MCH: Definisi, Nilai normal, dan Kelainan

Dipublish tanggal: Feb 25, 2019 Update terakhir: Feb 24, 2022 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
MCH: Definisi, Nilai normal, dan Kelainan

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Mean Corpuscular Hemoglobin atau MCH adalah perkiraan jumlah atau berat rata-rata hemoglobin pada setiap sel darah merah dalam tubuh;
  • Kadar MCH normal pada orang dewasa adalah sekitar 26-33 pikogram (pg) per sel darah merah;
  • Penyebab MCH rendah bisa dikarenakan anemia defisiensi besi, penyakit celiac, operasi lambung, menstruasi berlebihan, hingga kekurangan vitamin B;
  • Gejala MCH rendah ditandai dengan sesak napas, hilang stamina, pusing, hingga mudah memar;
  • Penyebab MCH tinggi dikarenakan penyakit hati, hipertiroid, hingga komplikasi infeksi atau kanker;
  • Gejala MCH tinggi ditandai dengan kelelahan, kulit pucat, detak jantung meningkat, hingga kebingungan;
  • Dapatkan paket tes darah atau medical check up dengan promo menarik dan dokter berpengalaman melalui HDmall;
  • Gunakan fitur chat untuk berbicara dengan apoteker kami secara gratis seputar obat dan pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

Mean Corpuscular Hemoglobin atau MCH adalah perkiraan jumlah atau berat rata-rata hemoglobin pada setiap sel darah merah dalam tubuh. Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah (eritrosit) yang berfungsi mengantarkan oksigen ke sel dan jaringan di seluruh tubuh.

Meski sangat mirip, MCH berbeda dengan MCHC. MCH menunjukkan berat rata-rata hemoglobin yang ada di setiap sel darah merah, sedangkan MCHC menunjukkan berat rata-rata hemoglobin berdasarkan volume sel darah merah. Keduanya merupakan cerminan kesehatan hemoglobin dalam darah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Baca selengkapnya: MCHC: Definisi, Nilai normal, Fungsi, dan Kelainan

Kadar MCH dapat diketahui melalui pemeriksaan darah lengkap. Jenis tes ini memeriksa ketiga sel darah, yaitu eritrosit, leukosit, dan tombosit. Karena MCH adalah bagian dari eritrosit, maka hasil MCH sudah tercakup di dalamnya.

Dokter menganjurkan pemeriksaan darah lengkap untuk mengetahui berbagai masalah pada darah, seperti gangguan perdarahan, infeksi, dan anemia. Di samping itu, pemeriksaan tersebut juga berguna untuk memantau respon pengobatan.

Berapa kadar MCH normal?

Kadar MCH normal pada orang dewasa adalah sekitar 26-33 pikogram (pg) per sel darah merah. Perlu diketahui bahwa batas normal MCH dapat bervariasi, tergantung mesin yang digunakan di setiap laboratorium. Oleh sebab itu, perhatikan nilai rujukan pada kertas hasil tes darah Anda.

Tabel nilai normal MCH berdasarkan usia

<td width="215">Usia
<%70358314974780% width="96">MCH normal
<%70358314974380%>Dewasa

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20
26 – 34 pg
Bayi baru lahir 33 – 41 pg
Anak usia 1-5 tahun 23 – 31 pg
Anak usia 6-10 tahun 22 – 34 pg

* Pikogram berarti sepertriliun gram.

Dikatakan MCH rendah jika kadarnya di bawah 26 pg per sel darah merah dan dikatakan MCH tinggi jika kadarnya 34 pg per sel atau lebih.

Penyebab kadar MCH rendah

Hasil MCH rendah biasanya menunjukkan kondisi berbagai jenis anemia. Misalnya, anemia mikrositik yang terjadi saat sel darah merah terlalu kecil sehingga tidak mengandung jumlah hemoglobin normal. Penyebab utamanya adalah kekurangan zat gizi atau nutrisi dari makanan, terutama zat besi.

Di samping itu, beberapa kondisi medis juga bisa menyebabkan anemia, bahkan jika orang tersebut sudah mengonsumsi makanan seimbang dan sehat. Kondisi-kondisi yang menyebabkan MCH rendah di antaranya:

1. Anemia defisiensi besi

Jumlah zat besi dalam darah yang rendah juga dapat menyebabkan kadar MCH merosot. Tubuh menggunakan zat besi untuk membuat hemoglobin. Jika tubuh kehabisan zat besi, anemia defisiensi besi dapat menyebabkan kadar MCH rendah. Jenis anemia ini mungkin lebih umum terjadi pada vegetarian atau orang dengan asupan gizi buruk.

2. Penyakit celiac

Penyakit celiac atau seliaka menyebabkan tubuh kesulitan dalam menyerap zat besi. Akibatnya, kadar zat besi dalam tubuh lambat laun tidak mencukupi kebutuhan untuk membentuk sel-sel darah merah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

3. Operasi lambung

Orang-orang yang menjalani operasi lambung mungkin juga tidak dapat menyerap zat besi sesuai kebutuhan tubuh.

4. Menstruasi berlebihan

Wanita yang menstruasinya cenderung berlebihan rentan mengalami anemi karena mereka kehilangan lebih banyak zat besi dalam darah menstruasi daripada yang didapatkan dari makanan.

5. Kekurangan vitamin B

Kadar MCH rendah juga bisa muncul di tubuh saat kekurangan vitamin B. Orang yang tidak mendapatkan cukup vitamin B, seperti folat dan B12, mungkin menunjukkan konsentrasi MCH yang rendah. Karena kekurangan vitamin juga dapat menunjukkan kadar MCH yang tinggi, dokter biasanya menganjurkan pemeriksaan dan interpretasi laboratorium lebih lanjut untuk melakukan diagnosis definitif.

Gejala kadar MCH rendah

Pada sebagian orang, kadar MCH rendah tidak menimbulkan gejala apa pun. Namun, jika hal ini berlangsung lama atau turun terlalu rendah, gejala MCH rendah mulai bermunculan, seperti:

  • Sesak napas
  • Kehilangan stamina
  • Kelelahan yang konsisten
  • Pusing
  • Kelemahan dalam tubuh
  • Kulit pucat
  • Mudah memar

Jika Anda mengalami gejala MCH rendah seperti di atas, segera periksakan diri ke dokter.

Penyebab MCH tinggi

Kadar MCH tinggi biasanya merupakan tanda dari anemia makrositik. Kondisi ini terjadi ketika sel darah terlalu besar, umumnya disebabkan oleh kekurangan vitamin B12 atau asam folat dalam tubuh.

Penyebab kadar MCH tinggi bisa juga dikarenakan hal-hal berikut:

  • Penyakit hati
  • Kelenjar tiroid yang terlalu aktif
  • Minum alkohol berlebihan
  • Komplikasi kanker tertentu
  • Komplikasi infeksi
  • Mengonsumsi terlalu banyak obat yang mengandung estrogen

Gejala MCH tinggi

Sama seperti saat kadarnya rendah, nilai MCH tinggi pada awalnya tidak menunjukkan gejala. Namun, secara bertahap, gejalanya bisa bertambah buruk seiring berjalannya waktu.

Sejumlah gejala MCH tinggi meliputi:

Penderita anemia makrositik mungkin juga mengalami masalah pencernaan, misalnya tidak nafsu makan, berat badan turun, dan mengalami diare. Segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut

Pengobatan MCH abnormal

Pengobatan MCH tinggi maupun rendah bisa berbeda-beda pada setiap pasien. Hal ini dipengaruhi oleh tingkat keparahan gejala dan penyebabnya. 

Anda dapat mengatasi MCH tinggi dengan memperbanyak konsumsi makanan kaya vitamin B12 dan asam folat. Bila perlu, dokter akan merekomendasikan suplemen untuk membantu menjaga kadar zat gizi tersebut pada tubuh.

Di sisi lain, kadar MCH rendah umumnya terjadi akibat kekurangan zat besi yang menyebabkan anemia. Oleh sebab itu, dokter biasanya merekomendasikan pasien untuk memperbanyak asupan zat besi dan vitamin B6 ke makanannya. Mengonsumsi vitamin C dan serat, bersama dengan makanan yang mengandung zat besi, juga dapat membantu mempercepat pemulihan.

Pada intinya, setiap orang yang memiliki kadar MCH rendah atau tinggi harus selalu mendiskusikan rencana pengobatan dengan dokter sebelum mengkonsumsi suplemen atau melakukan perubahan drastis terhadap menu makanan sehari-hari.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Sarma PR. (1990). Chapter 152: Red cell indices. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK260/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app