Mengobati Bau Mulut Tidak Sedap

Dipublish tanggal: Agu 31, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 30, 2020 Waktu baca: 2 menit
Mengobati Bau Mulut Tidak Sedap

Tidak ada yang ingin mendengarnya, namun lebih buruk lagi jika Anda tidak menyadari jika Anda memiliki bau mulut tidak sedap. Bau mulut tidak sedap yang juga disebut halitosis atau malodor dapat menjadi hal yang memalukan dan mengganggu orang-orang di sekitar Anda. 

Syukurnya masalah ini mudah untuk ditangani. Beberapa hal yang membantu yaitu kebersihan oral yang baik, kunjungan rutin ke dokter gigi dan menghindari kondisi dasar atau faktor lain misalnya obat-obatan, pola makan dan makanan yang dapat membuat nafas Anda kurang menyenangkan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Apakah Anda memiliki bau mulut tidak sedap?

Bau mulut tidak sedap sering disebabkan oleh berkembangnya bakteri di dalam mulut Anda dan menyebabkan peradangan dan menghasilkan bau seperti sulfur atau lebih buruk lagi. 

Setiap orang memiliki bau mulut pada suatu waktu misalnya saat bangun tidur di pagi hari.

Apa Anda tidak yakin dengan bau mulut Anda? Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan bertanya pada teman yang Anda percaya. 

Terdapat cara lain untuk mengetahuinya namun hal ini cukup jorok untuk dilakukan. Caranya yaitu lihat dan bau benang gigi yang baru saja Anda gunakan. Jika benang tersebut memiliki bau kurang sedap atau terdapat bercak darah kemungkinan terdapat bau kurang sedap pada mulut Anda kata Woodall.

Penyebab Bau Mulut

Tidak terdapat statistik berapa persen populasi yang memiliki bau mulut tidak sedap. Hal ini karena penelitian biasanya bergantung pada laporan seseorang apakah mereka pikir mereka memiliki bau mulut tidak sedap atau tidak. Hal ini mengakibatkan hasil yang kurang akurat.

Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 80 persen bau mulut disebabkan oleh masalah di dalam mulut. Singkatnya gigi berlubang atau masalah gusi dapat menyebabkan bau mulut. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Sama halnya dengan batu amandel yang terdapat sisa makanan, gigi berlubang dan gigi palsu yang kurang bersih. 

Beberapa kondisi medis internal juga dapat menyebabkan nafas Anda menurun dengan cepat. Beberapa kondisi medis tersebut yaitu diabetes, penyakit liver, infeksi saluran pernapasan dan bronkitis kronis

Anda mungkin ingin ke dokter gigi untuk mengatasi hal-hal seperti reflukss asam lambung, postnasal drip dan penyebab lain dari mulut kering kronis atau xeristomia. 

Woodall menceritakan tentang pasien berumur 30 tahun yang memiliki bau mulut tidak sedan kronis meskipun giginya terjaga kebersihannya dan lidahnya juga bersih. 

Dokter kemudian memeriksa refluks asam dan kondisi perut lainnya. Dokter kemudian memberinya obat dan bau mulut tidak sedap menghilang.

Perawatan Bau Mulut

Ingin mengakhiri penyebab medis dari bau mulut Anda? Taat jadwal dengan pemeriksaan gigi ke dokter gigi. Disarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter gigi setiap enam bulan atau setidaknya satu tahun sekali. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Kebersihan mulut yang baik juga merupakan kunci untuk melawan bau mulut tidak sedap. Idealnya, Anda sebaiknya membersihkan dan menyikat gigi setelah makan untuk membantu mengurangi penyebab bakteri dalam mulut Anda. 

Frangella merekomendasikan Anda untuk menggunakan sikat gigi elektrik karena dua alasan yaitu karena sikat gigi elektrik memiliki penanda waktu dan kebanyakan orang tidak menggosok gigi sesuai dengan lama waktu yang direkomendasikan. 

Alasan kedua yaitu karena sikat gigi elektrik mendistribusikan gerakan yang seragam yang mana dapat menghilangkan plak lebih efisien daripada ketika Anda menggunakan sikat gigi manual. 

Beberapa cairan pembersih mulut dapat membantu mencegah gigi berlubang dan mengurangi plak penyebab bakteri dan melawan bau mulut tidak sedap. 

Gunakan cairan antiseptik atau antibakterial yang membunuh bakteri daripada cairan kosmetik yang hanya berfokus pada menyegarkan bau mulut.

30 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Bollen CML, et al. Halitosis: The multidisciplinary approach. International Journal of Oral Science. 2012;4:55.
Tongue scrapers only slightly reduce bad breath. Academy of General Dentistry. http://www.knowyourteeth.com/infobites/abc/article/?abc=t&iid=306&aid=3192.
Diagnosing and treating bad breath. Dental Abstracts. 2014;59:203.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app