Makanan dan Diet Sehat

4 Pilihan Menu Buka Puasa Sehat untuk Penderita Darah Rendah

Update terakhir: Jul 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.024.352 orang

4 Pilihan Menu Buka Puasa Sehat untuk Penderita Darah Rendah

Tekanan darah rendah adalah masalah kesehatan yang paling sering terjadi selama puasa Ramadhan. Jika biasanya Anda bisa makan dan minum kapan pun Anda mau, sekarang Anda hanya boleh makan saat sahur dan berbuka puasa saja. Hal inilah yang menyebabkan tubuh lebih gampang lemas, pusing, hingga keringat dingin saat puasa Ramadhan. Apalagi jika Anda memiliki tekanan darah rendah.

Namun jangan khawatir. Ada beberapa pilihan menu buka puasa sehat yang dapat mengembalikan tekanan darah Anda kembali normal. Apa saja? Mari simak ulasannya berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Akrinor Tab 100s via HonestDocs

AKRINOR TAB 100S dapat digunakan untuk keperluan sebagai berikut: jantung, hipotensi primer & sekunder, gangguan sirkulasi ortostatik. GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Screen shot 2019 04 12 at 10.45.23

Pilihan menu buka puasa untuk penderita tekanan darah rendah

Saat puasa Ramadhan, tubuh Anda sedang menyesuaikan diri dengan pola makan yang baru. Mulai dari yang biasanya bisa makan dan minum 3 kali sehari, kini Anda hanya boleh makan saat sahur dan berbuka puasa saja.

Tekanan darah rendah menyebabkan aliran darah ke seluruh tubuh jadi menurun. Bila tidak segera diatasi dengan makan atau minum, maka hal ini dapat membuat tekanan darah Anda semakin rendah. Itulah sebabnya, puasa bisa semakin menurunkan tekanan darah Anda.

Meski demikian, ibadah puasa seharusnya tidak menjadi halangan bagi Anda yang memiliki tekanan darah rendah. Anda tetap dapat menjalankan puasa Ramadhan selama kondisi kesehatan Anda stabil dan tidak mengalami komplikasi.

Supaya tubuh tetap fit, ada beberapa pilihan menu buka puasa yang bisa membantu meningkatkan tekanan darah. Berikut ini beragam menu buka puasa untuk penderita tekanan darah rendah, di antaranya:

1. Sayur bayam

Bingung harus menyajikan menu buka puasa apa hari ini? Cobalah buat semangkuk sayur bayam untuk keluarga di rumah.

Ya, sayur bayam bisa menjadi sajian yang cocok untuk penderita tekanan darah rendah. Hal ini dikarenakan bayam mengandung nitrat yang nantinya akan diubah menjadi nitrat oksida, suatu senyawa yang berfungsi sebagai vasodilator.

Iklan dari HonestDocs
Beli Akrinor Tab 100s via HonestDocs

AKRINOR TAB 100S dapat digunakan untuk keperluan sebagai berikut: jantung, hipotensi primer & sekunder, gangguan sirkulasi ortostatik. GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Screen shot 2019 04 12 at 10.45.23

Asupan nitrat dari makanan dapat membantu melebarkan pembuluh darah. Semakin lebar kondisi pembuluh darah, maka darah akan mengalir lebih lancar. Jantung pun tidak perlu bekerja ekstra untuk memompa darah, sehingga tekanan darah jadi lebih normal.

Setiap 100 gram bayam mengandung 4 mg natrium, 92% air, dan folat. Kombinasi zat-zat gizi tersebut dapat membantu menaikkan tekanan darah saat puasa Ramadhan.

2. Teh licorice

Anda mungkin termasuk salah satu orang yang suka minum teh saat berbuka puasa. Namun, apakah Anda sudah pernah mencoba menyiapkan teh licorice sebagai menu buka puasa?

Licorice alias akar manis terbukti dapat menormalkan kadar hormon aldosteron, hormon yang mengatur tekanan darah dan keseimbangan garam dalam tubuh. Jenis tanaman ini juga mampu meningkatkan hormon kortisol, sehingga tekanan darah Anda kembali naik dan normal.

3. Tuna asap

Lain halnya dengan penderita hipertensi yang harus mengurangi asupan garam, penderita tekanan darah rendah justru dianjurkan untuk menambahkan garam dalam menu makanannya. Salah satu makanan asin yang cocok dijadikan menu buka puasa Ramadhan adalah ikan tuna asap.

Dibandingkan proses pemasakan lainnya, ikan tuna yang diasap menghasilkan rasa yang lebih asin. Hal ini sedikit banyak dapat membantu meningkatkan tekanan darah Anda kembali normal.

Terlebih lagi, tuna mengandung kaya vitamin B12 yang dapat mencegah anemia. Anemia adalah salah satu pemicu tekanan darah rendah yang paling umum.

4. Jus buah

Bosan dengan menu buka puasa yang itu-itu saja? Coba sajikan jus buah favorit Anda dan keluarga.

Tak hanya terasa lezat dan segar, sebagian besar buah-buahan bisa membantu menaikkan tekanan darah. Jus lemon, misalnya, mengandung antioksidan yang mampu melancarkan aliran darah. Dengan minum segelas jus lemon dicampur sedikit gula dan garam, tekanan darah Anda yang semula rendah akan berangsur-angsur normal saat berbuka puasa.

Selain membuat jus buah, Anda juga bisa membuat segelas jus wortel sebagai menu buka puasa hari ini. Jus wortel terbukti dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga tekanan darah Anda jadi lebih stabil.

Tambahkan dua sendok makan madu ke dalam segelas jus wortel, lalu minum saat berbuka puasa. Rasanya dijamin segar dan tubuh Anda kembali fit setelah seharian berpuasa Ramadhan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit