Sakit Maag? Jangan Sekali-kali Langgar Pantangan Ini!

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
Sakit Maag? Jangan Sekali-kali Langgar Pantangan Ini!

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Sakit maag merupakan kondisi ketika perut terasa tidak nyaman akibat rasa nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan;
  • Sakit maag dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti pola makan tak teratur, merokok, sering mengonsumsi makanan pedas, makanan berminyak, minuman beralkohol, dan minuman asam;
  • Penting bagi penderita sakit maag menghindari penyebab asam lambung naik dan memperhatikan asupan makanan. Bagaimanapun, makanan yang masuk memengaruhi kondisi lapisan lambung;
  • Makanan yang harus dihindari oleh penderita maag adalah makanan pedas, sayuran mentah dan yang sulit dicerna, makanan berlemak tinggi, susu, minuman mengandung kafein, minuman beralkohol, serta makanan yang mengandung gas dan cuka;
  • Klik untuk membeli obat maag serta obat lambung dan saluran pencernaan lainnya dari rumah Anda melalui HDMall. Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD;
  • Gunakan fitur chat untuk berbicara dengan apoteker kami seputar obat dan pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

Sakit maag merupakan kondisi ketika perut terasa tidak nyaman akibat rasa nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan. Sakit maag dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti pola makan tak teratur, merokok, sering mengonsumsi makanan pedas, makanan berminyak, minuman beralkohol, dan minuman asam.

Penderita sakit maag dianjurkan untuk mengubah pola hidupnya menjadi lebih sehat. Dengan hidup sehat, diharapkan penyakit lambung tersebut tidak sering kambuh dan dapat sembuh. Oleh karena itu, penting bagi penderita sakit maag menghindari penyebab asam lambung naik dan memperhatikan asupan makanan. Bagaimanapun, makanan yang masuk memengaruhi kondisi lapisan lambung.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Nah, berangkat dari situ, tentu ada sejumlah makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh para pengidap maag. Apa saja? Simak ulasan berikut.

1. Makanan pedas

Sebagian besar masyarakat Indonesia sangat gemar mengonsumsi makanan pedas. Namun, wajib hukumnya bagi para pengidap maag untuk menghindari makanan ini.

Menghindari makanan pedas memang tidak menyembuhkan sakit maag, tetapi dapat membantu dalam mengendalikan kondisi tersebut. Hindari makanan pedas seperti sambal, bubuk cabai, paprika, dan kari karena makanan tersebut dapat menyakiti perut Anda.

Bagi penderita sakit maag atau asam lambung tinggi, ketahuilah kondisi lambung Anda sudah lemah. Mengonsumsi makanan pedas hanya akan membuat sakit maag Anda tambah sering kambuh dan bahkan memburuk.

2. Sayuran mentah dan yang sulit dicerna

Hindari mengonsumsi sayuran mentah dan yang berukuran besar. Sayuran dalam ukuran besar lebih sulit dicerna. Sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang mudah dicerna untuk mencegah iritasi pada lapisan lambung. Sebagian besar penderita maag mengalami rasa sakit setelah mengonsumsi bawang merah dan tomat.

Sebagai gantinya, makanlah sayuran yang telah dimasak dan dipotong kecil-kecil. Mengunyah makanan dengan benar juga dapat membantu pencernaan lebih baik dan mencegah kerusakan pada lapisan lambung.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

3. Makanan berlemak

Makanan berlemak merupakan salah satu jenis makanan yang harus dihindari bagi yang memiliki masalah asam lambung atau sakit maag. Selain memicu kekambuhan, makanan berlemak bisa membuat iritasi lapisan lambung, meningkatkan tekanan darah, serta menyebabkan risiko obesitas dan penyakit jantung.

Contoh makanan yang berlemak adalah ayam goreng, telur goreng, bawang goreng, keripik, kentang goreng, mentega, kerupuk, kue, dan donat.

4. Susu

Kondisi perut penderita maag tidak mampu mencerna lemak dan asam dengan baik. Susu merupakan minuman dengan kadar lemak dan asam yang tinggi. Oleh karena itu, batasi asupan susu dengan mengonsumsinya kurang dari tiga gelas sehari atau cobalah untuk minum susu rendah lemak. Hindari juga makanan olahan dari susu, seperti keju dan es krim.

5. Minuman mengandung kafein

Bagi sebagian orang, kopi merupakan minuman wajib di pagi hari. Namun, penderita sakit maag jangan coba-coba untuk meminumnya karena dapat membuat penyakit kambuh. Kopi mengandung kafein yang bisa meningkatkan produksi asam lambung serta mengiritasi lapisan permukaan lambung.

Dengan demikian, minuman yang mengandung kafein, asam, dan gas (soda) juga merupakan pantangan penderita asam lambung tinggi. Untuk menghindari kekambuhan dan keparahan, hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman bersoda.

6. Minuman beralkohol

Pada dasarnya minuman beralkohol tidak baik bagi kesehatan, terlebih bagi penderita sakit maag. Mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah banyak akan berpengaruh pada keseimbangan asam di dalam lambung, mengiritasi lapisan lambung, dan memperparah kondisi

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

7. Makanan lain yang harus dihindari

  • Hindari makanan yang menyebabkan gas di perut, seperti kol, kacang, brokoli, susu, kacang polong, dan bawang merah;
  • Hindari makanan yang mengandung cuka, seperti empek-empek, minuman asam dan minuman ringan lainnya.

Baca juga: 8 Buah yang Ampuh Redakan Gejala Sakit Maag

Penderita maag boleh makan apa, sih?

Meski banyak pantangan makanan, pengidap maag jangan keburu panik. Ada banyak, kok, makanan yang boleh Anda konsumsi. Simak tips berikut, deh.

1. Pilih makanan yang dapat membunuh bakteri Helicobacter pylori

Helicobater pylory (H. pylori) adalah bakteri yang menyebabkan peradangan di lapisan lambung pada manusia. Oleh sebab itu, perbanyak mengonsumsi makanan yang dapat membunuh bakteri tersebut.

Brokoli mengandung sulforaphane yang membunuh bakteri H.pylori. Brokoli muda memiliki sulfalat 20-50 kali lebih banyak daripada brokoli yang sudah tua. Jika tidak menyukai rasa brokoli, Anda dapat menggantinya dengan suplemen brokoli dan sulphoraphane.

Bawang putih adalah antijamur dan antimikroba sehingga dapat membunuh bakteri H. pylori. Orang dengan mulas kronis mungkin tidak bisa menolerir bawang putih. Mereka harus mulai dengan suplemen bawang putih sampai bisa meningkatkan toleransi di tubuhnya.

2. Konsumsi probiotik

Probiotik yang dianjurkan meliputi bakteri Bifidobacterium dan spesies bakteri Lactobacillus. Bakteri ini sangat baik untuk saluran usus sehingga dapat memperbaiki sistem pencernaan. Probiotik meningkatkan kemampuan usus untuk mencerna dan menyerap nutrisi.

Mengonsumsi makanan dan suplemen probiotik serta vitamin B bermanfaat bagi penderita maag dan orang yang kekurangan vitamin B12. Contoh makanan probiotik adalah yogurt, roti, dan kefir.

Selain itu, makanan kaya probiotik sangat bermanfaat dalam memperbaiki kerusakan usus. Makanan di bawah ini baik untuk lapisan lambung dan meringankan gejala maag termasuk kembung, sakit perut, mual, terbakar, dan mulas.

  • Sari cuka apel;
  • Jus wortel;
  • Jahe;
  • Teh hijau;
  • Kunyit;
  • Nanas.

Makanan kaya vitamin A juga bermanfaat karena mereka meningkatkan perbaikan jaringan dan fungsi selaput lendir. Contoh makanan tersebut adalah ubi jalar, sayuran hijau, buah persik, wortel, bayam, dan hati.

3. Atur menu makanan Anda

Setelah mengetahui makanan yang harus dihindari dan dianjurkan bagi penderita sakit maag, berikut adalah beberapa tips untuk merencanakan menu makanan Anda:

  • Minum 6 gelas air per hari untuk menjaga jumlah cairan yang sehat;
  • Sertakan makanan yang kaya vitamin B dan kalsium dalam makanan harian Anda, seperti sayuran hijau tua, biji-bijian, sayuran laut, kacang polong, dan kacang almond;
  • Ganti daging merah dengan ayam, tahu, ikan air tawar, dan kacang-kacangan;
  • Gunakan minyak sehat seperti canola dan minyak zaitun;
  • Konsumsi jus bayam atau wortel sesekali karena membantu meredakan radang lambung dan juga mudah dicerna.

Sebaiknya, berkonsultasilah dengan dokter dan ahli gizi untuk menentukan makanan yang sesuai dengan kondisi Anda. Dengan begitu, Anda dapat tetap menikmati makanan enak dan sehat, tanpa harus takut sakit maag kambuh lagi.

Baca juga: Pilih Makanan Tepat untuk Penderita Asam Lambung

34 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The GERD diet (gastroesophageal reflux disease). (2008, April 16) (http://www.mckinley.illinois.edu/handouts/gerd_diet.html)
Picco, M. F. (2015, January 17). I’ve heard that some medications can aggravate the symptoms of GERD. Can you tell me more? Retrieved from (http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gerd/expert-answers/heartburn-gerd/faq-20058535)
Gonlachanvit, S. (2010, April). Are rice and spicy diet good for functional gastrointestinal disorders? Journal of Neurogastroenterology and Motility, 16(2), 131-138 (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20535343)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app