7 Penyebab Langit-Langit Mulut Bengkak dan Cara Mengatasinya

Dipublish tanggal: Jun 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 2, 2019 Waktu baca: 3 menit
7 Penyebab Langit-Langit Mulut Bengkak dan Cara Mengatasinya

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Langit-langit mulut yang berfungsi sebagai pembatas antara rongga mulut dan hidung ini terdiri dari dua jenis lempeng, yaitu lempeng keras di bagian depan dan lempeng lunak di belakang
  • Tak hanya lidah atau gusi, tetapi langit-langit mulut juga bisa mengalami pembengkakan dan nyeri dan menjadi pertanda penyakit serius. Untuk itu, coba jelaskan mengenai gejala yang dialami melalui layanan tanya dokter kami
  • Beberapa penyebab langit-langit mulut bengkak dan sakit antara lain sariawan, mengonsumsi makanan atau minuman yang masih panas, dehidrasi, cedera atau trauma, mucoceles (kista pada bagian mukosa mulut), papilloma skuamosa, atau penyakit lainnya

Langit-langit mulut terdiri dari dua jenis lempeng, yaitu lempeng keras di bagian depan dan lempeng lunak di belakang. Bagian mulut yang satu ini berfungsi sebagai pembatas antara rongga mulut dan hidung.

Tak hanya lidah maupun gusi saja, langit-langit mulut juga bisa bengkak dan terasa nyeri karena berbagai hal. Meski terkadang disebabkan oleh hal sepele dan sering tak disadari, langit-langit mulut bengkak juga bisa jadi pertanda serius.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Penyebab langit-langit mulut bengkak dan sakit

Mengalami langit-langit bengkak biasanya bikin penderitanya jadi tidak nafsu makan. Jangankan untuk makan, hanya sekadar menelan atau berbicara saja kadang juga terasa sakit. 

Sebelum mulai mencari pengobatan, Anda tentu harus tahu dulu alasan dibalik masalah ini. Berikut sejumlah kemungkinan penyebab langit-langit mulut bengkak, di antaranya:

1. Sariawan

Sariawan biasanya muncul di bagian gusi, bagian dalam pipi, atau di lidah. Namun pada beberapa kasus, sariawan juga bisa muncul di langit-langit mulut.

Langit-langit mulut bengkak akibat sariawan cenderung sama seperti sariawan yang tumbuh di bagian mulut lainnya. Bentuknya bulat, luka terbuka, berwarna putih, kekuningan, atau merah muda.

Solusi:

Penyebab langit-langit bengkak karena sariawan dapat diobati dengan obat sariawan yang dijual di pasaran. Selalu ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan supaya hasilnya maksimal.

Baca Selengkapnya: 9 Pilihan Obat Sariawan Ampuh, Selain Albothyl

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

2. Salah makan

Coba ingat-ingat lagi, apakah belakangan ini Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang panas? Jika iya, bisa jadi inilah penyebab langit-langit mulut bengkak yang Anda alami.

Makan makanan yang suhunya panas dapat membakar kulit halus pada lempeng keras di langit-langit mulut. Lapisan kulit tersebut akan melepuh dan memicu pembengkakan.

Solusi:

Jangan terburu-buru mengonsumsi makanan atau minuman yang masih panas. Sebaiknya tunggu dulu sampai sedikit lebih hangat, barulah boleh dimakan. 

3. Dehidrasi

Dehidrasi bukan cuma menyebabkan haus, tapi ternyata juga bisa membuat langit-langit mulut bengkak. Hal ini dikarenakan dehidrasi dapat menyebabkan mulut kering yang bila dibiarkan bisa mengakibatkan pembengkakan.

Selain karena kurang minum, dehidrasi dan mulut kering juga bisa disebabkan oleh:

  • Terlalu banyak minum alkohol
  • Sering keringatan, terutama saat cuaca panas atau setelah berolahraga
  • Efek samping obat-obatan tertentu
  • Penyakit tertentu

Baca Juga: Tanda-Tanda Dehidrasi yang Harus Anda Waspadai

Iklan dari HonestDocs
Beli SP Troches Melon via Pengiriman Obat HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Screen shot 2019 04 10 at 17.23.43

4. Cedera atau trauma

Bagian dalam mulut adalah area yang sensitif karena dipenuhi oleh jaringan-jaringan tipis dan lunak. Ketika jaringan tersebut terluka, maka hal ini dapat memicu pertumbuhan jaringan parut dan membengkak.

Pada kasus langit-langit mulut bengkak, cedera atau traumanya bisa berasal dari:

  • Konsumsi makanan yang permukaannya tajam, misalnya keripik, permen, buah atau sayur yang keras.
  • Menggaruk langit-langit mulut terlalu keras
  • Iritasi dari gigi palsu
  • Luka akibat prosedur perawatan gigi

Solusi:

Langit-langit mulut bengkak sebetulnya bisa sembuh dengan sendirinya. Jika rasanya tetap tidak nyaman, cobalah kumur-kumur dengan air garam secara rutin untuk mengurangi nyeri dan bengkak.

Baca Selengkapnya: Keampuhan Air Garam untuk Menyembuhkan Gusi Bengkak

5. Mucoceles

Penyebab langit-langit mulut bengkak juga bisa karena mucoceles. Mucoceles adalah sejenis kista yang terbentuk pada bagian mukosa mulut akibat iritasi atau peradangan kelenjar ludah.

Kalau diperhatikan, mucoceles terlihat seperti kelenjar yang dipenuhi cairan atau lendir di dalamnya. Itulah kenapa, kondisi ini menyebabkan langit-langit mulut jadi nyeri dan bengkak.

Solusi:

Jika langit-langit mulut Anda bengkak karena mucoceles, ini sebetulnya tidak membutuhkan perawatan khusus. Benjolan cairan tersebut biasanya akan pecah dan sembuh dengan sendirinya.

Namun bila benjolannya semakin besar atau sering kambuh, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

6. Papilloma skuamosa

Papilloma skuamosa adalah lesi non-kanker yang bisa tumbuh di bagian atas mulut, sehingga terlihat bengkak dan bergelombang seperti kembang kol. Lesi ini disebabkan oleh human papillomavirus (HPV).

Solusi:

Langit-langit mulut bengkak karena papilloma skuamosa biasanya tidak terasa sakit dan bahkan bisa hilang dengan sendirinya. Namun, tidak ada salahnya untuk segera periksa ke dokter guna mencegah pertumbuhannya makin parah.

7. Penyakit lain

Selain karena kebiasaan sehari-hari, masalah langit-langit mulut bengkak juga bisa jadi sinyal waspada. Hati-hati, penyebab langit-langit mulut bengkak juga bisa karena penyakit serius. 

Dalam kasus yang jarang terjadi, pembengkakan pada atap mulut termasuk salah satu gejala kanker mulut. Benjolan akibat kanker mulut biasanya berwarna putih, keabu-abuan, atau merah terang dan mudah berdarah.

Baca Juga: 16 Ciri-Ciri dan Gejala Kanker Mulut yang Harus Diwaspadai

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Why Is the Roof of Your Mouth Swollen? (https://www.healthline.com/health/roof-of-mouth-swollen)
Roof of mouth swollen: 6 causes (https://www.medicalnewstoday.com/articles/323028.php)
Bump on the roof of the mouth: 12 causes (https://www.medicalnewstoday.com/articles/323063.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app