Kesehatan Mulut dan Gigi

Gigi Ngilu - Penyebab, Gejala, & Pengobatan

Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 3 menit
Gigi Ngilu - Penyebab, Gejala, & Pengobatan

Memiliki gigi sensitif memang bukan hal yang menyenangkan. Anda akan merasa terganggu ketika mengonsumsi makanan dan minuman favorit, karena rasa ngilu datang tiba-tiba. 

Tidak hanya itu, Anda juga pasti tidak bisa menikmati momen dengan orang-orang terdekat, makaana lezat dan minuman yang menyegarkan tidak bisa Anda cicipi bersama keluarga. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Gigi ngilu membuat Anda merasa tidak nyaman di berbagai aktivitas. 

Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengetahui beberapa makanan dan minuman penyebab gigi ngilu sehingga bisa dengan mudah dihindari ketika Anda sedang berada dalam perayaan keluarga atau kantor. 

Jangan sampai gigi ngilu membuat Anda tidak bisa menikmati momen dengan baik. Apa saja makanan dan minuman penyebab gigi ngilu? Simak informasinya di bawah ini! 

Soda 

Siapa yang tidak menyukai minuman bersoda? Banyak orang yang menyuka soda dan hampir dalam setiap perayaan minuman ini pasti tersedia dalam jumlah yang banyak. 

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata minuman favorit banyak orang ini menjadi penyebab gigi ngilu? Dikutip dari Everyday Health, minuman bersoda atau soft drink merupakan salah satu minuman yang menjadi penyebab gigi ngilu pada orang yang memiliki gigi sensitif. 

Dua bahan utama soda, yaitu gula dan asam merangsang ngilu di saraf gigi. Itulah mengapa minuman bersoda dapat menjadi penyebab gigi Anda terasa ngilu. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Es krim dan kue-kue manis 

Es krim menjadi pilihan utama ketika berada dibawah terik matahari. Tidak heran jika banyak orang yang memilih es krim untuk memuaskan dahaga saat cuaca panas menyerang. 

Tetapi, bagi pemilik gigi sensitif, suhu dingin pada es krim justru akan merangsang terjadinya rasa ngilu pada gigi. Hal ini terjadi karena pemilik gigi sensitif tidak mempunyai lapisan enamel yang berperan untuk melindungi gigi dengan baik. 

Tidak adanya enamel pada yang melindungi gigi, maka gigi Anda rentan mengalami ngilu ketika terkena suhu es krim. 

Selain suhu dingin yang dimiliki, kandungan gula yang tinggi dalam es krim juga menjadi pemicu terjadinya gigi sensitif. 

Hal ini sama dengan kue-kue manis yang Anda konsumsi. Kue-kue dengan kandungan gula yang tinggi membuat gigi Anda lebih mudah terasa ngilu. 

Minuman dan makanan hangat 

Seringkali orang mendengar bahwa penyebab gigi ngilu hanyalah makanan atau minuman yang bersuhu dingin. Tetapi, makanan dan minuman dengan suhu yang panas juga menjadi penyebab gigi ngilu. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Padahal kegiatan minum teh atau kopi hangat merupakan kegiatan favorit setiap orang. 

Meskipun menyenangkan, minum kopi atau teh hangat pemilik gigi sensitif merupakan hal yang cukup menyakitkan. Terlebih lagi jika terbiasa minum kopi atau gula yang menggunakan gula. 

Maka gigi akan terasa semakin ngilu karena gula dapat memicu gigi menjadi lebih sensitif dari sebelumnya. 

Buah-buahan asam 

Buah-buahan yang asam memamng terlihat menggiurkan, akan tetapi ketika sampai dimulut pemilik gigi sensitif, maka buah tersebut akan menjadi pemicu rasa ngilu pada gigi. 

Buah-buahan seperti jeruk, nanas, limau, dan tomat akan membuat gigi Anda menjadi lebih sensitif. 

Sebuah organisasi dokter gigi, Academy of General Dentistry, mengemukakan bahwa buah-buahan yang bersifat asam dapat menghilangkan lapisan enamel gigi sehingga gigi menjadi ngilu ketika terkena kandungan asam. 

Oleh karena itu, jika ingin mengonsumsi buah yang asam, gigi harus diberi perlindungan yang lebih. 

Tidak hanya dalam bentuk buah, makanan lain yang bersifat asam seperti saus tomat juga terkadang dapat menyebabkan gigi ngilu karena tingkat keasamannya masih tersisa. 

Permen 

Permen yang keras sepert lolipop, permen mint, atau permen dengan tekstur yang lengket, dan mengandung gula yang tinggi akan menyebabkan gigi Anda terasa ngilu. 

Permen bertekstur lengket seperti permen karet juga dapat menempel pada gigi Anda sehingga dapat menstimulasi saraf pada lapisan gigi Anda dan menyebabkan rasa ngilu. 

Es batu 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa es batu merupakan salah satu penyebab rasa ngilu bagi para pemilik gigi sensitif. 

Tidak hanya suhunya yang dingin, bentuk es batu yang keras juga akan membuat masalah pada gigi sensitif menjadi semakin buruk karena dapt merusak lapisan gigi. Hal inilah yang menyebabkan rasa ngilu pada gigi muncul. 

Cara mengatasi gigi ngilu 

Dengan mengubah pola makan dan minum, Anda dapat mengatasi rasa ngilu yang terjadi. Kurangi mengonsumsi makanan dan minuman yang menjadi penyebab gigi ngilu diatas. 

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut sehingga bakteri tidak dapat berkembang dan merusak gigi Anda. 

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What Can You Do About Sensitive Teeth? (https://www.webmd.com/oral-health/guide/tooth-sensitivity#1)
Top 9 Foods That Damage Your Teeth - American Dental Association (https://www.mouthhealthy.org/en/nutrition/food-tips/9-foods-that-damage-your-teeth)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app