HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Kunyit Memiliki 8 Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Kunyit Memiliki 8 Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Sebagai bumbu dapur yang memiliki warna paling mencolok, kunyit tidak hanya buat masakan tambah lezat saja. aka tetapi kunyit juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, hal ini dikarenakan kunyit memiliki banyak kandungan berupa antiinflamasi dan antioksidan. Kunyit selalu berhubungan dengan yang namanya masakan kari.

Selain bermanfaat untuk masakan, kunyit juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sedangkan kunyit sejak jaman dahulu sudah terkenal sebagai bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat, sehingga dapat dijadikan sebagai ramuan obat-obatan yang seringkali digunakan oleh nenek moyang. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Untuk mengetahui manfaat dari kunyit, simak ulasan berikut:

Kandungan kurkumin yang ampuh mengatasi penyakit Kanker

Kunyit memiliki kandungan berupa kurkumin yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit kanker. kandungan yang dimiliki kunyit itulah yang bisa mengurangi adanya pertumbuhan pembuluh darah pada penyebaran kanker, tumor maupun adanya kontribusi kematian sel kanker.

Kunyit memiliki kandungan suplemen

Kunyit memiliki suplemen yang dapat meredakan rasa sakit ketika sedang menstruasi. Jika Anda mengkonsumsi kunyit maka dapat meringankan rasa sakit dan nyeri. Hal ini sudah banyak diketahui oleh banyak wanita yang sering kali mengkonsumsi kunyit saat sedang menstruasi untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri.

Kandungan antioksidan kunyit yang dapat merawat kulit

Merawat kulit tidak harus pergi ke dokter dan menghabiskan banyak uang, karena dengan menggunakan kunyit, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan perawatan kulit agar bisa membantu meregenerasi kulit mengatasi jerawat dan mengurangi adanya pembentukan noda hitam yang ada pada kulit.

Kunyit dapat menjaga kesehatan sistem saraf

Kunyit dapat meningkatkan kadar BDNF yang ada di dalam otak, sehingga hal ini bisa dijadikan sebagai pencegahan penyakit yang memiliki hubungan dengan otak. Apabila BDNF meningkat, maka efek yang akan di dapatkan yaitu kemampuan memori yang semakin meningkat pula.

Kandungan phytochemical untuk mengatasi rasa mual

Rasa mual yang disebabkan karena adanya gangguan pada sistem pencernaan dapat diatasi melalui kunyit. kandungan berupa phytochemical memiliki kegunaan untuk bisa menghadirkan antioksidan yang ada di dalam tubuh sebagai memerangi racun dalam pencernaan, dengan demikian, rasa mual dapat di atasi dengan baik.

Iklan dari HonestDocs
Beli Anti Inflamasi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 42

Kunyit dapat dijadikan sebagai obat radang sendi

Kunyit mempunyai anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit, terutama pada bagian radang sendi. Jika Anda memiliki penyakit radang sendi seperti rematik, maka Anda bisa mengkonsumsi ramuan dari kunyit. Namun sayangnya kunyit mampu memberikan efek samping peningkatan tukak usus, penyakit jantung dan lambung.

Obat diabetes

Tidak ada obat alami yang ampuh selain kunyit. Para penderita diabetes dapat diatasi dengan mudah melalui kunyit yang dikonsumsi secara teratur. Sedangkan kunyit dapat membantu untuk mengontrol kadar gula darah bagi para penderita diabetes.

Kunyit dapat menurunkan kolesterol darah

Kadar kolesterol yang cukup tinggi akan bersamaan mengalami kerusakan pada bagian arteri, sehingga dapat menimbulkan stres oksidatif karena jumlah kolesterol yang menumpuk. Jika hal ini terus dibiarkan, maka akan menghambat aliran darah dalam tubuh.

Jika anda mengkonsumsi obat-obat tertentu, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter apabila ingin menggunakan kunyit. Karena kunyit bisa mengganggu anti kadar gula dari obat. Selain itu kunyit juga dapat mempengaruhi pada obat-obatan yang dikonsumsi seperti obat anti inflamasi non steroid.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Turmeric: Benefits and nutrition. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/306981.php)
10 Proven Health Benefits of Turmeric and Curcumin. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/top-10-evidence-based-health-benefits-of-turmeric)
Turmeric: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-662/turmeric)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Masker Kunyit untuk Kecantikan Kulit Wajah, Apa Saja Manfaatnya?
Masker Kunyit untuk Kecantikan Kulit Wajah, Apa Saja Manfaatnya?

Kunyit mengandung antioksidan dan komponen antiinflamasi yang dapat memberikan efek kulit tampak bercahaya dan berkilau. Kunyit juga dapat menghidupkan kembali kulit Anda dengan membuat kulit tampak bersinar secara alami.

Buka di app