Makanan dan Diet Sehat

6 Pilihan Menu Buka Puasa Sehat untuk Penderita Darah Tinggi

Update terakhir: Jul 6, 2019 Waktu baca: 5 menit
Telah dibaca 613.162 orang

6 Pilihan Menu Buka Puasa Sehat untuk Penderita Darah Tinggi

Puasa di bulan Ramadhan adalah salah satu kewajiban bagi setiap Muslim yang mampu secara fisik maupun psikis. Momen spesial yang satu ini tentu sayang untuk dilewatkan, termasuk juga bagi Anda yang punya darah tinggi alias hipertensi.

Perlu dicatat bahwa penderita darah tinggi harus benar-benar menjaga pola makannya selama berpuasa di bulan Ramadhan. Salah-salah menyantap menu sahur atau menu buka puasa, gejala hipertensinya malah bisa jadi kambuh atau semakin parah.

Bingung menentukan menu buka puasa yang aman dan sehat untuk penderita darah tinggi? Tenang, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apakah penderita darah tinggi boleh berpuasa?

Pada dasarnya, penderita darah tinggi boleh saja berpuasa di bulan Ramadhan. Tidak ada penelitian medis yang melarang penderita hipertensi berpuasa, selama tidak ada komplikasi yang membahayakan kesehatan.

Bila Anda memiliki penyakit darah tinggi dan ingin berpuasa Ramadhan, Anda tak perlu khawatir. Puasa Ramadhan sejatinya tidak akan memberikan dampak buruk bagi tekanan darah Anda. Justru, puasa di bulan Ramadhan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi sekaligus meningkatkan kesehatan Anda.

Supaya lebih aman, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum Anda memutuskan untuk berpuasa di bulan Ramadhan. Dokter akan melihat kondisi kesehatan Anda, apakah dirasa aman untuk berpuasa atau tidak. 

Dokter mungkin akan mengubah dosis atau mengganti obat hipertensi untuk Anda, tentunya yang lebih cocok dikonsumsi saat puasa. Hal ini bertujuan supaya Anda bisa menjalani puasa Ramadhan dengan lancar dan sehat.

Beragam pilihan menu buka puasa sehat untuk penderita darah tinggi

Wajar saja bila Anda merasa lemas dan tak bertenaga setelah seharian berpuasa, apalagi bagi penderita darah tinggi. Begitu waktu berbuka puasa tiba, kebanyakan orang biasanya akan kalap makan, tidak peduli apakah makanan tersebut sehat atau tidak.

Alih-alih mengembalikan tenaga setelah berpuasa, salah menyantap makanan malah bikin tekanan darah Anda meningkat drastis. Misalnya saja, ketika Anda mengonsumsi makanan berlemak atau cenderung asin saat berbuka puasa, hal ini dapat menyebabkan darah tinggi Anda kambuh lagi.

Belum lagi bila tubuh kembali drop, Anda tentu tidak bisa berpuasa lagi esok hari. Ibadah puasa di bulan Ramadhan pun jadi tidak maksimal dan menggagalkan usaha Anda berpuasa sebulan penuh.

Supaya tidak salah langkah, berikut berbagai menu buka puasa sehat dan aman bagi penderita darah tinggi, di antaranya:

1. Kurma

Kurma adalah buah favorit untuk menu buka puasa di bulan Ramadhan. Selain enak dimakan, kurma ternyata juga aman dikonsumsi oleh penderita darah tinggi.

Dilihat dari kandungan nutrisinya, satu buah kurma mengandung 167 mg kalium, 15 mg kalsium, dan 13 mg magnesium. Kombinasi zat-zat gizi tersebut dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal selama berpuasa di bulan Ramadhan.

Baca Selengkapnya: 22 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan, Terbukti Ilmiah!

2. Kolak pisang

Kolak pisang adalah salah satu sajian takjil favorit di bulan Ramadhan. Bagi Anda yang mempunyai masalah darah tinggi, Anda ternyata tetap boleh makan kolak pisang, lho!

Pisang merupakan sumber kalium yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Namun, hati-hati dengan santan dan kandungan gulanya, sebab bisa memicu kolesterol dan diabetes.

Ada baiknya buatlah kolak pisang sehat versi Anda sendiri. Anda bisa mengganti santan dengan susu skim atau yogurt supaya lebih sehat. Keduanya sama-sama mengandung kalsium dan rendah lemak yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi saat berpuasa.

Dengan menyantap kolak pisang sebagai menu buka puasa, tekanan darah akan tetap normal dan tubuh pun tetap sehat selama di bulan Ramadhan.

Baca Juga: Aneka Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan

3. Sayur bayam wortel

Sayur bayam adalah salah satu menu buka puasa yang aman bagi penderita darah tinggi. Pasalnya, bayam mengandung tinggi kalium dan magnesium, dua mineral utama yang berperan untuk mengendalikan tekanan darah tinggi.

Kalium dalam bayam berfungsi untuk membuang kelebihan natrium dalam tubuh. Sedangkan kandungan magnesiumnya bertugas untuk meningkatkan aliran darah yang sehat ke seluruh tubuh. Semakin sedikit natrium dalam tubuh, ditambah lagi dengan aliran darah yang sehat, maka tekanan darah Anda menjadi normal dan terkendali.

Supaya rasanya lebih lezat dan segar, tambahkan beberapa potong wortel dan jagung manis ke dalam sayur bayam. Setelah menyantap menu buka puasa yang satu ini, kegiatan Anda di bulan Ramadhan dijamin akan tetap lancar meski mempunyai penyakit darah tinggi.

4. Tuna panggang isi sayur

Dari sekian banyak jenis ikan yang ada, ikan tuna adalah salah satu jenis ikan terbaik bagi penderita darah tinggi. Pasalnya, ikan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Omega-3 adalah jenis asam lemak tak jenuh yang penting untuk mengurangi peradangan, menurunkan kadar trigliserida, dan mencegah timbunan plak pada pembuluh darah. Semakin sedikit plak dalam pembuluh darah, maka aliran darah akan jadi lebih lancar. Jantung pun tentu tidak perlu bekerja ekstra untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Baca Selengkapnya: 17 Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan yang Terbukti Ilmiah

Untuk ide menu buka puasa Anda hari ini, masak ikan tuna dengan cara dipanggang daripada digoreng. Proses pemanggangan cenderung lebih sehat karena tidak banyak menghilangkan vitamin dan mineral dalam tuna.

Supaya lebih sehat lagi, bumbui ikan tuna dengan perasan lemon, minyak zaitun, rempah-rempah, dan beberapa sayuran sebagai pelengkap. Dijamin, menu buka puasa Anda hari ini sangat aman, lezat, dan mampu mengatasi darah tinggi Anda.

5. Jus sayur dan buah

Jus sayur dan buah bisa menjadi salah satu menu buka puasa andalan di bulan Ramadhan. Selain membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat puasa, jenis minuman ini juga bisa membantu menurunkan tekanan darah, lho!

Sebagian besar sayur dan buah mengandung serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. Jus buah delima, misalnya, terbukti efektif menurunkan angka sistolik dan siastolik.

Begitu juga dengan jus buah bit. Buah bit mengandung nitrat yang dapat melebarkan pembuluh darah. Hal ini memungkinkan darah mengalir lebih lancar ke seluruh tubuh, sehingga kadar tekanan darah tinggi bisa kembali normal. Anda pun tidak mudah lemas, pusing, atau mual selama puasa Ramadhan.

Berbagai jenis sayuran juga memiliki efek serupa, misalnya brokoli, bayam, seledri, tomat, dan sebagainya. Jadi, sudah siap untuk membuat jus sayur atau buah sebagai menu buka puasa hari ini?

6. Oatmeal

Bosan dengan menu buka puasa yang itu-itu saja? Coba variasikan menu buka puasa Anda dengan oatmeal. Walaupun lebih sering dikenal sebagai menu sarapan, oatmeal ternyata juga bisa diandalkan sebagai menu buka puasa yang praktis dan sehat.

Terlebih bagi Anda yang punya masalah darah tinggi, oatmeal sangat cocok untuk menu buka puasa Anda. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan serat dan gandum utuh pada oatmeal yang mampu mengendalikan tekanan darah tetap normal. 

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa makan oatmeal terbukti efektif menurunkan kadar sistolik dan diastolik. Bahkan, kandungan seratnya yang tinggi bisa menjaga berat badan tetap sehat sekaligus mencegah obesitas.

Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, kedua hal tersebut merupakan faktor risiko tekanan darah tinggi alias hipertensi. Bila berat badan tetap sehat, maka risiko tekanan darah tinggi tentunya juga bisa dikendalikan. 

Jadi, menu buka puasa mana yang akan Anda sajikan hari ini?

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit