Kesehatan Mulut dan Gigi

5 Kunci Penting Mengatasi Gigi Ngilu dan Sensitif

Dipublish tanggal: Okt 28, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Nov 9, 2019 Waktu baca: 3 menit
5 Kunci Penting Mengatasi Gigi Ngilu dan Sensitif

Pernahkah gigi Anda terasa ngilu saat sedang memakan sesuatu? Kalau hal ini sering terjadi pada Anda saat sedang meminum minuman terlalu dingin, terlalu panas, atau terlalu asam, itu tandanya Anda terkena gigi sensitif. Masalah ini tentu membuat Anda jadi susah makan dan tidak nyaman. Lantas, bagaimana cara mengatasi gigi ngilu dengan cepat? Berikut ulasan lengkapnya.

Cara mengatasi gigi ngilu dan sensitif

Gigi ngilu alias sensitif umumnya disebabkan karena lapisan email gigi yang menipis dari waktu ke waktu. Email gigi adalah lapisan yang memiliki tugas untuk melindungi gigi.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Ada beberapa hal yang bisa memicu menipisnya email gigi, misalnya saja menggunakan sikat gigi yang tidak lembut atau terlalu keras saat menyikat gigi. Menggertakkan gigi saat sedang tidur juga bisa menjadi pemicu dari menipisnya email.

Karena rasanya tidak nyaman dan bikin susah makan, Anda tentu harus bergerak cepat untuk mengatasinya. Nah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan apabila serangan gigi ngilu muncul secara tiba-tiba. Berikut ini adalah cara untuk mengatasi gigi ngilu dan sensitif, antara lain:

1. Gunakan pasta gigi khusus

Jika Anda sudah mulai sering mengalami gigi ngilu, itu tandanya gigi Anda membutuhkan formula khusus untuk bisa membantu menguatkan lapisan email dalam melindungi gigi. Ini artinya, Anda tidak boleh memakai pasta gigi biasa.

Gunakanlah pasta gigi khusus untuk gigi sensitif saat akan menyikat gigi. Kandungan yang dimiliki oleh pasta gigi khusus ini tentunya berbeda dengan jenis pasta gigi yang biasanya.

Pasta gigi khusus gigi sensitif mengandung potassium nitrate, isopropyl, methylphenol,dan aluminum laktat. Kombinasi dari bahan-bahan tersebut dikatakan mampu mencegah kerusakan gusi sekaligus meredam rasa sakit akibat gigi ngilu.

Baca Selengkapnya: Pemilik Gigi Sensitif Sebaiknya Gunakan Pasta Gigi Khusus Gigi Sensitif

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

2. Gunakan sikat gigi yang tidak kasar

Penting sekali untuk memilih sikat gigi yang berbulu lembut agar tidak merusak lapisan email gigi. Wajarnya, Anda harus mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali.

Hal ini bertujuan untuk mencegah penumpukan kotoran di dalam sikat gigi. Pilihlah sikat gigi yang dikhususkan untuk gigi ngilu agar rasa sakit yang Anda alami ini tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Baca Juga: Sikat Gigi Elektrik vs Sikat Gigi Manual, Mana yang Lebih Baik?

3. Menghindari makanan atau minuman yang terlalu asam

Minuman atau makanan yang asam cukup berbahaya untuk gigi. Apa saja contoh makanan dan minuman yang asam? Contohnya adalah minuman bersoda, minuman beralkohol, buah yang asam seperti lemon, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Makanan dan minuman asam dapat mengikis lapisan email gigi yang melindungi gigi. Akibatnya, gigi Anda jadi semakin ngilu tiap kali mengonsumsi makanan atau minuman tersebut.

4. Menghindari penyebab gigi ngilu

Tidak hanya dari segi makanan dan minuman, gigi ngilu ini juga bisa disebabkan oleh berbagai macam hal lainnya. Salah satunya kebiasaan menyobek plastik dengan gigi.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Anda pasti sering melakukan hal ini ketika dalam keadaan darurat, misalnya karena tidak ada gunting untuk membuka kemasan atau plastik. Bagi Anda pemilik gigi ngilu dan sensitif, maka sebaiknya segera hindari kebiasaan tersebut.

Mengunyah es batu juga merupakan kebiasaan buruk yang sebaiknya dihindari. Pasalnya, gigi akan dipaksa untuk memakan benda yang terlalu dingin, sehingga lambat laun email gigi akan terkikis. Daripada mengobati gigi yang ngilu, tentunya lebih baik untuk menghindari penyebabnya, bukan?

5. Tidak memakan makanan terlalu panas atau terlalu dingin

Tips atau cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gigi ngilu adalah menghindari konsumsi makanan atau minuman terlalu panas atau terlalu dingin. Tunggulah makanan tersebut hingga setidaknya suhunya normal.

Jika Anda sudah melakukan cara-cara mengatasi gigi ngilu di atas tapi rasanya tetap tidak berkurang, segera konsultasikan ke dokter gigi. Biasanya, dokter gigi akan menyarankan Anda untuk mengoleskan fluoride ke gigi.

Tujuan pengolesan fluoride ini adalah untuk mengurangi rasa sakit dan ngilu pada gigi. Untuk penanganan yang lebih lanjut, Anda akan disarankan untuk melakukan pembedahan gusi.Pembedahan gusi ditujukan untuk menutupi akar gigi sekaligus melindungi gigi yang masih sehat.

Bagi Anda yang suka makan makanan manis atau terlalu asam, maka jangan lupa untuk segera menyikat gigi setealh makan. Dengan tetap membiarkan gigi dalam keadaan bersih, kemungkinan untuk merasakan gigi ngilu juga akan semakin berkurang. Rutinlah untuk melakukan pemeriksaan atau perawatan ke dokter gigi untuk mengatasi gigi ngilu dan sensitif yang menyiksa.

Baca Selengkapnya: 13 Penyebab Gigi Ngilu yang Mungkin Tak Terduga Sebelumnya

17 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
WebMD (2016). What Can You Do About Sensitive Teeth? (https://www.webmd.com/oral-health/guide/tooth-sensitivity)
WebMD. Drugs Medication. Sodium Fluoride-Pot Nitrate Paste. (https://www.webmd.com/drugs/2/drug-144318/sodium-fluoride-potassium-nitrate-dental/details)
Mouth Healthy by the American Dental Association. Sensitive Teeth. (https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/s/sensitive-teeth)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app