Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA ENWA SIWI
Makanan dan Diet Sehat

Manfaat Jeruk Nipis

Update terakhir: SEP 13, 2019 Tinjau pada SEP 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 957.273 orang

Manfaat Jeruk Nipis

Siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini. Setiap orang pasti pernah merasakan nikmat dan khasiat dari buah ini. Buah ini biasanya lebih banyak digunakan sebagai penyedap rasa pada makanan.

Ya, Jeruk nipis, buah dengan nama ilmiah Citrus aurantifolia, telah dikenal banyak orang sebagai buah yang memiliki banyak manfaat. Karena memiliki rasa yang unik, hampir diseluruh dunia mengkonsumsi buah yang satu ini. Buah ini juga banyak digunakan dalam berbagai produk kosmetik dan kesehatan.

Dan masih ada banyak lagi manfaat dari buah jeruk nipis ini, beberapa di antaranya akan dibahas dalam artikel ini.

Fakta- fakta nutrisi yang terkandung didalam Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan buah yang didalamnya memiliki banyak kandungan air dan salah satu buah dengan sumber vitamin C terbaik. Buah ini juga kaya akan serat dan mineral seperti asam amino (triptofan,lisin), minyak atsiri, damar, glikosida, lemak, kalsium, fosfor,besi, blerang dan vitamib B.  Menariknya, buah ini memiliki jumlah kalori, karbohidrat, dan lemak yang sedikit

Manfaat Jeruk Nipis untuk kesehatan

Mari kita lihat beberapa manfaat dari jeruk nipis, sebagai berikut:

Jeruk Nipis untuk perawatan kulit

Jeruk nipis juga mempunyai manfaat dalam meremajakan kulit dan melindungi kulit dari infeksi. Buah ini juga dapat membantu mengurangi bau badan karena adanya kandungan vitamin C dan flavonoid yang tinggi di dalamnya.

Baik air jeruk nipis atau minyak jeruk nipis, keduanya memiliki kandungan yang tinggi akan antioksidan dan memiliki sifat antibiotik dan disinfektan. Bila dioleskan ke kulit, sifat asam pada buah ini dapat mengeluarkan sel-sel mati dan menyembuhkan ketombe, ruam, dan memar pada kulit.

Jeruk Nipis membantu menurunkan berat badan

Segelas air hangat yang ditambahkan perasan air jeruk nipis dapat membantu dalam proses menurunkan berat badan. Asam sitrat yang terdapat didalam jeruk nipis berfungsi sebagai pembakar lemak yang baik.Anda dapat mengonsumsi dua gelas air hangat dengan air jeruk nipis secara rutin setiap hari dan lihat hasilnya dalam beberapa minggu kemudian.

Jeruk Nipis dapat meredakan sembelit

Pada umumnya, jumlah asam yang terdapat dalam jeruk nipis dapat membantu dalam membersihkan system pencernaan. Karena sifat asam yang terkandung didalamnya mampu mengurangi rasa sembelit.

Jeruk Nipis untuk mengendalikan penyakit Diabetes

Menurut Asosiasi Diabetes di Amerika, jeruk nipis dan buah jeruk lainnya dianggap sebagai makanan yang baik untuk penderita diabetes. Karena kadar serat tinggi yang terkandung didalam jeruk nipis, membuatnya menjadi makanan yang baik untuk membantu mengatur penyerapan gula ke dalam aliran darah dan dapat mengurangi terjadinya peningkatan gula darah.

Jeruk nipis juga memiliki kadar indeks glikemik yang rendah, yang berarti baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Jeruk Nipis dapat mencegah penyakit jantung

Selain bisa membantu penderita diabetes mempertahankan kadar gula darahnya ,jeruk nipis juga bisa menurunkan tekanan darah dan menghilangkan adanya kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh. Serat pada jeruk nipis juga dapat berfungsi dalam mengurangi peradangan pembuluh darah, yang diketahui dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Jeruk Nipis untuk kesehatan mata

Sifat antioksidan di dalam jeruk nipis dapat melindungi mata dari penuaan dan degenerasi makula. Selain itu, flavonoid juga bisa membantu melindungi mata dari infeksi.

Jeruk Nipis dapat menurunkan demam

Jika seseorang menderita demam, perasan jeruk nipis bisa menjadi salah satu pilihan untuk menurunkan demam. Buah jeruk, secara umum, memiliki kualitas mengurangi demam karena kandungan vitamin C yang tinggi didalamnya, yang secara alami dapat menurunkan suhu tubuh.

Manfaat Lainnya: Jeruk nipis adalah buah yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan karena kandungan nutrisi baik yang terkandung didalamnya. Buah ini bisa membantu menyembuhkan banyak penyakit seperti rematik, gusi berdarah,masalah pada pencernaan ,prostat, kolera, arteriosklerosis, dan lain-lain.

Jeruk Nipis dapat mencegah terbentuknya kanker

Del Leo dan Del Bosco (2005) menyatakan bahwa naringin dan hesperidin memiliki efek penghambatan proliferasi sel kanker, menunda tumorigenesis, dan agen kemopreventif karsinogenesis. Selain itu, hesperidin dapat menurunkan lipopolysaccharide yang dapat menginduksi hepatotoksisitas pada hepar tikus. Penelitian lain yang di lakukan oleh Zhang et al (2007) menyebutkan bahwa, hesperidin memiliki efek sitotoksik pada sel melanoma B16 pada tikus. Dalam majalah Grapefruit juice and medications, naringin dapat menghambat CYP3A4 dan CYP1A2 sebagai enzim pemacu senyawa karsinogen.

Penggunaan Jeruk Nipis dalam kehidupan sehari-hari

Selain baik untuk kesehatan,jeruk nipis juga dapat digunakan dalam berbagai aspek kehidupan seperti obat-obatan, kuliner, kosmetik ,dll. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Jeruk nipis sebagai penyedap rasa pada makanan Makanan apa saja yang bila dipadukan dengan jeruk nipis akan membantu meningkatkan rasa sedap pada makanan. Perasan jeruk nipis yang ditambahkan kedalam makanan seperti sup, salad, dan juga makanan yang dipanggang akan menambahkan rasa nikmat pada makanan tersebut.
  • Jeruk nipis untuk membersihkan wajah
  • Jeruk nipis digunakan sebagai aromaterapi & parfum Minyak esensial pada jeruk nipis yang digunakan dalam aromaterapi dan parfum memiliki khasiat memeberikan rasa tenang pada tubuh dan pikiran.
  • Jeruk nipis dalam produk kosmetik Produk kosmetik seperti, minyak rambut, pasta gigi, sabun kecantikan, desinfektan, obat kumur, dan deodoran, biasanya mengandung komponen jeruk nipis didalamnya. Hal ini dikarenakan jeruk nipis merupakan komponen yang paling cocok untuk kulit kita.
  • Jeruk nipis untuk obat-obatan Karena sifat antibakteri, antiseptik, dan disinfektan pada jeruk nipis, buah ini banyak digunakan sebagai obat-obatan.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit