Makanan dan Diet Sehat

6 Minuman Buka Puasa Sehat Saat Wabah Virus Corona COVID-19

Dipublish tanggal: Apr 13, 2020 Update terakhir: Apr 20, 2020 Waktu baca: 4 menit
6 Minuman Buka Puasa Sehat Saat Wabah Virus Corona COVID-19

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Minuman buka puasa tidak hanya harus terasa nikmat dan segar, tapi juga bergizi agar sistem kekebalan tubuh tetap prima.
  • Air putih merupakan minuman buka puasa terbaik, sebab mampu melancarkan aliran darah sekaligus membilas virus maupun bakteri dari tubuh.
  • Kandungan air kelapa muda dapat membantu proses detoksifikasi untuk membuang racun dalam tubuh, terutama pada saluran pencernaan.
  • Semangkuk kolak ubi mampu memenuhi 65% kebutuhan vitamin C harian. Mengandung antioksidan yang dapat melawan penyakit, termasuk virus corona COVID-19.
  • Air nabeez atau air rendaman kurma mengandung 3 antioksidan penting yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan mencegah berbagai penyakit.
  • Es blewah tak hanya terasa segar, tapi juga mengandung hampir 100% vitamin C. Cocok untuk menjaga sistem kekebalan tubuh saat berpuasa di tengah pandemi COVID-19.

Tak lengkap rasanya jika menyajikan makanan buka puasa tanpa minuman yang segar. Selain untuk melegakan dahaga, minuman buka puasa juga bisa membantu mengembalikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa. Terlebih di tengah wabah virus corona COVID-19 seperti sekarang, Anda harus memastikan makanan yang dikonsumsi mengandung gizi lengkap agar tubuh tidak mudah sakit.

Minuman buka puasa sehat di tengah pandemi virus corona COVID-19

Setelah menyiapkan makanan buka puasa, jangan lupa lengkapi juga dengan minuman yang menyegarkan. Bukan hanya harus terasa nikmat dan segar, tapi juga harus bergizi agar sistem kekebalan tubuh tetap optimal untuk menjalani ibadah puasa di tengah pandemi COVID-19.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Nah, ada beberapa pilihan minuman buka puasa sehat yang bisa Anda sajikan, antara lain:

1. Air putih

Air putih merupakan minuman buka puasa terbaik. Pasalnya, tubuh Anda membutuhkan air untuk menjalankan fungsinya, terlebih setelah seharian berpuasa.

Sel-sel darah bertugas membawa air dan oksigen ke seluruh organ dalam tubuh, termasuk otak. Semakin melimpah kandungan air dalam tubuh, maka aliran darah pun akan ikut lancar sehingga tubuh Anda tidak gampang lemas setelah berpuasa seharian.

Yang tak kalah penting, minum air putih yang cukup juga bisa membantu membilas virus dan bakteri dari dalam tubuh lalu dikeluarkan lewat urine dan keringat. Bahkan menurut American College of Healthcare Science, memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari juga dapat membuat kulit Anda tetap kenyal, sehat, dan terhindar dari dehidrasi.

Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda, namun secara umum dibutuhkan minimal 8 gelas air per hari. Karena sedang berpuasa, Anda bisa menyiasatinya dengan aturan minum air putih sebagai berikut:

  • minum 2 gelas saat sahur
  • minum 2 gelas saat berbuka
  • minum 4 gelas pada malam hari (dari jam 8 ke atas hingga waktu tidur)

2. Teh hangat

Teh hangat merupakan minuman buka puasa favorit bagi kebanyakan orang. Pasalnya, sensasi manis dan hangatnya teh sangat sempurna untuk menyegarkan dahaga setelah seharian berpuasa.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Namun, sebaiknya hindari menambahkan terlalu banyak gula pada segelas teh hangat Anda. Alih-alih menyehatkan, kebanyakan gula justru dapat meningkatkan kadar gula darah Anda.

Maka itu, cukup sajikan secangkir teh hangat manis dengan sedikit gula atau bahkan tanpa gula sama sekali (teh tawar). Anda juga bisa menyiapkan teh herbal yang tak kalah menyehatkan.

3. Air kelapa muda

Bila Anda bosan dengan air putih yang rasanya tawar, beralihlah ke air kelapa muda. Ya, air kelapa muda bisa menjadi salah satu minuman sehat buka puasa yang ampuh mengatasi rasa haus dengan cepat.

Tak hanya itu, manfaat air kelapa ternyata tak kalah menakjubkan bagi kesehatan. Salah satunya, minum air kelapa bisa membantu proses detoksifikasi untuk membuang racun dalam tubuh, terutama pada saluran pencernaan.

Jika Anda ingin berbuka puasa dengan es kelapa, sebaiknya berikan jeda waktu beberapa jam setelah berbuka. Sebab, sensasi dingin dari es justru bisa memperparah rasa haus dan memicu sakit tenggorokan. Selain itu, hindari menambahkan terlalu banyak gula atau kental manis pada air kelapa muda agar tidak memicu diabetes.

Baca Selengkapnya: 6 Manfaat Air Kelapa Muda Saat Buka Puasa

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

4. Kolak ubi

Kolak ubi bisa menjadi sajian menu buka puasa sehat yang patut Anda coba. Tak hanya mengenyangkan, kuah kolaknya juga bisa membantu melegakan dahaga bahkan meningkatkan kekebalan tubuh di tengah pandemi virus corona COVID-19.

Dilihat dari kandungan nutrisinya, semangkuk kolak ubi (sekitar 200 gram) mengandung 65% nilai asupan vitamin C harian yang dianjurkan. Vitamin C merupakan vitamin larut air yang mengandung antioksidan, sehingga mampu merangsang kekebalan tubuh agar lebih kuat melawan penyakit, termasuk dari infeksi virus corona COVID-19.

Yang perlu diperhatikan, berhati-hatilah saat menambahkan santan atau gula ke dalam kolak. Pasalnya, kedua bahan tersebut mengandung tinggi lemak dan gula sehingga kalau digunakan terlalu banyak bisa memicu kolesterol dan diabetes. 

Sebagai solusinya, Anda bisa mengganti santan maupun gula dengan yogurt atau susu rendah lemak. Kedua komponen tersebut bisa membantu menjaga gula darah tetap normal sehingga aman bagi penderita diabetes.

Baca Selengkapnya: Selain Mengenyangkan, Ini 8 Manfaat Kolak untuk Buka Puasa Bagi Kesehatan

5. Infuse water kurma (air nabeez)

Kurma menjadi buah sekaligus takjil andalan bagi banyak orang di bulan Ramadhan, baik ketika sahur maupun berbuka puasa. Sebab, makan beberapa buah kurma saja sudah membuat perut terasa kenyang.

Selain dimakan langsung, Anda juga bisa mengolah kurma menjadi air nabeez atau air rendaman kurma. Minuman buka puasa yang kerap disebut dengan infuse water kurma ini mengandung sari-sari kurma yang dapat dicerna oleh tubuh secara maksimal.

Selain itu, buah kurma juga dikenal mengandung 3 antioksidan penting, antara lain flavonoid, karotenoid, dan asam fenolat. Ketiga antioksidan tersebut mampu mengurangi peradangan dalam tubuh bahkan mencegah berbagai penyakit, seperti diabetes, gangguan mata, penyakit jantung, hingga kanker.

Walau hanya rendaman kurma, jangan khawatir sebab airnya akan terasa manis berkat kandungan gula alami dalam kurma. Anda juga masih bisa memakan sisa-sisa daging kurma supaya khasiatnya lebih maksimal.

Baca Selengkapnya: Manfaat Air Nabeez, Infused Water Kurma Saat Puasa

6. Es blewah

Ingin minuman buka puasa yang terasa manis menyegarkan? Coba sajikan es blewah, si buah oranye khas bulan Ramadhan.

Sekilas, blewah memiliki bentuk dan tekstur yang mirip seperti buah melon. Tak hanya ampuh mengatasi rasa haus, buah yang satu ini juga menyimpan segudang manfaat yang sayang dilewatkan.

Salah satunya, buah blewah mengandung hampir 100% asupan vitamin C harian. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, vitamin C memiliki kandungan antioksidan yang mampu mendongkrak sistem imun tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit, termasuk virus corona COVID-19.

Tak hanya itu, mengonsumsi makanan kaya vitamin C juga dapat mengurangi durasi gejala pilek (common cold). Hal ini dibuktikan dari ulasan Cochrane Library bahwa asupan vitamin C dapat menurunkan kejadian pilek hingga 8% pada orang dewasa dan 14% pada anak-anak.

Baca Selengkapnya: 5 Mandaat Blewah Bagi Kesehatan, Buah Khas Ramadhan

Selain menyiapkan menu buka puasa yang sehat, pastikan minuman buka puasa Anda juga bergizi. Hal ini tidak hanya membantu mempercepat pemenuhan kebutuhan cairan tubuh, tapi kandungan nutrisi di dalamnya juga bisa mengembalikan energi tubuh sekaligus melindungi diri dari berbagai penyakit.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Healthline. 7 Nutritious Benefits of Eating Cantaloupe. (https://www.healthline.com/health/food-nutrition/benefits-of-cantaloupe). 11 September 2019.
Healthline. 6 Surprising Health Benefits of Sweet Potatoes. (https://www.healthline.com/nutrition/sweet-potato-benefits). 9 Januari 2019.
Healthline. 8 Science-Based Health Benefits of Coconut Water. (https://www.healthline.com/nutrition/8-coconut-water-benefits). 6 September 2018.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app