Minyak Krill: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Apr 28, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Waktu baca: 5 menit

Ringkasan informasi

Minyak krill adalah minyak dari hewan kecil seperti udang. Paus balin, manta, dan hiu paus memakan krill yang terutama. Di Norwegia, kata "krill" berarti "makanan ikan paus."

Orang-orang mengekstrak minyak dari krill, menaruhnya dalam kapsul, dan menggunakannya untuk obat. Beberapa produk merek minyak krill mengindikasikan bahwa mereka menggunakan krill Antartika. Hal ini biasanya merujuk pada spesies krill yang disebut Euphausia superba.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Minyak krill paling sering digunakan untuk penyakit jantung, kadar lemak darah (trigliserida) tertentu, dan kolesterol tinggi, tetapi ada penelitian ilmiah terbatas untuk mendukung penggunaan ini.

Bagaimana cara kerjanya?

Minyak krill mengandung asam lemak yang mirip dengan minyak ikan. Lemak ini dianggap lemak bermanfaat yang mengurangi pembengkakan, menurunkan kolesterol, dan membuat trombosit darah kurang lengket. Ketika trombosit darah kurang lengket mereka cenderung membentuk gumpalan.

Kegunaan & keefektifan

Tidak cukup bukti untuk

  • Kulit yang mengkerut
    Penelitian awal menunjukkan bahwa meminum kapsul yang mengandung minyak krill, seng, vitamin D, minyak buckthorn berry laut, ekstrak biji kakao, asam hyaluronic, dan isoflavon semanggi merah 780 miligram tiga kali sehari bersama dengan menggunakan krim tazarotene 0,1% setiap malam selama sekitar 12 minggu memperbaiki kerutan, kelembaban, dan elastisitas pada kulit yang mengkerut dibandingkan dengan perawatan dengan krim tazarotene saja. Tidak jelas apakah manfaat ini disebabkan oleh minyak krill atau bahan lain dalam suplemen.
  • Kolesterol tinggi
    Penelitian yang berkembang menunjukkan bahwa mengkonsumsi 1-1,5 gram produk minyak krill khusus setiap hari mengurangi kolesterol total dan kolestrol lipoprotein berkepadatan rendah “buruk”, dan meningkatkan kolesterol lipoprotein berkepadatan tinggi “baik” pada pasien dengan kolesterol tinggi. Dosis yang lebih tinggi dari 2-3 gram setiap hari juga tampaknya secara signifikan mengurangi kadar trigliserida, jenis lain dari lemak darah.
  • Trigliserida tinggi, sejenis lemak darah
    Mengkonsumsi produk minyak krill khusus 0,25-2 gram dua kali sehari selama 12 minggu tampaknya menurunkan kadar trigliserida pada orang dengan kadar trigliserida tinggi.
    Namun, perubahan kadar trigliserida bervariasi di antara pasien. Suplemen ini tampaknya tidak memperbaiki kolesterol total, kolestrol lipoprotein berkepadatan rendah “buruk”, atau kolesterol lipoprotein berkepadatan tinggi “baik”.
  • Pengapuran sendi
    Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi 300 miligram per hari produk minyak krill khusus mengurangi rasa sakit dan kekakuan pada orang dengan pengapuran sendi.
  • Premenstrual syndrome (PMS)
    Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi 2 gram per hari dari produk minyak krill khusus dapat mengurangi gejala PMS. Juga, mengkonsumsi produk kombinasi khusus yang mengandung minyak krill, vitamin B, isoflavon kedelai, dan ekstrak rosemary setiap hari selama 3 bulan mengurangi gejala PMS yang dilaporkan sendiri.
    Perbaikan tampaknya paling besar untuk wanita dengan gejala yang lebih parah. Namun, tidak jelas apakah perbaikan ini disebabkan oleh minyak krill atau bahan lain dalam suplemen.
  • Radang sendi.
    Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi 300 miligram per hari dari produk minyak krill khusus mengurangi rasa sakit dan kekakuan pada orang dengan radang sendi.
  • Kanker.
  • Depresi.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Stroke.
  • Kondisi lainnya.

Diperlukan lebih banyak bukti untuk menilai efektivitas minyak krill untuk penggunaan ini.

Efek samping & keamanan

Minyak krill mungkin aman bagi kebanyakan orang dewasa bila digunakan dengan tepat untuk waktu yang singkat (hingga tiga bulan). Efek samping yang paling umum dari minyak krill berhubungan dengan lambung dan mirip dengan minyak ikan.

Efek-efek ini termasuk ketidaknyamanan lambung, penurunan nafsu makan, perubahan rasa, mulas, bersendawa, kembung, gas, diare, dan mual. Mengkonsumsi minyak krill melalui mulut juga dapat menyebabkan kulit wajah menjadi lebih berminyak atau pecah. Dalam kasus yang sangat jarang, minyak krill dapat meningkatkan tekanan darah.

Tindakan pencegahan & peringatan khusus

  • Kehamilan dan menyusui: Tidak cukup diketahui tentang penggunaan minyak krill selama kehamilan dan menyusui. Tetap aman dan hindari penggunaan.
  • Gangguan pendarahan: Karena minyak krill dapat memperlambat pembekuan darah, ada kekhawatiran bahwa hal itu mungkin meningkatkan risiko perdarahan pada orang dengan gangguan pendarahan. Sampai lebih banyak diketahui, orang dengan kondisi seperti itu harus menggunakan minyak krill dengan hati-hati.
  • Diabetes: Minyak krill dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Perhatikan tanda-tanda gula darah rendah (hipoglikemia) dan pantau gula darah Anda dengan hati-hati jika Anda menderita diabetes dan gunakan minyak krill.
  • Obesitas: Minyak krill mungkin menurunkan seberapa baik insulin bekerja pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas. Hal ini mungkin meningkatkan risiko terkena diabetes atau penyakit jantung.
  • Alergi makanan laut: Beberapa orang yang alergi terhadap makanan laut mungkin juga alergi terhadap suplemen minyak krill. Tidak ada informasi yang dapat dipercaya yang menunjukkan seberapa besar kemungkinan orang dengan alergi makanan laut memiliki reaksi alergi terhadap minyak krill; namun, sampai lebih banyak diketahui, hindari menggunakan minyak krill atau gunakan dengan hati-hati jika Anda memiliki alergi makanan laut.
  • Pembedahan: Karena minyak krill dapat memperlambat pembekuan darah, ada kekhawatiran bahwa minyak ini dapat meningkatkan risiko perdarahan selama dan setelah operasi. Berhenti menggunakan minyak krill setidaknya 2 minggu sebelum operasi dijadwalkan.

Interaksi

Interaksi sedang

Berhati-hatilah dengan kombinasi ini:

  • Obat-obatan yang memperlambat pembekuan darah (Anticoagulant / Antiplatelet) berinteraksi dengan minyak krill
    Minyak krill mungkin memperlambat pembekuan darah. Mengkonsumsi minyak krill bersama dengan obat-obatan yang juga memperlambat pembekuan darah dapat meningkatkan kemungkinan memar dan pendarahan.
    Beberapa obat yang memperlambat pembekuan darah termasuk aspirin, clopidogrel (Plavix), diclofenac (Voltaren, Cataflam, yang lain), ibuprofen (Advil, Motrin, lain-lain), naproxen (Anaprox, Naprosyn, lainnya), dalteparin (Fragmin), enoxaparin (Lovenox), heparin, warfarin (Coumadin), dan lainnya.

Interaksi kecil

Waspada dengan kombinasi ini:

  • Orlistat (Xenical, Alli) berinteraksi dengan minyak krill
    Orlistat (Xenical, Alli) digunakan untuk menurunkan berat badan. Hal ini mencegah lemak dari makanan diserap dari usus. Ada beberapa kekhawatiran bahwa orlistat (Xenical, Alli) juga dapat menurunkan penyerapan minyak krill saat digunakan bersama. Untuk menghindari interaksi potensial ini, ambil orlistat (Xenical, Alli) dan minyak krill setidaknya 2 jam secara terpisah.

Takaran

Dosis minyak krill yang tepat tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pada saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis yang tepat untuk minyak krill.

Ingatlah bahwa produk alami tidak selalu aman dan dosisnya penting. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang relevan pada label produk dan konsultasikan dengan apoteker atau dokter Anda atau profesional kesehatan lainnya sebelum menggunakan.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Krill Oil: Benefits, Side Effects, Dosage, and Interactions. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/krill-oil-what-should-i-know-about-it-89571)
Krill Oil: Benefits, Dangers & Side Effects. Drugs.com. (https://www.drugs.com/krill-oil.html)
Krill oil vs fish oil: Which is better and why?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/321897)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app