Pil KB Yasmin: Manfaat dan Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jun 12, 2019 Waktu baca: 3 menit
Pil KB Yasmin: Manfaat dan Efek Samping

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Pil KB Yasmin terdiri dari 21 tablet berbahan aktif dan 7 tablet plasebo yang efektif mencegah kehamilan jika digunakan dengan tepat
  • Pil KB Yasmin bersifat anti-androgen yang dapat mengurangi jerawat serta rambut halus di wajah dan tidak menyebabkan berat badan naik
  • Pil KB Yasmin dapat mengurangi nyeri haid, mengurangi jumlah kehilangan darah per siklus, serta memperpendek periode menstruasi
  • Waspadai sejumlah risiko efek samping pil KB Yasmin berupa sakit kepala, tekanan darah naik, nyeri payudara, mual, diare, hingga flek ringan
  • Anda bisa membeli pil KB Yasmin maupun alat kontrasepsi lainnya yang tersedia di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD

Yasmin adalah salah satu merek pil KB yang sering digunakan sebagai kontrasepsi. Banyak yang tertarik dengan pil KB Yasmin ini karena disinyalir tidak menyebabkan kenaikan berat badan dan tidak menimbulkan jerawat malah dapat menguranginya. Baca lebih lanjut mengenai manfaat pil KB Yasmin dan efek sampingnya berikut ini.

Sekilas Tentang Pil KB Yasmin

Pil KB Yasmin adalah jenis pil KB yang efektif mencegah kehamilan hingga 98-99%. Pil KB ini terdiri dari dua jenis hormon, yakni 3 mg drospirenone dan 0,03 mg ethylestradiol, yang bekerja sama untuk mencegah kehamilan.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Pil KB Yasmin terdiri dari 21 tablet berbahan aktif (mengandung preparat hormon) dan 7 tablet berbahan non-aktif (tidak mengandung preparat hormon). Namun, ada juga yang hanya berisi 21 tablet berbahan aktif tanpa bahan non-aktif.

Pil KB Yasmin sebaiknya diminum pada malam hari atau menjelang tidur. Pil ini akan menekan hormon yang mempromosikan kehamilan sehingga mencegah terjadinya ovulasi

Selain itu, merek pil KB ini juga akan membuat rahim menjadi tidak memungkinkan untuk ditanami sel telur yang telah dibuahi dengan menipiskan lapisan rahim dan mengentalkan mucus atau lendir di mulut rahim. Alhasil, sperma tidak dapat melintasi mulut rahim sehingga kehamilan tidak akan terjadi.

Berbagai Manfaat Pil KB Yasmin

1. Berat Badan Tidak Meningkat Drastis, Jerawat Berkurang

Pil KB Yasmin bersifat anti-androgen (drospirenone) sehingga selain fungsinya sebagai kontrasepsi, juga dapat mengurangi jerawat serta rambut halus di wajah. Pil ini juga tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan karena memiliki efek diuretik yang fungsinya membuang penumpukan cairan tubuh. 

2. Menstruasi Normal

Hormon tubuh akan menyesuaikan dengan dosis hormon yang terkandung pada pil Yasmin, sehingga menstruasi dapat diprediksi. Menstruasi akan terjadi ketika Anda mengkonsumsi pil placebo atau tidak mengkonsumsi pil sama sekali selama 7 hari. 

Pil KB Yasmin juga mengurangi nyeri haid dan ketidaknyamanan, mengurangi jumlah kehilangan darah per siklus, serta memperpendek periode menstruasi.

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

3. Mengurangi Anemia

Anemia terjadi akibat banyaknya darah yang hilang dan menurunnya cadangan zat besi pada tubuh. Karena pil KB Yasmin dapat mengurangi jumlah darah yang hilang selama menstruasi, maka kadar zat besi dapat dipertahankan dan kejadian anemia dapat ditekan.

4. Ovarium Sehat

Karena mekanisme pil KB ini mencegah ovulasi, maka kejadian kehamilan di luar kandungan dapat diminimalisir. Selain itu, pil KB Yasmin juga dapat mengurangi pembentukan kista dan kanker di ovarium.

5. Payudara Sehat

Pada penggunaan jangka panjang, pil KB Yasmin dapat melindungi payudara dari pertumbuhan non-kanker seperti kista dan tumor jinak. Selain itu, pil ini juga dapat mengurangi ketidaknyamanan payudara yang terkait dengan menstruasi.

Baca Juga: 16 Harga Merek Pil KB yang Beredar di Indonesia

Efek Samping Pil KB Yasmin

Meskipun Pil KB Yasmin memiliki beberapa manfaat yang menguntungkan seperti di atas, namun Anda juga perlu mewaspadai sejumlah efek samping yang mungkin terjadi. Meskipun memang, efek samping ini tidak selalu muncul pada semua wanita.

Berbagai efek samping pil KB Yasmin di antaranya:

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7
  • Peningkatan kejadian pembekuan darah
  • Depresi
  • Perubahan mood
  • Sakit kepala seperti migrain
  • Peningkatan tekanan darah
  • Pendarahan dan flek ringan pada awal pemakaian
  • Kelainan kandung empedu
  • Nyeri atau pembengkakan pada payudara
  • Mual
  • Diare
  • Nyeri punggung

Baca Juga: Efek Berhenti Mengonsumsi Pil KB

Sama halnya seperti pil KB lainnya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan pil KB Yasmin. Apabila Anda memiliki penyakit diabetes, kanker payudara, insufisiensi adrenal, masalah pembekuan darah, penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, atau tumor hati, maka Anda tidak boleh menggunakan obat ini.

Selain itu, perokok juga tidak boleh menggunakan pil KB Yasmin karena risiko yang akan ditimbulkan lebih besar daripada manfaat yang didapat. Konsultasikan juga dengan dokter jika Anda ingin mengganti alat kontrasepsi jenis apa pun.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yasmin film-coated tablets 0.03mg/3mg - Summary of Product Characteristics (SmPC) - (emc). Dorset Formulary. (http://www.dorsetformulary.nhs.uk/spclink.asp?q=Yasmin)
Low-dose birth control: Effectiveness, risks, and side effects. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322629.php)
Yasmin: Side Effects, Dosage & Uses. Drugs.com. (https://www.drugs.com/yasmin.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app