Lakukan 10 Tips Ini Agar Anda Terlihat Awet Muda

Setiap orang pasti mendambakan mempunyai kulit yang sehat, cantik, dan awet muda. Namun apakah Anda sudah tau tips apa saja yang bisa membuat kulit Anda awet muda? Yuk cari tahu tips-tipsnya di bawah ini.
Dipublish tanggal: Jul 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 4 menit
Lakukan 10 Tips Ini Agar Anda Terlihat Awet Muda

Seiring bertambahnya umur, kulit wajah seseorang akan mengalami perubahan seperti kusam, berkurangnya elastisitas, muncul garis halus dan kerutan yang bisa menyebabkan wajah terlihat lebih tua. 

Hal itu membuat setiap orang berlomba-lomba untuk mendapatkan wajah yang awet muda. 

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic

Setiap orang pasti mendambakan mempunyai kulit yang sehat, cantik, dan awet muda. Namun apakah Anda sudah tau tips apa saja yang bisa membuat kulit Anda awet muda? Yuk cari tahu tips-tipsnya di bawah ini.

Tips agar terlihat awet muda

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar kulit Anda terlihat awet muda:

1. Mengkonsumsi makanan yang kaya zat antioksidan

Tips pertama supaya Anda terlihat awet muda adalah banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Antioksidan dipercaya mampu melindungi kulit dari radikal bebas dan merangsang produksi kolagen dalam kulit.

 Anda bisa menemukan antioksidan dalam buah, sayur, kacang-kacangan, blueberry, minyak nabati dan lainnya.

Anda juga bisa meniru kebiasaan orang Jepang dalam meminum teh. Lantaran teh mempunyai kandungan zat antioksidan yang sangat tinggi. 

Minum teh secara teratur dapat Anda lakukan di rumah bersama keluarga dan cara mendapatkannya pun cukup gampang.

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic

2. Perbanyak konsumsi protein dan makanan bergizi lainnya

Mengkonsumsi protein dapat meningkatkan kolagen dalam tubuh Anda. Selain itu, protein juga dapat membangun dan mempertahankan massa otot. 

Beberapa makanan yang mengandung protein tinggi yaitu telur, salmon, tahu, kedelai, dan lainnya. Selain protein, tubuh juga memerlukan nutrisi penting seperti vitamin, karbohidrat, lemak esensial, dan lainya. 

Tips lainnya adalah mengurangi makanan jenis junk food. Karena terkadang makanan junk food menggunakan bahan-bahan yang instan. Pilihlah makanan alami yang memiliki nutrisi tinggi. 

Memiliki pola makan yang sehat tentu juga akan berpengaruh pada kesehatan kulit Anda. 

3. Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup merupakan pola hidup yang sehat. Hal ini akan membantu Anda lebih fokus dan terhindar dari dehidrasi

Apabila Anda kekurangan air, maka tubuh Anda akan mengalami dehidrasi yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan rentan terhadap kerutan. 

Iklan dari HonestDocs
Dermal Fillers Treatment di Reface Clinic

Dermal Filler merupakan perawatan wajah yang berfungsi untuk memperbaiki area tertentu yang memang diperlukan. Misalnya, untuk membantu mengatasi kerutan, garis halus atau cekungan yang disebabkan penuaan, meratakan tekstur dan menghaluskan kulit, hingga menghilangkan bekas luka. Perawatan wajah ini dilakukan dengan menyuntikan cairan seperti asam hialuronat atau kolagen, maupun zat sintesis kebagian wajah yang bermasalah, Contohnya pipi,hidung,bibir,rahang,dagu,area sekitar muka, dan lainnya. Perawatan dermal filler akan menjadikan wajah menjadi lebih berisi sehingga keriput atau garis-garis halus jadi tersamarkan.

Dermal fillers treatment di reface clinic

Manfaat lainnya dari minum air putih yang cukup yaitu menjaga fungsi ginjal, memperlancar pencernaan, mengontrol berat badan, bahkan mencegah proses penuaan dini.

4. Bersihkan wajah sebelum istirahat

Kebiasaan membersihkan wajah sebelum tidur sebenarnya adalah hal yang paling penting untuk menjaga kecantikan kulit Anda. 

Saat seharian Anda melakukan aktivitas di luar ruangan tentu kulit wajah Anda akan terpapar banyak polusi, terlebih sisa-sisa make up yang belum dibersihkan. 

Hal tersebut dapat menyumbat pori-pori kulit Anda. Akibatnya akan muncul masalah baru lagi seperti jerawat dan kulit menjadi kusam.

Tidak hanya wanita, kebiasaan membersihkan wajah sebaiknya juga dilakukan oleh pria. Sebaiknya Anda membersihkan wajah 2 kali sehari yaitu saat bangun tidur dan ketika hendak tidur. 

Dengan begitu kulit Anda akan menjadi bersih, sehat, dan terlihat awet muda.

5. Gunakan tabir surya

Tentu Anda sudah tahu bahwa paparan sinar UV dapat memberikan efek buruk seperti menyebabkan warna kulit yang tidak merata, noda hitam di kulit, dan lainnya. 

Itulah mengapa Anda memerlukan tabir surya, terlebih jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan. 

Bahkan orang Jepang mempunyai kebiasaan menggunakan tabir surya kepada anak-anak mereka sejak kecil hingga mereka remaja. 

Hal tersebut dilakukan supaya kondisi kulit mereka terhindar dari noda hitam yang disebabkan paparan sinar matahari. 

6. Gunakan produk perawatan kulit

Berbicara mengenai skin care tentu para wanita sudah mempunyai favoritnya masing-masing. Menggunakan serangkaian perawatan kulit wajah akan membantu mencegah proses penuaan dini. 

Saat ini banyak sekali produk-produk skin care yang dijual di pasaran, bahkan ada yang organik. Produk perawatan kulit wajah yang cocok untuk Anda sebenarnya adalah investasi jangka panjang Anda. 

Namun Anda harus tetap berhati-hati dalam memilihnya. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan produk yang tepat.

7. Hindari kebiasaan merokok

Percaya atau tidak merokok dapat mempercepat proses penuaan pada kulit Anda. 

Kandungan nikotin yang terdapat dalam rokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah di lapisan terluar kulit, sehingga hal tersebut dapat mengganggu aliran darah ke kulit. 

Akibatnya kulit akan kekurangan oksigen dan nutrisi yang penting.

Selain itu, bahan kimia dalam rokok bisa sebabkan berkurangnya elastisitas kulit dan kadar kolagen dalam tubuh Anda. Hindarilah merokok mulai saat ini juga, karena merokok dapat merugikan kesehatan Anda.

8. Manajemen stress Anda

Manusia memang tidak pernah terlepas dari masalah. Terkadang masalah yang datang silih berganti bisa memicu terjadinya stress. 

Stres kronis dapat mempercepat proses penuaan dini dengan cara memperpendek telomere DNA. Panjang telomer dapat dijadikan sebagai penanda penuaan biologis dan sel-sel kulit Anda.

Supaya awet muda, Anda harus bisa manajemen stres. Jangan sampai Anda berlarut-larut pada suatu masalah yang bisa membuat Anda terpuruk. 

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelola stress yaitu, berpikiran positif, mendengarkan musik, yoga, meditasi, belanja, olahraga, atau melakukan hobi.

1. Rutin berolahraga

Banyak sekali manfaat yang didapatkan ketika Anda melakukan olahraga secara rutin. Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, olahraga juga dapat membantu mengurangi tingkat stres. 

Seseorang yang lebih aktif fisik saat usia muda memiliki kesehatan jantung yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang sedikit melakukan aktivitas fisik.

2. Istirahat yang cukup

Tubuh juga memerlukan waktu untuk istirahat dan meregenerasi kulit. Usahakan tidak begadang dan tidur sebelum jam 12 malam. Biasanya Anda disarankan untuk tidur selama 8 jam per hari. 

Tidur yang cukup dapat mengembalikan energi Anda di pagi hari, mencegah munculnya mata panda, kesegaran pada wajah, dan mempunyai mood yang stabil.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Can aerobic exercise slow down ageing?. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/news/lifestyle-and-exercise/can-aerobic-exercise-slow-down-ageing/)
13 Tips for Aging Gracefully with Exercise, Diet, and Wellness. Healthline. (https://www.healthline.com/health/aging-gracefully)
Healthy aging Healthy aging: Beyond 50. Mayo Clinic. (http://www.mayoclinic.com/health/healthy-aging/MY00374)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app