Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Perawatan Tubuh

14 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Tubuh

Dipublish tanggal: Sep 5, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Waktu baca: 4 menit

Sudah bukan rahasia lagi kalau minyak kelapa kaya manfaat bagi tubuh. Tapi, jenis yang dimaksud di sini tentunya minyak kelapa murni atau yang lebih dikenal dengan istilah VCO (Virgin Coconut Oil). 

Tak seperti minyak kelapa hasil olahan, VCO yang langsung diekstrak dari kopra atau daging kelapa segar tanpa tambahan zat kimia ataupun melalui pemanasan bersuhu tinggi. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Oleh sebab itulah, senyawa phenolic selaku antioksidan dalam VCO tetap ada. 

Diperkirakan 62% kandungan minyak kelapa murni terdiri dari asam lemak rantai sedang seperti laurat, kaprilat, serta kaprat. 

Sedangkan 91% lemak dalam VCO merupakan jenis lemak sehat. Komposisi lemak inilah yang membuat minyak kelapa dinobatkan sebagai salah satu sumber lemak tersehat oleh USDA

Tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak lebih dulu manfaat minyak kelapa bagi tubuh itu.  

1.Sumber energi instan yang baik untuk diet 

Memasak menggunakan VCO ternyata banyak manfaatnya. Begitu pula dengan minum 1 sdm minyak kelapa murni setiap hari. 

Di samping membantu metabolisme, kandungan minyak kelapa murni dalam makanan juga mampu menciptakan sensasi kenyang lebih lama sehingga Anda takkan makan berlebihan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Berguna untuk mengatasi infeksi jamur kulit dan kuku, yang disebabkan dermatofit, candida dan jamur. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Fungiderm cr 5g 1

Selain itu, kandungan asam lemak sehat dalam VCO juga lebih mudah diserap sel-sel hati, sehingga lebih cepat pula dibakar tubuh menjadi energi (keton). 

Kelebihan asam lemak VCO lainnya adalah tidak mudah berubah menjadi timbunan lemak. Fakta tersebut tentu merupakan berita gembira bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan

Meski begitu, VCO tetap bukanlah satu-satunya solusi diet. Anda tetap perlu mengimbanginya dengan pola makan dan gaya hidup sehat

2.Mencegah Penyakit Jantung dan Hipertensi

Kandungan polifenol dalam minyak kelapa terbukti mampu menghambat aterosklerosis (mengerasnya pembuluh darah karena timbunan plak lemak pada dindingnya). 

Lebih dari itu, lemak jenuh dari minyak kelapa tak hanya efektif meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), tapi juga membantu mengubah kolesterol jahat (LDL) menjadi baik. 

Meningkatnya kadar HDL dalam tubuh tersebut tentunya baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, minyak kelapa juga bisa menurunkan trigliserida

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Oleh sebab itu, ayo biasakan minum 1-2 sdm VCO setiap hari. Namun bagi yang sudah menderita gangguan jantung, sebaiknya konsultasi lebih dulu dengan dokter ya sebelum menggunakan VCO.

3.Antibiotik alami

Asam lemak dalam VCO merupakan antibiotik alami sehingga baik untuk membantu pengobatan infeksi saluran kencing maupun ginjal. 

Tak hanya itu, beberapa dokter bahkan menyuntikkan air kelapa guna memperlancar proses pengeluaran batu ginjal. Ada pula riset yang menyatakan minyak kelapa berguna untuk melindungi liver dari kerusakan. 

4.Menurunkan peradangan dan arthritis

Penelitian di India menemukan dibanding obat-obatan, antioksidan dalam VCO lebih efektif mengurangi radang sekaligus memperbaiki gejala arthritis. 

Sedangkan riset lainnya mengklaim minyak kelapa juga dapat menekan sel radang karena sifat analgesik serta antiradangnya. 

5.Mencegah dan merawat kanker

Adalah keton dan kandungan lemak dalam minyak kelapa yang berjasa dalam hal ini. Sel tumor ternyata tak bisa mengakses energi dari keton. Oleh sebab itu, diet keto turut dimasukkan dalam salah satu metode perawatan kanker.

Di sisi lain, lemak dalam minyak kelapa juga bisa membunuh Helicobacter pylori, bakteri penyebab kanker lambung. Hasil riset menunjukkan asam laurat dari VCO juga bersifat antikanker. 

6.Meningkatkan kekebalan tubuh

Asam laurat (monolaurin) terbukti mampu meminimalisir serangan jamur, bakteri, serta virus. Perlu diketahui, Candida merupakan salah satu penyebab gangguan lambung. 

Karenanya, minyak kelapa dinilai sanggup merawat sekaligus mencegah bisul lambung dan kolitis ulseratif. Bonusnya, jumlah bakteri baik di pencernaan jadi meningkat berkat coconut oil

Jadi ketika sakit, gunakan minyak kelapa sebagai sumber energi. Coconut oil lebih sehat dari gula yang justru membuat bakteri jahat berkembang. 

7.Memperbaiki toleransi glukosa

Lagi-lagi muatan asam lemak rantai sedang dari VCO yang berjasa dalam hal ini. Tak hanya memperbaiki toleransi glukosa, minyak kelapa juga bisa meningkatkan sensitivitas insulin pada tubuh penderita diabetes tipe 2

8.Baik untuk penderita Alzheimer

Selain merupakan sumber energi bagi otak, keton dari VCO jugalah yang membantu perbaikan fungsi otak. Perlu diketahui bahwa otak penderita Alzheimer rata-rata sudah kehilangan kemampuan menghasilkan insulinnya sendiri. 

Padahal insulin tersebut penting untuk mencerna glukosa sekaligus merupakan sumber energi bagi sel otak. Kerusakan fungsi inilah yang kemudian diperbaiki keton. 

9.Menurunkan gejala penyakit kantong empedu dan pankreas

Menariknya, asam lemak dari VCO tidak membutuhkan enzim dari pankreas agar dapat dicerna. Hal ini tentu saja meringankan beban pankreas. 

Selain itu, makanan super yang mudah dicerna ini juga dapat meminimalisir gejala penyakit kantong empedu.  

10.Mencegah penyakit gusi dan gigi

Rutinlah berkumur menggunakan minyak kelapa supaya bakteri penyebab penyakit gusi dan gigi hilang dari mulut. Lakukan 3 kali seminggu selama 20 menit per hari. 

11.Mencegah osteoporosis

Stres oksidatif dan radikal bebas yang merupakan penyebab utama osteoporosis juga bisa ditangkis oleh antioksidan dari VCO. 

Selain itu, minyak kelapa ternyata dapat membantu penyerapan kalsium. Riset menunjukkan minyak ini tak hanya dapat meningkatkan volume tulang namun juga mencegah osteoporosis. 

12.Menyeimbangkan hormon

Hasil studi menunjukkan asam lemak dalam VCO baik dikonsumsi selama menopause karena berdampak positif pada kadar estrogen dalam tubuh. 

13.Obat jerawat alami

Daripada membuang banyak uang untuk membeli obat jerawat di toko, mengapa tidak memakai yang alami saja, seperti VCO misalnya?! 

Nyatanya, kandungan asam laurat dari VCO mampu mengurangi radang sekaligus melawan bakteri penyebab jerawat

14.Mengatasi masalah kulit

Manfaat minyak kelapa yang terakhir adalah dapat dipakai sebagai pembersih wajah, pelembab, serta sunscreen alami. 

Selain itu, kandungan asam lemak, antijamur, antioksidan, dan antimikroba dari VCO juga bisa mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti: 


9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Health Effects of Coconut Oil-A Narrative Review of Current Evidence. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/30395784)
Coconut Oil Uses and Your Health. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/features/coconut-oil-and-health#1)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit