Minyak Krill: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 6, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 4 menit

Minyak krill adalah suplemen yang merupakan alternatif dari minyak ikan. Minyak krill terbuat dari sejenis hewan laut kecil yang dikonsumsi oleh paus, penguin dan makhluk laut lainnya.

Seperti minyak ikan, minyak krill juga merupakan sumber asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA), sejenis lemak omega-3 yang hanya ditemukan dari hewan laut. DHA dan EPA memiliki fungsi penting dalam tubuh dan terkait dengan berbagai manfaat kesehatan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Untuk menjaga kesehatan, sangat disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi suplemen yang mengandung EPA dan DHA jika Anda kurang mengkonsumsi ikan atau hewan laut lainnya.

Walaupun tidak ada penelitian yang membuktikannya, minyak Krill dipasarkan sebagai suplemen yang lebih unggul dibandingkan dengan minyak ikan. Meskipun diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini. Namun bagaimanapun, minyak krill mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan yang penting.

Manfaat Minyak Krill

Minyak krill mengandung asam lemak yang mirip dengan minyak ikan. Lemak ini dianggap lemak bermanfaat yang dapat mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol, dan mengurangi aktivitas faktor pembekuan darah, sehingga dapat mencegah terjadinya stroke. 

Berikut adalah beberapa kondisi kesehatan yang mungkin mendapatkan manfaat dari penggunaan minyak krill :

Efek samping Minyak Krill

Minyak Krill  aman bagi sebagian besar orang dewasa bila digunakan dengan tepat untuk waktu yang singkat (hingga tiga bulan). 

Efek samping yang paling umum dari penggunaan minyak krill berhubungan dengan saluran pencernaan, contohnya ketidaknyamanan lambung, penurunan nafsu makan, perubahan rasa, mulas, bersendawa, kembung, gas, diare, dan mual. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Mengkonsumsi minyak krill dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan kulit wajah menjadi lebih berminyak atau pecah. Dalam kasus yang sangat jarang, minyak krill dapat meningkatkan tekanan darah.

Peringatan & perhatian khusus penggunaan Minyak Krill

  • Kehamilan dan menyusui: Tidak ada data yang menjelaskan mengenai efek dari penggunaan minyak krill pada ibu hamil atau menyusui. Konsultasikan dengan dokter sebelum Anda mulai mengkonsumsi suplemen apapun.
  • Gangguan pendarahan: Penggunaan minyak krill dapat meningkatkan risiko perdarahan pada orang dengan gangguan pendarahan. Konsultasikan dengan dokter sebelum Anda mulai mengkonsumsi suplemen apapun.
  • Diabetes: Minyak Krill dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Perhatikan tanda-tanda gula darah rendah (hipoglikemia) dan pantau gula darah Anda dengan hati-hati jika Anda menderita diabetes dan gunakan minyak krill.
  • Obesitas: Minyak krill mungkin menurunkan fungsi insulin pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas, sehingga dapat meningkatkan risiko terkena diabetes atau penyakit jantung.
  • Alergi makanan laut: Beberapa orang yang alergi terhadap makanan laut mungkin juga alergi terhadap suplemen minyak krill.
  • Operasi : Karena minyak krill dapat memperlambat proses pembekuan darah, ada kekhawatiran bahwa minyak ini dapat meningkatkan risiko perdarahan selama dan setelah operasi. Hentikan penggunaan minyak krill setidaknya 2 minggu sebelum menjalani operasi.

Dosis penggunaan Minyak Krill

Dosis minyak krill yang tepat tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pada saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis yang tepat untuk penggunaan minyak krill. 

Perlu diingat bahwa produk alami tidak selalu aman. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang relevan pada label produk dan konsultasikan dengan apoteker, dokter atau profesional kesehatan lainnya sebelum menggunakan suplemen minyak krill.

  • Kolesterol Tinggi. Penelitian yang sedang berkembang menunjukkan bahwa mengkonsumsi 1-1,5 gram produk minyak krill spesifik setiap hari mengurangi kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol jahat), dan meningkatkan kolesterol "HDL (kolesterol baik) pada pasien dengan kolesterol tinggi . Dosis yang lebih tinggi dari 2-3 gram setiap hari juga tampaknya secara signifikan dapat mengurangi kadar trigliserida.
  • Trigliserida tinggi, suplemen minyak krill 0,25-2 gram dua kali sehari selama 12 minggu dapat menurunkan kadar trigliserida pada orang dengan kadar trigliserida tinggi.
  • Osteoartritis. Penelitian awal menunjukkan bahwa menggunakan 300 mg per hari dari produk minyak krill dapat mengurangi rasa sakit dan kekakuan pada orang dengan osteoarthritis.
  • Premenstrual syndrome (PMS). Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi 2 gram suplemen minyak krill per hari dapat mengurangi gejala PMS.
  • Rematik. Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi 300 mg minyak krill per hari dapat mengurangi gejala peradangan akibat rematik.

Interaksi Minyak Krill

Obat-obatan yang memperlambat proses pembekuan darah (Anticoagulant / Antiplatelet) dapat berinteraksi dengan Minyak Krill.

Minyak krill mungkin memperlambat proses pembekuan darah. Mengkonsumsi minyak krill bersama dengan obat-obatan yang juga memperlambat proses pembekuan darah dapat meningkatkan kemungkinan mengalami memar dan pendarahan spontan. 

Beberapa obat yang memperlambat proses pembekuan darah contohnya aspirin, clopidogrel , diclofenac, ibuprofen, naproxen, dalteparin, enoxaparin, heparin, warfarin , dan lainnya.

Informasi di atas bukan merupakan pengganti petunjuk dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi suplemen apapun untuk mendapatkan hasil terapi yang optimal.


11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tou, Janet & Jaczynski, Jacek & Chen, Yi-Chen. (2007). Krill for human consumption: Nutritional value and potential health benefits. Nutrition reviews. 65. 63-77. 10.1301/nr.2007.feb.63.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/6460879_Krill_for_human_consumption_Nutritional_value_and_potential_health_benefits)
Ulven, Stine & Kirkhus, Bente & Lamglait, Amandine & Basu, Samar & Elind, Elisabeth & Haider, Trond & Berge, Kjetil & Vik, Hogne & Pedersen, Jan. (2010). Metabolic Effects of Krill Oil are Essentially Similar to Those of Fish Oil but at Lower Dose of EPA and DHA, in Healthy Volunteers. Lipids. 46. 37-46. 10.1007/s11745-010-3490-4.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/47646097_Metabolic_Effects_of_Krill_Oil_are_Essentially_Similar_to_Those_of_Fish_Oil_but_at_Lower_Dose_of_EPA_and_DHA_in_Healthy_Volunteers)
Dan, Xie & Gong, Mengyue & Wei, Wei & Jin, Jun & Wang, Xiaosan & Wang, Xingguo & Jin, Qingzhe. (2019). Antarctic Krill ( Euphausia superba ) Oil: A Comprehensive Review of Chemical Composition, Extraction Technologies, Health Benefits, and Current Applications: Antarctic krill (Euphausia superba) oil…. Comprehensive Reviews in Food Science and Food Safety. 10.1111/1541-4337.12427.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/331043471_Antarctic_Krill_Euphausia_superba_Oil_A_Comprehensive_Review_of_Chemical_Composition_Extraction_Technologies_Health_Benefits_and_Current_Applications_Antarctic_krill_Euphausia_superba_oil)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app