecahan gula di usus sehingga gula diserap lebih lambat ke dalam darah. Ini membantu tubuh menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang diinginkan.

Mengenai White Mulberry

  • Golongan: Morus alba, dari famili Moraceae, obat herbal
  • Kemasan: kapsul, ekstrak
  • Kandungan:ecdysterone, inokosterone, lupeol, β-sitosterol, rutin, moracetin

Manfaat penggunaan White Mulberry

Pengobatan Diabetes

Daun white mulberry dapat menurunkan gula darah pada orang yang menderita diabetes tipe 2. Penggunaan 1 gram bubuk daun white mulberry tiga kali sehari selama 4 minggu menurunkan kadar gula sebesar 27%.

Jauh lebih efektif dibandingkan dengan obat diabetes glyburide, yang menurunkan sebanyak 8%, dengan penggunaan 5 mg setiap hari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Menurunkan kolesterol dalam darah

Satu gram white mulberry yang diminum 3 kali sehari selama 4 minggu dapat mengurangi kolesterol total sebesar 12%, LDL(kolesterol jahat) sebesar 23%, dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) sebesar 18%.

Manfaat lainnya

Efek Samping penggunaan White Mulberry

White mulberry aman digunakan bagi kebanyakan jika digunakan secara oral hingga jangka waktu 5 minggu. Efek samping belum dilaporkan dalam penelitian; Namun, tidak banyak penelitian yang telah dilakukan.

Efek samping yang dilaporkan dalam sebuah penelitian diantaranya adalah diare ringan, pusing, sembelit, dan kembung.

Karena kurangnya penelitian ilmiah yang menguji efek dari white mulberry pada manusia, sedikit yang diketahui tentang keamanan penggunaan jangka panjang dan bagaimana interaksi yang dapat terjadi bila dikonsumsi dengan obat lainnya.

Namun, karena white mulberry dapat menurunkan kadar gula darah, penting bagi orang yang menggunakan obat diabetes (atau obat apapun yang mempengaruhi kadar gula darah) untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai mengonsumsi.

Dosis

  1. Untuk mengobati diabetes: 1 gram daun bubuk white mulberry, diminum 3 kali sehari.
  2. Untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi: 1 gram daun bubuk white mulberry, diminum 3 kali sehari.

Perhatian

  1. Belum diketahui tentang keamanan penggunaan white mulberry selama kehamilan dan menyusui. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter.
  2. White mulberry dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Perhatikan tanda-tanda gula darah rendah (hipoglikemia) dan pantau gula darah Anda jika Anda menderita diabetes.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
White Mulberry: Benefits, Side Effects, and Preparations. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-white-mulberry-88659)
Chemical composition, nutritional value, and antioxidant activities of eight mulberry cultivars from China. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3466457/)
White Mulberry: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1250/white-mulberry)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app