Menstruasi Terlambat Bisa Disebabkan Oleh 10 Hal Ini

Jika haid datang terlambat, atau mundur dari waktu yang biasa, hal tersebut bisa saja terjadi akibat satu dari beberapa penyebab di bawah ini, yaitu:
Dipublish tanggal: Sep 11, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Apr 1, 2020 Waktu baca: 4 menit
Menstruasi Terlambat Bisa Disebabkan Oleh 10 Hal Ini

Masa pubertas menjadi masa di mana seorang wanita mengalami mestruasi pertamanya dan akan berlanjut setiap bulannya. Menstruasi atau dikenal juga dengan istilah haid merupakan serangkaian perubahan yang terjadi pada tubuh wanita untuk mempersiapkan kehamilan. 

Terkadang, tidak setiap wanita mengalami menstruasi setiap bulan. Namun tidak mengalami menstruasi atau terlambat, bukan berarti seorang wanita sudah pasti hamil. Kondisi menstruasi terlambat dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti stress, merokok, penyakit tertsentu, hingga efek samping kontrasepsi hormonal. 

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Panjang siklus menstruasi yang normal adalah 21-35 hari, dihitung dari pertama menstruasi bulan ini, hingga hari pertama menstruasi berikutnya. 

Meskipun seharusnya siklus tersebut sama setiap bulannya, namun ada juga saat-saat di mana menstruasi datang terlambat. 

Berbagai penyebab menstruasi terlambat 

Jika haid datang terlambat, atau mundur dari waktu yang biasa, hal tersebut bisa saja terjadi akibat satu dari beberapa penyebab di bawah ini, yaitu: 

1. Stres 

Hormon dan bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengatur siklus menstruasi, yaitu hipotalamus akan terganggu pada saat seorang wanita mengalami stres. Selain itu, stres juga dapat menyebabkan kenaikan atau penurunan berat badan secara drastis. 

Kondisi tersebut dapat memengaruhi siklus menstruasi, sehingga haid datang terlambat. Apabila, terlambatnya menstruasi diakibatkan oleh stres, maka wanita disarankan untuk berlatih teknik relaksasi, mengubah gaya hidup, dan rutin berolahraga agar siklus haid kembali lancar. 

2. Obesitas 

Penambahan berat badan yang berlebihan dapat memicu terjadinya perubahan hormonal pada wanita. Berdasarkan penelitian, wanita yang memiliki indeks massa tubuh 25-30, atau lebih dari 30, sangat rentan untuk mengalmi menstruasi terlambat. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Jika faktor yang menyebabkan haid datang terlambat adalah obesitas, maka dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan diet dan olahraga secara teratur. 

3. Penurunan berat badan 

Selain kenaikan berat badan, penurunan berat badan juga menjadi salah satu alasan mengapa haid datang terlambat. Menstruasi terlambat sangat rentan dialami oleh wanita yang memiliki gangguan makan, seperti anokreksia atau bulimia. 

Berat badan yang kurang 10 persen dari berat badan ideal akan menyebabkan fungsi tubuh menjadi terganggu dan ovulasi (proses pelepasan sel telur oleh salah satu indung telur) pun berhenti. 

Oleh karena itu, untuk membuat haid kembali lancar, gangguan makan sebaiknya segera diobati dan menaikkan berat badan dengan cara yang sehat. 

4. Hormon prolaktin berlebih 

Produksi hormon prolaktin yang tidak normal juga dapat menyebabkan seorang wanita mengalami menstruasi terlambat. 

Pada masa menyusui, hormon yang dihasilkan oleh kelenjar pituitari ini akan meningkat, namun bisa juga meningkat akibat kondisi medis tertentu, seperti penyakit ginjal dan tumor kelenjar pituitari di otak. 

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Meningkatnya hormon prolaktin ini dapat memengaruhi kerja hormon lain, yaitu estrogen dan progesteron yang memiliki peran penting dalam proses mesntruasi. 

5. Alat kontrasepsi 

Menstruasi bisa datang terlambat saat mengonnsumsi pil KB karena pil tersebut mengandung hormon estrogen dan progesteron yang mencegah sel telur terlepas dari indung telur. 

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat siklus haid kembali lancar adalah 6 bulan setelah berhenti menggunakan pil kontrasepsi. Selain pil, alat kontrasepsi hormonal yang ditanam atau disuntik juga menjadi penyebab terlambatnya menstruasi. 

6. Sindrom ovarim polikistik (polycystic ovary syndrome/PCOS)

Kondisi ini dapat menyebabkan menstruasi terlambat karena adanya kelainan pada hormon dan sistem metabolisme yang membuat fungsi indung telur menjadi terganggu. Selain itu, PCOS juga mampu menyebabkan seorang wanit tidak mengalami mestruasi sama sekali dan memengaruhi kesuburan. 

Penyebab dari PCOS sendiri belum diketahui dengan pasti, namun kondisi ini digua berhubugan dengan kondisi lain, seperti resistensi insulin dan sindrom metabolik

Tidak hanya menstruadi, PCOS juga memiliki gejala lain yang bisa muncul, yaitu jerawat, kenaikan berat badan, sulit mendapat keturunan, serta rambut tumbuh dengan jumlah yang berlebihan di wajah, dada, dan perut. 

7. Penyakit kronis 

Penyakit kronis yang dapat menyebabkan mestruasi terlambat adalah diabetes dan penyakit celiac. Diabetes memengaruhi siklus mestruasi karena gula darah yang tidak terkontrol memiliki kaitan yang erat dengan perubahan hormon. 

Sedangkan penyakit celiac menjadi penyebab menstruasi terlambat karena adanya peradangan yang dapat membuat usus kecil rusak, sehingga tubuh tidak dapat menyerap nutrisi penting dengan baik. 

8. Masalah tiroid 

Menstruasi dapat terganggu saat kelenjar tiroid yang berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh tidak bekerja dengan baik. Bermasalahnya kelenjar tiroid dapat dikenali dengan gejala berupa rasa lelah, perubahan pada berat badan, rambut rontok, sensitif terhadap suhu panas dan dingin. 

Masalah tiroid dapat diatasi dengan obat-obatan dan operasi, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Menstruasi akan kembali lancar setelah masalah tiroid selesai diobati.

9. Menopause dini

Meskipun menopause biasanya terjadi saat wanita berusia 45-55 tahun, ada juga yang mengalami gejala menopause saat berada pada usia 40 tahun ke bawah. Kondisi ini disebut juga dengan menopause dini

Saat menopause, sel telur pun akan berhenti dilepaskan sehingga dapat menyebabkan menstruasi terlambat atau bahkan tidak sama sekali. 

10. Merokok 

Gangguan yang terjadi pada siklus menstruasi bisa juga disebabkan oleh kebiasaan merokok. Pasalnya, zat-zat yang terkandung dalam rokok, seperti nikotin, mampu memengaruhi hormon yang berperan dalam siklus mesntruasi, yaitu hormon estrogen dan progesteron. 

Bagi wanita yang berusia di atas 40 tahun, jika siklus menstruasi tiba-tiba mengalami perubahan maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. 

Misalnya ketika timbul keluhan darah yang keluar lebih banyak, waktu menstruasi menjadi lebih lama, atau terdapat keluhan lain, seperti vagina mengalami pendarahan setelah melakukan hubungan seksual. 

Mengapa hal ini perlu diperiksakan? Karena hal tersebut dapat menjadi tanda dari polip serviks, polip endometrium, kondisi prakanker (hiperplasia endometrium), atau kanker endometrium

Meskipun terkadang menstruasi terlambat tidak dianggap serius oleh sebagian wanita, namun hal ini dapat menjadi gejala dari penyakit serius lainnya. Oleh karena itu, jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan dokter mengenai terlambatnya menstruasi. 

Terutama jika haid tiba-tiba berhenti selama lebih dari 90 hari, tidak teraturnya siklus bulanan, mestruasi lebih dari 7 hati, nyeri parah, atau darah keluar dengan deras dan harus ganti pembalut setiap satu atau dua jam sekali. 

25 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Stopped or missed periods. (2016). (https://www.nhs.uk/conditions/stopped-or-missed-periods/)
Shim U, et al. (2011). Long menstrual cycle is associated with type 2 diabetes mellitus in Korean women. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21977458)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app