Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Perawatan Tubuh

Menghaluskan Kulit Siku dan Lutut

Update terakhir: DEC 12, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.972.748 orang

Menghaluskan Kulit Siku dan Lutut

Kulit manusia secara alami menebal di area-area yang banyak mengalami gesekan dan tekanan, tidak peduli seberapa halusnya kulit di area tubuh lainnya. Jika Anda sering bertumpu pada siku Anda atau sering harus berlutut, tidak heran jika kulit siku dan lutut Anda akan menebal, menjadi kasar dan berubah warna menjadi lebih gelap dari kulit di area tubuh lainnya. 

Beberapa wanita mungkin menyadari hal ini namun tidak mempermasalahkannya, namun bagi Anda yang ingin memiliki kulit yang warna dan kehalusannya merata, siku dan lutut yang kasar dengan warna yang lebih gelap akan menjadi masalah tersendiri. Mengingat area siku dan lutut adalah area yang tidak dicapai oleh kelenjar minyak, tidak heran area ini sangat mudah menjadi kering dan hitam. Penyebab lainnya, area ini seringkali luput dari perawatan sehingga tidak ada lapisan pelindung dari produk perawatan kulit yang cukup untuk menjaga kelembapannya. Akumulasi kulit mati pada area siku dan lutut yang jarang dibersihkan juga dapat membuat area ini lebih kasar dari area-area kulit lainnya. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jika memang area kulit pada siku dan lutut Anda sudah terlampau kasar dengan warna yang sangat menyolok bedanya, maka ada beberapa tips rumahan yang bisa Anda praktikkan demi hasil kulit siku dan lutut yang halus dan bersih.

1.Scrub gula
Produk kecantikan berupa scrub yang banyak dijual dan dapat langsung dikenakan dapat Anda kreasikan sendiri dengan bantuan gula. Scrub gula dapat membantu mengupas sel-sel kulit mati dan membantu sel kulit baru di bawahnya untuk terbentuk dan membuat kulit lebih lembut dan tampak muda. Untuk membuatnya, campurkan sesendok makan penuh madu dan gula, lalu gosokkan pada lutut dan siku dalam gerak melingkar. Tekstur gula yang kasar akan membantu mengeksfoliasi kulit, lalu bilas dengan air. Lakukan secara rutin beberapa kali dalam seminggu untuk hasil maksimal. 

2.Menggunakan sari lemon atau hasil jus kentang
Baik kentang maupun buah lemon sama-sama memiliki komponen pemutih alami. Anda dapat memilih lemon dan membaginya menjadi dua bagian, lalu gosokkan satu bagian pada kedua siku dan bagian sisanya pada kedua lutut. Pilihan lainnya, iris kentang dan lakukan hal yang sama seperti dengan lemon. Tindakan ini dapat membantu membuat area siku dan lutut tampak lebih cerah. Tambahkan madu sebagai bantuan pelembab kulit di area-area ini.

3.Pijat menggunakan minyak
Minyak dapat meresap ke dalam kulit dan membantu melembapkan kulit secara alami hingga ke lapisan terdalam. Adanya kondisi siku dan lutut yang tidak memiliki kelenjar minyak dapat diganti dengan minyak zaitun, minyak almond atau minyak kelapa. Minyak-minyak nabati ini dapat membantu membuat kulit di area siku maupun lutut tampak lebih bercahaya.


4.Memakai batu kali
Batu kali atau loofah dapat digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di area-area sikut dan lutut ini. Saat mandi, gosokkan batu kali secara perlahan untuk membantu proses eksfoliasi kulit, dan lakukanlah sesekali saja, jangan tiap hari. Gerakkan batu kali dalam gerakan melingkar.


5.Cara lama yang tetap bekerja; memakai pelembap kulit
Selalu oleskap pelembap, terutama pada siku dan lutut untuk menjaga kelembapan area ini. Selain menggunakan berbagai bahan alami ini, menggunakan pelembap pada kulit juga harus terus dilakukan untuk perlindungan maksimal pada kulit.


Ditinjau oleh: dr. Deffy Laksani Anggar Sari

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit