Mengenai Penyakit Asam Urat, Pengobatan, dan Cara Mencegah

Dipublish tanggal: Jun 18, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 2 menit
Mengenai Penyakit Asam Urat, Pengobatan, dan Cara Mencegah

Orang yang memiliki kadar asam urat berlebih dalam tubuh dapat merasakan rasa nyeri pada beberapa sendi dikarenakan terbentuk kristal asam urat di dalamnya. Kadar asam urat bisa menjadi tinggi dikarenakan kemampuan ginjal yang berkurang untuk menyaring asam urat sehingga menumpuk dalam tubuh. 

Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya mengkonsumsi makanan tinggi zat purin.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Asam Urat via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 43

Purin merupakan zat pada makanan yang ketika diolah pada organ hati akan menghasilkan asam urat. Asam urat yang telah diproduksi oleh organ hati ini kemudian akan memasuki aliran darah sebelum kemudian disaring oleh ginjal untuk dikeluarkan dalam bentuk urine. 

Di bawah ini sudah dirangkum fakta terkait penyakit asam urat yang perlu anda ketahui.

Fakta Terkait Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat umumnya menyerang persendian pada lutut, pergelangan kaki, jari tangan dan jari kaki. Penyakit ini umumnya akan lebih mudah menyerang orang dewasa usia di atas 30 tahun.

Gejala Penyakit Asam Urat

Pasien penyakit asam urat umumnya akan mengalami gejala yang hampir sama, seperti berikut ini:

  1. Rasa sakit mendadak pada persendian tubuh
  2. Rasa sakit yang berlebihan hingga sulit untuk berjalan terutama di malam hari
  3. Rasa nyeri cepat berkembang hanya dalam tempo beberapa jam hingga nyeri terasa sangat hebat dan muncul pembengkakan. Nyeri pun terasa panas dan muncul warna kemerahan pada kulit sekitar sendi.
  4. Ketika rasa nyeri mereda dan bengkak yang muncul telah mengempis, dapat menimbulkan bercak bekas bengkak dalam bentuk kulit mengelupas, terasa gatal bahkan bersisik.

Kebanyakan penderita penyakit asam urat dengan kadar asam urat yang telah melebihi batas normal namun belum terlalu jauh akan disarankan untuk mengatur gaya hidup terutama dari makan-makanan dan diminta berolahraga. Sementara pada penderita yang sudah parah akan diresepkan obat oleh dokter untuk mencegah risiko kambuh kembali.

Pengobatan Penyakit Asam Urat

Pengobatan utama yang akan diberikan pada penderita asam urat adalah obat Pereda nyeri seperti anti-inflamasi untuk meringankan gejala serta obat untuk mencegah serangan kambuh kembali. Untuk pengobatan Pereda nyeri yang bisa anda lakukan sendiri di rumah adalah dengan menggunakan kantong es yang ditempelkan pada bagian yang sakit. 

Selain itu, ada juga bisa membeli obat di apotek untuk Pereda sakit seperti OAINS (obat anti inflamasi nonsteroid). Sementara obat untuk menurunkan kadar asam urat biasanya allopurinol yang dapat dibeli di apotek.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Faktor penyebab timbulnya asam urat berlebih dalam tubuh hingga membentuk kristal asam urat sangat beragam. Faktor-faktor penyebabnya seperti dirangkum di bawah ini:

  1. Mengkonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi sehingga dapat memicu obesitas maupun diabetes
  2. Mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar zat purin tinggi seperti daging merah, jeroan hewan berbagai seafood (makanan laut) dan berbagai makanan yang berasal dari hewani
  3. Memiliki riwayat anggota keluarga yang menderita penyakit asam urat, seperti orang tua maupun saudara kandung
  4. Mengkonsumsi minuman beralkohol
  5. Beberapa jenis obat-obatan seperti obat penghambat enzim, obat-obatan kemoterapi untuk penderita kanker, aspirin dan sislosporin dapat memicu penyakit asam urat.

Cara Mencegah Penyakit Asam Urat

  • Memperbanyak mengkonsumsi air putih sehingga meningkatkan kinerja ginjal dan mengeluarkan asam urat bersama urine
  • Minum kopi secukupnya saja
  • Mengkonsumsi buah-buahan yang kadar antioksidannya tinggi
  • Mengurangi konsumsi makanan dengan kadar zat purin tinggi.
  • Rajin olahraga
  • Diet makanan agar tubuh terhindar dari obesitas
  • Jangan mengkonsumsi minuman beralkohol

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Gout: Symptoms, Causes, Treatments. Cleveland Clinic. (Accessed via: https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/4755-gout)
Gout Attack Symptoms, Causes, Treatment and Diet. OnHealth. (Accessed via: https://www.onhealth.com/content/1/gout_arthritis_attack)
Gout and Pseudogout: Practice Essentials, Background, Pathophysiology. Medscape. (Accessed via: https://emedicine.medscape.com/article/329958-overview)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app