Kesehatan Mulut dan Gigi

Cara Mengobati Gigi Ngilu, di Rumah dan di Dokter

Dipublish tanggal: Nov 4, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Nov 9, 2019 Waktu baca: 3 menit
Cara Mengobati Gigi Ngilu, di Rumah dan di Dokter

Tidak semua masalah gigi ngilu harus diatasi di dokter. Ternyata, gigi ngilu juga bisa saja diobati secara mandiri di rumah. Namun bagaimanapun, hal ini tergantung dari tingkat keparahan gigi ngilu masing-masing orang. Apabila sakit gigi ngilu yang Anda rasakan masih dalam taraf ringan, maka Anda cukup mengobati gigi ngilu dengan perawatan ala rumahan. Sebaliknya, jika rasanya terasa sangat parah dan berat, maka segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan intensif. 

Apa penyebab gigi ngilu?

Sebagian orang merasakan ngilu setelah menyikat gigi atau mengonsumsi makanan tertentu, terutama makanan asam, terlalu panas, atau terlalu dingin. Rasa ngilu di gigi umumnya muncul akibat gusi yang menyusut dan email gigi terkikis. Akibatnya, makanan bisa langsung menyentuh lapisan dentin dan membuat gigi terasa ngilu.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Dentin adalah bagian gigi yang memiliki bagian-bagian berbentuk tabung super kecil dan arahnya menuju ke saraf gigi. Rasa nyeri sangat mungkin terjadi apabila makanan yang Anda konsumsi menyentuh dentin gigi secara langsung tanpa lapisan apapun. 

Tidak hanya karena faktor makanan saja, gigi berlubang atau gigi patah juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa gigi Anda terasa ngilu. Masih banyak penyebab gigi ngilu lainnya, seperti menyikat gigi menggunakan bulu yang kasar dan terlalu kencang. 

Cara mengobati gigi ngilu di rumah 

Mengobati gigi ngilu bisa dikategorikan menjadi dua perawatan, yakni perawatan di rumah atau mandiri dan perawatan menggunakan bantuan tenaga medis. Kalau Anda ingin melakukan perawatan di rumah, maka Anda bisa menggunakan obat-obatan berikut ini:

1. Menggunakan pasta gigi berformula khusus 

Anda bisa menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Pasta gigi khusus ini dirancang dengan kandungan strontium acetate yang dapat membentuk lapisan gigi dengan cepat. Alhasil, sensasi panas atau dingin dari makanan tidak langsung menyerang saraf dan melindungi Anda dari gigi ngilu.

2. Menyikat gigi dengan cara yang benar 

Jangan gunakan sikat gigi berbulu kasar karena dapat merusak lapisan enamel gigi dan memicu gigi ngilu. Sebaiknya gosok gigi secara perlahan dan gunakan sikat gigi berbulu halus agar lebih aman. 

3. Hindari makanan dan minuman yang memicu gigi ngilu 

Makanan dan minuman yang terlalu panas bisa memicu terjadinya gigi ngilu sehingga harus dihindari. Begitu juga dengan makanan asam karena memberikan efek serupa.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

4. Menggunakan pelindung di dalam mulut 

Kebiasaan menggertakan gigi saat tidur bisa diatasi dengan menggunakan pelindung di dalam mulut. Tapi sebelum melakukan tindakan ini, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter gigi. 

5. Menghindari bleaching 

Bleaching atau pemutihan gigi bisa membuat lapisan gigi semakin tipis. 

Baca Selengkapnya: Efek Samping Memutihkan Gigi dengan Bleaching

6. Tidak berlebihan dalam menggunakan obat kumur 

Obat kumur memiliki banyak kandungan alkohol dan juga bahan kimia yang membuat gigi semakin sensitif. Batasi atau bahkan hindari menggunakan obat kumur bila tidak diperlukan.

7. Coba obat gigi ngilu alami

Beberapa bahan alami seperti teh hijau dan air madu hangat adalah dua obat gigi ngilu yang bisa Anda coba. Bahan-bahan alami tersebut dapat membantu mengatasi rasa ngilu yang Anda rasakan. 

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Meredakan Gigi Ngilu yang Menyiksa

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Perawatan medis untuk mengatasi gigi ngilu

Kalau sudah melakukan perawatan di rumah tapi gigi Anda masih terasa ngilu, maka itu artinya Anda harus pergi ke dokter untuk melakukan perawatan secara medis. Berikut ini adalah alat dan bahan obat medis yang dibutuhkan untuk mengobati gigi ngilu, antara lain:

1. Obat pereda nyeri

Ada beberapa jenis obat yang bisa digunakan untuk meredakan gigi ngilu, misalnya saja paracetamol atau gel benzocaine di daerah gusi. Akan tetapi, obat ini hanya boleh digunakan oleh orang dewasa dan anak di atas usia 2 tahun.

Obat pereda nyeri ini juga tidak boleh digunakan dalam jangka panjang, karena bisa menimbulkan efek samping tertentu. Tanyakan lebih lanjut pada dokter mengenai dosis obat pereda nyeri yang sesuai dengan kondisi gigi ngilu Anda.

Baca Selengkapnya: Obat Sakit Gigi yang Terbukti Paling Manjur, Alami, dan Medis

2. Tindakan medis

Dokter bisa menyarankan tindakan medis apabila gigi ngilu yang Anda alami sudah dalam tahap kronis. Beberapa tindakan medis yang mungkin saja dilakukan oleh dokter adalah membedah perawatan saluran akar gigi (root canal treatment) atau melakukan cangkok gusi. 

Obat gigi ngilu bukanlah satu-satunya obat yang bisa selalu Anda minum apabila mengalami gangguan gigi. Anda juga harus tetap rutin merawat gigi dan mengubah kebiasaan buruk supaya gigi tetap sehat. Pastikan untuk rutin periksa gigi ke dokter gigi guna mencegah atau mengobati gigi ngilu yang tak kunjung hilang.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit