Makanan dan Diet Sehat

5 Manfaat Blewah Bagi Kesehatan, Buah Khas Saat Puasa Ramadhan

Update terakhir: Apr 24, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 324.147 orang

5 Manfaat Blewah Bagi Kesehatan, Buah Khas Saat Puasa Ramadhan

Memasuki bulan puasa, berbagai buah khas Ramadhan mulai bertebaran di toko buah atau pasar terdekat. Selain kurma, Anda tentu sudah sangat akrab dengan blewah. Ya, buah yang bentuk dan teksturnya mirip seperti melon ini sering disajikan sebagai sajian minuman buka puasa.

Tak hanya terasa segar, ternyata buah blewah menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Ingin tahu lebih jauh tentang manfaat blewah? Baca terus ulasan berikut ini. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Mengenal kandungan gizi blewah

Dilihat dari kandungan nutrisinya, setiap 156 gram buah blewah mengandung:

  • 53 kalori
  • 0,3 gram lemak
  • 13 gram karbohidrat total
  • 12 gram gula
  • 1,4 gram serat
  • 1,3 gram protein
  • 106% kebutuhan vitamin A per hari
  • 95% vitamin C
  • 1% kalsium
  • 2% zat besi

Dalam takaran yang sama, blewah juga mampu memenuhi 5% kebutuhan harian untuk vitamin K, vitamin B3 (niasin), vitamin B6, folat, magnesium, dan kalium. Buah khas bulan Ramadhan ini juga mengandung banyak antioksidan termasuk kolin, zeaxanthin, dan beta-karoten. Semua komponen tersebut berperan penting untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit, mulai dari flu biasa hingga kanker.

Baca Juga: 20 Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit

Berbagai manfaat blewah bagi kesehatan

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan buah blewah. Bahkan, Anda mungkin sudah sering menyajikan blewah sebagai menu buka puasa yang menyegarkan di bulan Ramadhan.

Selain membantu melegakan dahaga setelah seharian berpuasa, ternyata ada banyak manfaat blewah bagi kesehatan. Berikut selengkapnya:

1. Menurunkan risiko asma

Para ahli menemukan bahwa buah blewah dapat membantu menurunkan risiko asma. Manfaat blewah yang satu ini berasal dari kandungan beta-karoten, zat yang memberikan warna oranye pada buah sekaligus bertindak sebagai antioksidan. Zat antioksidan tersebut berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang menyerang sel-sel sehat dalam tubuh Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Blewah juga mengandung kalium yang berfungsi sebagai vasodilator, yaitu membantu melebarkan pembuluh darah. Semakin lebar dan elastis pembuluh darah, maka darah dapat mengalir lebih lancar dalam tubuh. Tekanan darah Anda pun jadi lebih normal dan gejala asma tak mudah kambuh saat berpuasa Ramadhan.

2. Mengendalikan tekanan darah

Meskipun rasanya cenderung manis, blewah ternyata bisa menjadi menu buka puasa sehat dan aman bagi penderita hipertensi alias tekanan darah tinggi. Pasalnya, salah satu manfaat blewah dapat membantu mengendalikan tekanan darah selama berpuasa Ramadhan.

Kandungan kalium dalam blewah mampu menurunkan kadar natrium dalam darah, sama seperti cara kerja obat hipertensi. Beberapa jenis makanan tinggi kalium lainnya selain blewah adalah nanas, tomat, jeruk, bayam, dan pisang.

Asupan kalium yang tinggi juga diketahui dapat menurunkan risiko stroke, melindungi massa otot, meningkatkan kepadatan tulang, hingga mengurangi pembentukan batu ginjal. Nah, bagi Anda yang memiliki penyakit darah tinggi alias hipertensi, yuk, sajikan buah blewah sebagai menu buka puasa Anda hari ini!

Baca Juga: 6 Pilihan Menu Buka Puasa Sehat untuk Penderita Darah Tinggi

3. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Selain menjaga kesehatan organ dalam tubuh, manfaat blewah juga bisa dirasakan oleh kulit dan rambut Anda. Ya, makan blewah saat berbuka puasa di bulan Ramadhan ternyata dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Ada 2 jenis vitamin yang penting dalam hal ini, yaitu vitamin A dan vitamin C. Vitamin A berfungsi untuk menjaga pertumbuhan jaringan tubuh, termasuk juga kulit rambut. Sementara itu, vitamin C berperan penting terhadap pembentukan kolagen dan menjaga kelembapan kulit serta rambut. Seperti yang sudah disebutkan dalam daftar kandungan gizi di atas, blewah mampu memenuhi 95% kebutuhan vitamin C harian Anda.

Blewah juga termasuk buah yang mengandung banyak air, sehingga dapat membantu mengembalikan cairan yang hilang saat berpuasa Ramadhan. Semakin baik hidrasi tubuh, maka kulit dan rambut Anda juga akan tetap lembap dan sehat.

4. Menghambat degenerasi makula

Zeaxanthin, salah satu jenis antioksidan yang ditemukan dalam blewah, diketahui berfungsi untuk melindungi kesehatan mata. Kandungan antioksidan ini diyakini dapat membantu menangkal kerusakan mata akibat degenerasi makula.

Degenerasi makula adalah penurunan fungsi pada makula, yaitu bagian tengah retina yang bertanggung jawab terhadap fokus penglihatan mata. Ketika makula mengalami penipisan atau terhalang oleh darah atau benda lainnya, maka Anda tentu tidak mampu melihat objek dengan jelas, apalagi untuk membaca.

Dengan makan buah blewah saat buka puasa, maka risiko penurunan penglihatan dapat berkurang. Mata Anda jadi lebih sehat dan fokus saat melihat benda yang ada di sekitar.

5. Mencegah kanker

Manfaat blewah yang tak kalah penting adalah mencegah kanker. Manfaat ini lagi-lagi berasal dari kandungan flavonoid antioksidan, di antaranya beta-karoten, lutein, zeaxanthin, dan cryptoxanthin.

Semua komponen tersebut bertindak sebagai antioksidan untuk melawan paparan radikal bebas. Alhasil, sel-sel sehat dalam tubuh tetap terjaga dan membuat Anda terhindar dari risiko kanker.

Tips membuat menu buka puasa sehat dari blewah

Blewah memiliki warna daging yang cerah dan rasanya manis. Kombinasi tersebut sangat cocok dijadikan olahan menu buka puasa yang menyegarkan.

Kebanyakan orang menyajikan es blewah sebagai menu buka puasa. Namun hati-hati, hindari menambahkan terlalu banyak gula atau sirup karena bisa memicu diabetes.

Rasa manis dari buah blewah sebetulnya sudah cukup untuk menyegarkan waktu berbuka Anda. BTidak masalah bila Anda ingin menambahkan sirup atau gula, tapi batasi jumlahnya.

Kalau ingin lebih sehat lagi, ganti sirup atau gula dengan sedikit madu. Madu mengandung gula alami yang lebih aman bagi kadar gula darah Anda. Bisa juga dengan menambahkan yogurt kaya probiotik untuk membantu melancarkan pencernaan.

Baca Selengkapnya: 10 Jenis Minuman Buka Puasa yang Sehat Nan Menyegarkan

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit