Maqui Berry: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 19, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Maqui berry (Aristotelia chilensis) merupakan buah eksotis, berwarna ungu gelap yang tumbuh liar di Amerika Selatan.

Buah tersebut umumnya dipanen oleh orang Indian Mapuche asli Chili, yang telah menggunakan daun, batang, dan beri secara medis selama ribuan tahun.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Saat ini, maqui berry dipasarkan sebagai “superfruit” karena kandungan antioksidannya yang tinggi dan manfaat kesehatan potensial, termasuk mengurangi peradangan, kontrol gula darah, dan kesehatan jantung.

Mengenai Maqui Berry

Golongan

Suplemen herbal

Kemasan

Kapsul, buah kering, serbuk buah

Kandungan

Manfaat Maqui Berry

Beberapa orang menggunakan maqui berry untuk menurunkan berat badan, menangani penyakit diabetes, penyakit jantung, kelelahan, "detoksifikasi," dan untuk kesehatan.

Maqui berry dan jus buah tersebut mengandung bahan kimia yang bertindak sebagai antioksidan, yang dianggap melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Berikut beberapa manfaat lain dari Maqui Berry:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10
  • Membantu dalam memerangi suatu proses peradangan. Penelitian menunjukkan bahwa maqui berry memiliki potensi untuk memerangi kondisi yang terkait dengan peradangan, termasuk penyakit jantung, radang sendi, diabetes tipe 2 dan kondisi penyakit paru-paru tertentu.
  • Maqui berry dapat membantu menurunkan kadar gula darah secara alami.
  • Membantu menjaga kesehatan mata. Antioksidan seperti yang ditemukan dalam maqui berry dapat menawarkan perlindungan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh paparan cahaya.
  • Dapat meningkatkan kesehatan usus.
  • Memiliki efek anti-kanker, anti- penuaan dan membantu meringankan kekeringan pada mata.

Selain itu maqui berry mudah ditambahkan ke dalam diet Anda sehari-hari. Maqui berry segar mudah didapat jika Anda tinggal di atau mengunjungi Amerika Selatan, tempat buah tersebut tumbuh berlimpah di alam liar. 

Serbuk maqui berry adalah pilihan yang bagus karena sebagian besar terbuat dari maqui berry kering yang beku. Suatu penelitian menunjukkan bahwa maqui berry kering adalah metode pengeringan yang paling efektif, karena kondisi tersebut mempertahankan sebagian besar kandungan antioksidan.

Dosis Maqui Berry

Dosis maqui berry yang tepat tergantung pada beberapa faktor seperti usia, faktor kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pada saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis penggunaan maqui berry yang tepat. 

Perlu diingat bahwa produk herbal tidak selalu aman dan penggunaan dosis bisa menjadi sangat penting. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang tertera pada label produk dan konsultasikan dengan apoteker atau dokter atau profesional kesehatan lainnya sebelum menggunakan suplemen tersebut.

Ekstrak buah efektif pada 0,1 hingga 10 ppm sebagai antioksidan. Jus juga dapat digunakan pada 4 mL yang diencerkan hingga sekitar 160 hingga 200 mg / mL sebagai antioksidan yang efektif. 

Ekstrak aseton dari ekstrak buah menunjukkan pembersihan radikal pada 6,1 ppm. Ekstrak maqui berry standar (Delphinol) telah dipelajari pada 450 mg / hari untuk efek antioksidan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Efek samping Maqui Berry

Sampai saat ini masih tidak diketahui secara pasti efek samping dari penggunaan suplemen maqui berry. Sebelum mengkonsumsi maqui berry sebaiknya konsultasikan kembali ke dokter mengenai efek samping penggunaan buah atau suplemen tersebut.

Interaksi Maqui Berry dengan obat Lain

Sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti interaksi maqui berry dengan penggunaan obat-obatan lain.

Informasi penting mengenai Maqui Berry

Masih belum ada informasi yang cukup untuk mengetahui apakah maqui berry aman untuk dikonsumsi. Jika Anda sedang hamil atau menyusui, hal yang terbaik adalah menghindari penggunaan suplemen tersebut. 

Namun sebaiknya hindari penggunaan suplemen pada saat hamil atau menyusui jika tanpa anjuran dan saran dari dokter.

Toksikologi

Penelitian tentang antioksidan melaporkan toksisitas rendah dalam kandungan fenolik. Diasumsikan tidak ada efek toksik pada dosis aktif maqui berry.

Kesimpulan

Meskipun maqui berry segar mungkin sulit didapat kecuali Anda tinggal atau mengunjungi Amerika Selatan. Namun, bubuk maqui berry sudah tersedia secara online dan di toko-toko tertentu dan menjadikannya tambahan yang mudah untuk makanan Anda seperti smoothie buah, oatmeal, yogurt, makanan penutup, dan banyak lagi.

Sebelum Anda menggunakan suplemen maqui berry ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau apoteker mengenai manfaat dan efek samping penggunaan dari suplemen tersebut. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi dari penggunaan suplemen.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Benefits of Maqui Berry. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/the-benefits-of-maqui-89479)
Maqui Berry Uses, Benefits & Dosage Herbal Database. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/maqui-berry.html)
Bioavailability Study of Maqui Berry Extract in Healthy Subjects. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6267473/)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app