Makanan dan Diet Sehat

Beragam Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dipublish tanggal: Sep 6, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 3 menit
Beragam Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Minyak kelapa sudah sering digunakan untuk menggoreng, menumis, atau tambahan ke dalam berbagai masakan. Selain itu, jenis minyak ini ternyata diam-diam juga berguna untuk kesehatan dan kecantikan, terutama minyak kelapa yang dibuat dengan mengutamakan keasliannya. Sudah tahu apa saja manfaat minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan? Simak daftar khasiatnya pada ulasan berikut ini.

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan

Minyak kelapa yang bagus adalah yang masih murni atau disebut juga Virgin Coconut Oil (VCO), bukan minyak olahan. VCO diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa menambahkan bahan kimia dan tanpa suhu tinggi. Hal ini dilakukan agar kandungan alaminya, seperti senyawa fenolik, tidak rusak sehingga berpotensi menjadi antioksidan.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Berbagai manfaat minyak kelapa untuk kesehatan antara lain:

1. Bisa untuk diet

Anda bisa memanfaatkan VCO sebagai minyak untuk memasak atau dicampurkan pada makanan. Kandungan nutrisi dalam VCO diyakini mampu menstimulasi metabolisme. Jenis minyak ini juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga mengurangi kemungkinan kalap makan makanan berat atau camilan.

Selain itu, minyak kelapa tersusun dari asam lemak rantai sedang yang mudah masuk ke dalam sel-sel hati. Kelebihan ini membuat minyak kelapa bertindak sebagai lemak yang cepat diubah menjadi energi dalam tubuh. Hal inilah yang dapat membantu menurunkan berat badan sehingga cocok untuk Anda yang sedang diet.

Baca Juga: Manfaat Minyak Kelapa untuk Menghilangkan Stretch Marks

2. Baik untuk kesehatan jantung 

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan jantung dipengaruhi oleh kandungan polifenolnya. Polifenol merupakan senyawa antioksidan yang dapat mencegah aterosklerosis, yaitu pengerasan dinding pembuluh darah karena menumpuknya plak lemak pada dinding pembuluh darah. Alhasil, risiko penyakit jantung dapat berkurang. 

3. Melawan lemak jahat

Salah satu manfaat minyak kelapa yang diyakini baik untuk kesehatan adalah mampu mengurangi kolesterol total, lemak jahat (LDL), dan trigliserida. Pada waktu yang bersamaan, jenis minyak ini juga dapat meningkatkan kadar lemak baik (HDL). 

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Minyak kelapa diketahui dapat memelihara kesehatan jantung serta pembuluh darah. Namun, sejumlah penelitian memperlihatkan bahwa konsumsi minyak kelapa hanya meningkatkan kadar lemak baik, tapi tidak memberikan dampak signifikan untuk penurunan kolesterol total dan lemak jahat dalam darah. Karena itulah, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat minyak kelapa dalam melawan lemak jahat.

Baca Juga: Penggunaan Minyak Kelapa untuk Mengobati Wasir

4. Membantu mengatasi diabetes

Rantai asam lemak dalam minyak kelapa dipercaya bisa memperbaiki toleransi glukosa dalam tubuh. Pada kasus diabetes tipe 2, minyak kelapa juga diyakini mampu memperbaiki sensitivitas insulin. Tetapi sekali lagi, masih diperlukan penelitian yang lebih jauh.

Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan

Selain bagi kesehatan tubuh dari dalam, manfaat minyak kelapa ternyata juga bisa dirasakan bagi kulit, lho! Ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menjaga kecantikan lewat bahan-bahan alami dan mudah didapatkan.

Beragam khasiat dan manfaat minyak kelapa untuk kecantikan adalah:

1. Mengobati jerawat

Pengobatan jerawat ternyata tidak harus selalu memakai obat berbahan kimia, tapi Anda juga bisa mengandalkan minyak kelapa murni seperti VCO. Kandungan asam laurat pada minyak kelapa dipercaya efektif mengurangi peradangan serta melawan bakteri penyebab jerawat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Dengan begitu, asma laurat dalam minyak kelapa bisa menjadi alternatif sebagai antibiotik bagi wajah yang berjerawat. Yang tak kalah penting, Anda juga harus tetap menjaga kebersihan kulit dan perhatikan asupan gizi setiap hari agar jerawat tidak datang lagi. 

Baca Juga: 4 Makanan Penyebab Jerawat Ini Harus Dihindari Demi Kulit Cantik

2. Melembapkan kulit

Selain membantu membantu mengatasi jerawat, kanndungan asam laurat di dalam minyak kelapa juga baik digunakan sebagai pelembab. Manfaat ini tidak hanya bisa dirasakan untuk kulit yang sehat, tapi juga untuk penderita eksim dan psoriasis.

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri yang diyakini baik untuk melawan penyebaran bakteri pada penyakit kulit. Namun bagi Anda yang memiliki eksim atau psoriaris dan ingin mencoba manfaat minyak kelapa bagi kulit, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter agar lebih aman.

Begitu juga bagi Anda yang ingin merasakan khasiat minyak kelapa untuk mengobati penyakit tertentu, baiknya tanyakan dulu pada dokter. Dokter akan membantu menyesuaikannya dengan kondisi dan kebutuhan Anda agar tidak timbul efek samping yang mengganggu.

Baca Juga: Bisakah Minyak Kelapa Dijadikan Pelumas Seks?

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The health benefits of coconut oil. BBC Good Food. (Accessed via: https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/health-benefits-coconut-oil)
30 Coconut Oil Uses for Beauty: Unexpected Hair & Skin Benefits. Allure. (Accessed via: https://www.allure.com/story/beauty-uses-for-coconut-oil)
Wallace TC. Health Effects of Coconut Oil-A Narrative Review of Current Evidence. Journal of the American College of Nutrition 2019;38(2):97-107. National Center for Biotechnology Information. (Accessed via: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/30395784)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app