Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Makanan dan Diet Sehat

Kenali Buah Naga Yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Update terakhir: NOV 13, 2019 Tinjau pada NOV 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 945.352 orang

Kenali Buah Naga Yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Buah cantik dengan kulit merah dan semburan warna kuning dan hijau pada ujung-ujung kulitnya serta daging buah yang berwarna merah atau putih membuat buah ini menjadi buah yang sangat populer dan familiar bagi masyarakat seluruh dunia. 

Disebut buah naga karena memang kulitnya mirip seperti kulit binatang naga yang merupakan hewan dongeng khas negeri tirai bambu yaitu China. Di daerah tropis dan subtropis seperti di Amerika Selatan dan Asia, buah naga subur berkembang dan dapat tumbuh berlimpah. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Selain dapat dimakan secara langsung, buah naga juga dapat kamu nikmati dalam sebagai campuran dessert atau makanan penutup seperti pada es buah, agar-agar, topping kue pai dan sebagainya. 

Selain bentuk buahnya yang cantik serta rasanya yang enak dan menyegarkan, buah naga tentunya menawarkan manfaat yang kaya serta baik untuk kesehatan tubuhmu. Berikut ini akan dibahas mengenai kandungan dan manfaat dari buah cantik satu ini.

Mengenai Buah Naga

Buah naga mengandung sekitar 60 kalori dan kaya akan vitamin C, B1, B2 dan B3, dan mineral seperti zat besi, kalsium, dan fosfor serta kaya akan kandungan air dan serat. Buah naga juga buah yang kaya akan antiosidan, Asam lemak tidak jenuh, karoten, dan protein

Buah naga memiliki kandungan nol karbohidrat kompleks dan tiamin yang membantu dalam pemecahan makanan serta mengandung fitokimia yang penting untuk kesehatan jantung

Dengan fakta akan kandungan yang kaya seperti dijelaskan diatas, maka tidak heran buah naga memiliki sejuta manfaat yang sayang bila kamu lewatkan. Adapun manfaat dari mengkonsumsi buah naga ialah:

1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Selain kaya akan kandungan vitamin dan mineral, buah naga juga kayan akan flavonoid, mikronutrisi dan vitamin C yang sangat baik dalam menjaga sistem imun tubuh seseorang. Kandungan vitamin C dalam buah nagapun terbukti jauh lebuh banyak dari wortel. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

2. Mencegah Penyakit Kanker

Baik ekstrak maupun kulit buah naga merah dan putih memiliki efek polifenol dan flavonoid yang baik dan mengandung zat anti kanker dimana mengkonsumsi buah ini secara rutin dapat membantu kamu terhindar dari penyakit kanker yang mematikan.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah naga ialah buah yang kaya akan serat. Seperti yang kamu ketahui bahwa untuk melancarkan metabolisme dan pencernaan dalam tubuh manusia, diperlukan serat dalam jumlah yang banyak. 

Mengkonsumsi buah naga yang kaya serat tentunya akan baik untuk sistem pencernaanmu. Selain itu, buah naga juga mengandung Oligosakarida yang bekerja sebagai prebiotik yang bauk untuk para penderita obesitas, kanker, hipersensitif, gangguang pembulu darah dan berbagai macam penyakit lainnya. 

4. Menurunkan Gula Darah

Kandungan antioksidan yang ada pada buah naga bermanfaat untuk mengantur kadar gula darah dalam tubuh penderita diabetes

Kandungan serat pada buah nagapun mampu menghambat penyerapan gula setelah makan makaan dengan indek glikemik yang tinggi sehingga mengindari terjadinya lonjakan kenaikan pada gula darah

Buah naga dengan daging putihpun dipercaya mampu mengurangi resistensi insulin dan hati berlemak sehingga buah naga ini baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

5. Menyehatkan Jantung

Kandungan vitamin pada buah naga terbukti juga dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat dan menaikan tingkat kolesterol baik bagi tubuh manusia

Kandungan lemak tak jenuh beserta asam omega 3 dan asam omega 6 yang terdapat dalam biji buah naga, dipercaya mampu menangkis gangguan akibat trigliserida sehingga dapat membuat jantung kamu lebih sehat dan dalam kondisi prima setiap harinya. Maka dengan itu rajinlah mengkonsumsi daging dan biji buah naga. 

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, buang naga juga baik untuk menjaga kesehatan kulit cantikmu. Itu disebabkan karena buah naga mengandung antioksidan serta vitamin C yang kaya dan akan membuat kulitmu lebih kencang dan sehat serta terlihat awet muda. 

Lalu kandungan fosfor dalam buah naga juga bersifat sebagai anti aging atau anti penuaan dini dikarenakan fosfor merupakan mineral penting yang biasanya terdapat dalam setiap sel tubuh dan memiliki fungsi untuk memperbaiki sel yang rusak serta baik dalam menjaga untuk kulit sehatmu.

Setelah menyimak berbagai kebaikan dan manfaat dari buah naga, apakah kamu masih ragu untuk menyantapnya? Yuk segera mengonsumsi buah naga sebagai cemilan baiknya setiap harinya.

Referensi

National Cancer Institute (2017). U.S. Department of Health and Human Services. Prostate Cancer, Nutrition, and Dietary Supplements (PDQ ®)–Health Professional Version.

Plackett, B. Health (2012). 23 Healthiest Superfruits You Need Now.

Spritzler, F. Healthline (2016). What Is Dragon Fruit And Does It Have Health Benefit.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit