Makanan dan Diet Sehat

Makanan Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 5 menit
Makanan Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

Bagi pasangan yang belum dikaruaniai buah hati, jangan berputus asa. Cobalah beberapa makanan penyubur kandungan yang akan dibahas dalam artikel ini. Dengan mengonsumsinya diharapkan sang istri cepat hamil dengan kehamilan yang sehat.

Anak merupakan rezeki yang diberikan oleh Tuhan, oleh karenanya hampir semua orang pasti ingin memilikinya. Namun, terkadang keinginan tersebut tidak dapat berjalan dengan baik. Ada sebagian wanita yang sulit untuk hamil dan memiliki anak. Hal tersebut tentu saja dipengaruhi oleh banyak faktor, namun tahukah Anda? Bahwa salah satu faktor penyebab ketidaksuburan pada wanita adalah makanan yang dikonsumsinya. Para ahli percaya bahwa memilih makanan yang tepat dapat mengatasi hal tersebut dengan efektif dan sederhana.Makanan tidak hanya memberikan nutrisi dan energi, melainkan juga dapat mengatur keseimbangan hormon dalam tubuh. Bagi Anda yang ingin memiliki anak, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa makanan penyubur kandungan berikut ini agar Anda cepat hamil.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Makanan Penyubur Kandungan

Berikut ini adalah beberapa makanan yang disarankan untuk mempercepat kehamilan dana menyuburkan kandungan.

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan salah satu makanan penyubur kandungan yang disarankan oleh ahli gizi. Hal tersebut dikarenakan, sayuran hijau mengandung banyak asam folat dan zat besi.

Zat-zat tersebut sangat baik untuk membantu menyuburkan kandungan, karena dapat membantu perkembangan lapisan endometrium (lapisan permukaan rahim tempat menempelnya embrio calon janin), serta membantu melekatkan zigot ke rahim.

2. Kubis

Beberapa wanita tidak menyukai kubis, padahal kubis sangat baik untuk menyuburkan kandungan. Hal tersebut dikarenakan kubis mengandung Diindolymethane, zat kimia yang berperan penting dalam proses metabolisme hormon estrogen, sehingga mencegah terbentuknya fibroid dan endometriosis.

Fibroid adalah kondisi di mana tumbuhnya benjolan dalam rahim (miom), sedangkan endometriosis adalah adalah kondisi di mana jaringan rahim (endometrium) berada di luar rahim.

3. Brokoli

Brokoli dianggap sebagai makanan yang luar biasa dan dipercaya sebagai makanan agar cepat hamil. Hal tersebut dikarenakan kandungan asam folat, zat besi, dan nutrisi penting lainnya. Sayuran ini juga kaya akan vitamin C yang dibutuhkan oleh ovarium untuk pematangan sel telur dan proses ovulasi. Lihat manfaat borokoli lainnya: Ini Dia, Manfaat Brokoli yang Luar Biasa

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

4. Kentang

Kentang merupakan sayuran selanjutnya yang dapat digunakan sebagai makanan penyubur kandungan. Hal tersebut dikarenakan kentang kaya akan vitamin B dan E, sehingga dapat meningkatkan pembelahan sel dan menyehatkan sel telur yang diproduksi. Jadi, bagi wanita yang ingin segera hamil sangat dianjurkan untuk banyak mengonsumsi kentang.

5.  Jeruk

Jeruk merupakan buah terpenting yang harus dikonsumsi agar cepat hamil. Hal tersebut dikarenakan buah ini banyak mengandung vitamin C yang berfungsi dalam pelepasan telur dari ovarium. Lihat manfaat jeruk lainnya:

6. Buah Delima

Selain buah jeruk, buah delima juga dapat dijadikan sebagai makanan penyubur kandungan. Hal itu dikarenakan buah delima dapat meningkatkan libido pada laki-laki dan perempuan.

7. Pisang

Buah pisang sangat disarankan untuk menyuburkan kandungan, karena kaya akan vitamin B6. Vitamin ini penting untuk membuat siklus menstruasi menjadi lebih teratur dan meningkatkan kesuburan. Wanita dengan siklus menstruasi teratur memiliki risiko yang rendah untuk mengalami infertilitas (ketidaksuburan) dan komplikasi kehamilan. Lihat juga: Aneka Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan

8. Nanas

Nanas banyak mengandung mangan dan mineral yang sangat berperan penting dalam memproduksi berbagai hormon reproduksi. Selain itu, rendahnya kadar mangan dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya infertilitas.

9. Telur

Telur sudah tidak perlu diragukan lagi manfaatnya untuk membantu kesuburan. Makanan tersebut kaya akan kolin, asam folat, asam lemak omega 3, dan vitamin D. Kandungan nutrisi tersebut membuat makanan ini sangat baik dikonsumsi oleh wanita yang ingin segera hamil.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

10. Ikan Salmon

Jika Anda suka makan ikan, maka cobalah untuk memakan ikan salmon. Hal tersebut dikarenakan, makanan tersebut kaya akan asam lemak omega 3 dan nutrisi penting lainnya yang penting untuk meningkatkan kesuburan pada wanita.

11. Tiram

Tidak hanya lezat, tiram juga sangat cocok dijadikan makanan penyubur kandungan. Hal ini dikarenakan makanan laut tersebut banyak mengandung seng yang membantu dalam pembentukan telur dan meningkatkan kesuburan.

12. Kerang-kerangan

kerang-kerangan merupakan makanan laut lainnya yang dipercaya mampu menyuburkan kandungan. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin B12 di dalamnya mampu menjaga kadar hormon estrogen tetap normal dan implantasi (pelekatan) sel telur yang telah dibuahi.

13. Kunyit

Bagi wanita yang ingin hamil, harus sering menambahkan kunyit pada masakannya. Selain untuk penyedap rasa, kunyit juga dapat menyehatkan kandungan. Hal tersebut dikarenakan kunyit banyak mengandung antioksidan yang baik untuk meningkatkan kesuburan. Lihat manfaat kunyit lainnya: 100 Manfaat Kunyit yang Terbukti Secara Ilmiah

14. Cabai

Cabai tidak hanya pedas, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesuburan. Banyak mengonsumsi cabai dapat meningkatkan aliran darah, sehingga pasokan darah yang sehat ke sistem reproduksi tetap terpenuhi. Selain itu, cabai juga meningkatkan produksi endorfin (hormon penghilang stres) sehingga meringankan tubuh dan meningkatkan kesuburan.

15. Bawang putih

Bawang putih juga bermanfaat bagi kesuburan. Hal itu dikarenakan bumbu dapur tersebut mengandung selenium, yaitu mineral yang membantu melindungi dari keguguran dini, sehingga dapat meningkatkan kesempatan bagi Anda untuk hamil.

16. Biji Labu

Biji labu merupakan makanan penyubur kandungan yang mengandung banyak nutrisi baik untuk kesehatan bagian reproduksi. Selain itu, kandungan zinc yang tinggi di dalamnya berperan penting dalam proses pembelahan sel selama tahap embrio.

17. Biji Rami

Biji rami banyak mengandung asam lemak omega 3 dan lignin yang sangat penting dalam meningkatkan kesuburan pada wanita. Tak hanya itu, kandungan lignin didalamnya juga membantu mengurangi ukuran fibroid.

18. Minyak zaitun

Khasiat minyak zaitun dalam menjaga kesehatan jantung sudah banyak dikenal masyarakat. Namun, belum banyak yang tahu kalau minyak ini juga mampu menyuburkan kandungan. Kandungan lemak monounsaturated dalam minyak ini berfungsi mengurangi peradangan dalam tubuh, sehingga membantu menjaga kehamilan dan mencegah terjadinya komplikasi.

19. Minyak Hati Ikan Cod

Minyak hati ikan cod banyak mengandung asam lemak omega 3. yaitu lemak sehat yang membantu pertumbuhan dan perkembangan kehamilan, serta mencegah terjadinya komplikasi. Selain itu, minyak ini juga membantu menjaga kestabilan hormon reproduksi wanita dalam tubuh sehingga meningkatkan kesuburan pada wanita.

20. Susu Murni

Wanita yang ingin hamil, harus terbiasa mengonsumsi susu murni. Hal tersebut dikarenakan susu murni (termasuk olahan susu murni) mengandung lemak dan kalsium sehat yang berfungsi untuk meningkatkan kesuburan dan sangat penting untuk proses kehamilan.

21. Kacang Almond

Mengonsumsi kacang-kacangan sangat baik bagi wanita yang ingin hamil. Salah satu jenis kacang yang sangat direkomendasikan ahli gizi adalah kacang almond. Hal ini disebabkan kandungan vitamin E dan asam lemak omega 3 yang tinggi mampu meningkatkan kesuburan.

Makanan penyubur kandungan tersebut tidak hanya enak dan berkhasiat, tetapi juga sangat mudah didapatkan. So, tunggu apa lagi? bagi Anda yang susah hamil dan ingin segera memiliki anak, jangan lupa selalu memasukkan makanan-makanan tersebut ke dalam daftar menu harian Anda. Jika ternyata ada masalah dengan kesuburan Anda, maka ada beberapa Terapi Obat Kesuburan untuk Pria dan Wanita.

Selain mengonsumsi makanan penyubur kandungan, penting bagi Anda juga untuk selalu berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter guna mendapatkan nasihat medis yang terbaik dan tujuan Anda untuk segera memiliki anak dapat tercapai.

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Fertility supplements: Do they work?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/323573.php)
17 Natural Ways to Boost Fertility. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/17-fertility-tips-to-get-pregnant)
Boosting Fertility: Foods, Stress Reduction, Acupuncture, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/baby/features/getting-pregnant-easy-ways-to-encourage-fertility)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app