Kesehatan Fisik

Perut Terasa Panas, Sebab dan Cara Mengatasi

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Sep 16, 2020 Waktu baca: 1 menit
Perut Terasa Panas, Sebab dan Cara Mengatasi

Sensasi terbakar yang menimbulkan rasa panas dalam perut dapat muncul akibat adanya asam lambung yang naik, infeksi bakteri H. pylori hingga kondisi alergi pada pencernaan Anda. Saat Anda mengalami rasa panas pada pencernaan Anda, berikut ini ramuan yang dapat Anda konsumsi untuk meredakan sensasi yang tidak nyaman pada perut Anda.

1.Teh timi atau thyme tea, yang berfungsi untuk menangani efek samping buang angin. Teh ini mengurangi pembengkakan dinding mucosal dalam pencernaan dan meredakan rasa terbakar dan sakit akibat asam refluks. Rebus satu sendok teh dari daun timi dan lanjutkan dengan meminumnya dua kali sehari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

2.Mengonsumsi makanan hambar untuk membantu menetralisir asam lambung. Makanan yang hambar dan lembut mudah dicerna dan tidak memerlukan tambahan asam lambung untuk dicerna. Konsumsilah nasi putih hangat dan sayur hambar tanpa penambah rasa apapun maupun minyak dalam jumlah yang banyak.

3.Konsumsilah jahe yang ampuh mengatasi radang usus, meredakan rasa terbakar, iritasi dan melepaskan gas yang terperangkap dalam pencernaan. Anda dapat mengonsumsi jahe dalam bentuk teh jahe atau dengan mengunyah jahe.

4.Mengonsumsi pepermin, yang berfungsi untuk meredakan gas dalam pencernaan, mengatasi kram pada perut dan menyejukkan sensasi terbakar akibat asam lambung. Cobalah mengonsumsi teh yang diberi pepermin dan minumlah dua kali sehari.

5.Konsumsi yogurt/buttermilk untuk meredakan ketidaknyamanan akibat rasa terbakar pada perut. Konsumsilah yogurt dan buttermilk dua kali sehari.

6.Madu untuk mengobati luka pada usus serta kondisi asam lambung lainnya. Konsumsilah satu sendok teh per hari atau campurkan dengan bubuk kayu manis untuk tambahan manfaat.

7.Konsumsilah buah seperti semangka dan pisang setiap harinya untuk mengatasi asam lambung dan rasa panas di perut dan dada.

8.Konsumsi teh kamomil, untuk mengatasi otot-otot usus yang tegang serta memberikan kandungan perileks alami. Konsumsilah minuman ini setiap hari.

9.Air kelapa, untuk mengatasi dinding pencernaan yang mengalami iritasi dan melegakan rasa panas dan tidak nyaman pada perut. Konsumsilah air kelapa dua kali sehari hingga gejala mereda, sekaligus menambah energi pada tubuh.

10.Berolahraga secara rutin seperti berjalan kaki atau jogging untuk meredaan stres dan mengatasi asam lambung. (PA)
 
Ditinjau oleh: dr. Siti Anita

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Why Does My Stomach Burn? Causes and Treatments. Healthline. (https://www.healthline.com/health/stomach-burning)
Stomach burning: Causes, treatments, and home remedies. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326065.php)
Heat Sickness: How to Avoid It This Summer. WebMD. (https://www.webmd.com/heart-disease/features/hot-summer-days-can-make-you-sicker)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app