Makanan dan Diet Sehat

12 Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Apr 7, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
12 Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Buah naga memiliki kulit berwarna merah yang menyerupai bentuk api menyala. Bagian dalam buahnya berwarna merah keunguan.
  • Manfaat buah naga merah bisa dirasakan oleh semua bagian tubuh, mulai dari gigi, kulit, jantung, tulang, mata, usus, hingga saraf.
  • Memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan dan stamina, sehingga tubuh tidak gampang sakit.
  • Mengandung vitamin B3 yang mampu mengatasi gejala batuk, asma, tekanan darah tinggi, hingga menurunkan kolesterol tubuh.
  • Buah naga merah tidak mengandung glukosa sehingga aman bagi penderita diabetes.
  • Cocok dikonsumsi saat sedang diet untuk menurunkan berat badan, karena mengandung kaya serat dan rendah kalori.

Buah naga terkenal dengan rasanya yang manis dan kandungan airnya yang banyak. Hal ini membuat buah naga nikmat disantap secara langsung maupun dicampurkan ke minuman dingin. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui bahwa manfaat buah naga merah ternyata sangat banyak bagi tubuh. Sudah tahu apa saja khasiatnya?

Seperti apa buah naga merah itu?

Bentuk buah naga merah sangatlah unik, yakni kulit berwarna merah yang menyerupai bentuk api menyala. Sementara bagian dalam buahnya berwarna merah keunguan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Ada banyak manfaat kandungan buah naga merah yang bisa Anda dapatkan bila dikonsumsi secara rutin. Kandungan nutrisi di dalamnya terbukti mampu menguatkan sistem imun tubuh sekaligus memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian Anda.

Manfaat buah naga merah untuk kesehatan

Keuntungan mengonsumsi buah naga merah sangatlah beragam. Ada manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh tubuh, bahkan bisa dirasakan hingga jangka panjang.

Setiap bagian buah naga merah memiliki khasiat yang berbeda-beda. Secara keseluruhan, berikut beragam manfaat kandungan buah naga merah bagi kesehatan, yaitu:

1. Membantu menjaga kesehatan dan stamina tubuh

Salah satu manfaat buah naga merah adalah kandungan antioksidan dan ragam vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan serta stamina tubuh. Antioksidan sangat penting karena dapat meminimalisir efek radikal bebas sehingga tubuh lebih tahan terhadap penyakit.

2. Membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi, cobalah makan buah naga merah. Pasalnya, kandungan vitamin B3 dalam buah naga merah sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Sebab bila dibiarkan terus-menerus, kolesterol tinggi bisa memicu banyak penyakit serius, di antaranya penyakit jantung koroner dan stroke.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

3. Membantu meredakan batuk

Meski mengandung banyak air, makan buah naga merah tidak akan bikin Anda batuk. Justru, kandungan vitamin B3 di dalamnya diyakini dapat membantu meredakan penyakit batuk.

4. Mendukung penyembuhan penyakit kanker

Buah yang dagingnya berwarna merah keunguan ini mengandung vitamin lengkap nan kompleks. Para ahli meyakini bahwa khasiat buah naga bisa untuk mendukung proses terapi kanker.

5. Meredakan penyakit asma

Salah satu manfaat buah naga merah adalah sangat baik dikonsumsi oleh penderita asma. Pasalnya, kandungan vitamin B3 di dalamnya diyakini mampu meredakan gejala asma yang mengganggu.

6. Menstabilkan tekanan darah tinggi

Lagi-lagi, berkat kandungan vitamin B3 di dalamnya, manfaat dari buah naga merah sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Maka itu, sebelum mencoba minum obat hipertensi, baiknya coba stabilkan tekanan darah Anda dengan makan buah naga merah yang satu ini dulu.

7. Mencegah osteoporosis

Makan buah naga merah juga dapat membantu mencegah penyakit pengeroposan tulang, atau biasa disebut dengan osteoporosis. Ini karena di dalam buah berwarna cerah ini mengandung kalsium organik yang sangat baik untuk tulang.

8. Membantu penyembuhan penyakit diabetes

Walaupun rasanya manis, buah naga merah tidak mengandung glukosa sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sejumlah ahli juga menyebutkan bahwa manfaat buah naga merah juga dapat membantu meringankan gejala diabetes pada penderita.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

9. Memperindah tampilan fisik

Tak hanya jeruk, khasiat buah naga merah juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Seperti yang diketahui, asupan vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, termasuk kulit.

Sekarang ini, buah naga juga banyak diolah menjadi krim lulur yang bisa membantu mempercantik kulit. 

10. Membantu merawat kesehatan mata

Kalau Anda ingin mata tetap sehat hingga tua, makan buah naga merah bisa menjadi salah satu solusinya. Pasalnya, buah yang satu ini mengandung beta-karoten yang mampu merawat kesehatan mata kini hingga nanti.

11. Membantu mengurangi berat badan

Bagi Anda yang sedang diet, cobalah perbanyak makan buah naga merah. Jenis buah ini mengandung kaya serat dan rendah kalori, sehingga cocok bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

12. Membantu melancarkan pencernaan

Sama seperti kebanyakan buah pada umumnya, buah naga merah mengandung air dan serat yang cukup tinggi. Maka jangan heran jika pencernaan Anda jadi lebih lancar setelah makan buah naga, sebab semua ini berkat kandungan serat di dalamnya.

Baca Juga: Dahsyatnya Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Selain itu, masih ada banyak manfaat dari buah naga merah yang bisa Anda rasakan, antara lain:

  • Membantu menguatkan tulang dan gigi
  • Menjaga kesehatan usus
  • Membantu mencegah peradangan dalam tubuh
  • Memenuhi kebutuhan ion dalam tubuh
  • Membantu mencegah kram di persendian
  • Membantu menjaga kesehatan saraf
  • Sebagai pewarna alami makanan
  • Membantu menghilangkan jerawat pada wajah
  • Membantu melancarkan peredaran darah
  • Membantu melancarkan ASI bagi ibu menyusui
  • Membantu meredakan panas dalam

Buah naga merah bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Mengingat bahwa manfaat buah naga merah sangat banyak, maka Anda disarankan untuk mengonsumsi buah ini secara rutin. 

Manfaat Buah Naga

Kandungan buah naga yang bermanfaat

Manfaat dari buah naga merah tentu tidak terlepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Ada banyak vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah berbentuk unik yang satu ini, yaitu:

Gizi Jumlah / 100 gram AKG Harian Keterangan
Protein 1,1 gr 2,1 % -
Air 87 gr NA Kandungan air tinggi
Lemak 0,4 - Sangat minimal
Karbohidrat 11, 0 gr 3,4 % -
Vitamin B1 (Thiamine) 0,04 gr 2,7 % -
Serat 0,04 mg 12 % Tinggi serat
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,05 mg 2,9 % -
Vitamin B3 (Niacin) 0,16 mg 0,8 % -
Kalisium (Ca) 8,5 mg 0,9 % 3 kali lebih banyak dari wortel
Vitamin C (Ascorbic Acid) 20, 5 mg Na Kaya vitamin C
Besi (Fe) 0,16 mg 0,8 %  -

Keterangan:

  • AKG = Angka Kebutuhan Gizi
  • gr = gram
  • mg = miligram

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Medical Daily. Benefits Of Dragon Fruit: 6 Health Reasons To Eat More Of The Exotic Fruit. (https://www.medicaldaily.com/benefits-dragon-fruit-6-health-reasons-eat-more-exotic-fruit-341194). 3 Juli 2015.
Healthline. Dragon Fruit: Nutrition, Benefits, and How to Eat It. (https://www.healthline.com/nutrition/dragon-fruit). 25 Januari 2019.
Medical News Today. What are the proven benefits of dragon fruit? (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324655.php). 8 Maret 2019.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app