Doctor men
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI
Kesehatan Mulut dan Gigi

3 Cara Mudah Memutihkan Gigi Dengan Kunyit

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 286.264 orang

3 Cara Mudah Memutihkan Gigi Dengan Kunyit

Bukan hanya menjadi bahan utama untuk memasak, manfaat kunyit ternyata lebih dari itu. Selain dapat mempercantik tampilan makanan, kunyit juga disebut-sebut mampu mempercantik gigi dengan membuatnya jadi lebih putih. Anda mungkin tertarik untuk memutihkan gigi dengan kunyit. Tapi, bagaimana caranya, ya? 

Benarkah kunyit dapat memutihkan gigi? 

Setiap satu sendok makan bubuk kunyit mengandung sejumlah nutrisi, mulai dari protein, lemak, karbohidrat, serat, kalium, mangan, zat besi, hingga vitamin C. Karena nutrisinya yang lengkap inilah, kunyit menjadi bahan masakan yang juga populer sebagai obat-obatan herbal. 

Baca Selengkapnya: 17 Khasiat Kunyit Asam Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Tidak dapat dipungkiri, kunyit mampu membawa dampak baik bagi kesehatan. Hal ini dibuktikan dengan penelitian tahun 2012 yang menunjukkan bahwa kandungan kurkumin dalam kunyit dapat membasmi plak dan bakteri dalam mulut. Tidak hanya itu, kunyit juga dapat membantu meringankan peradangan yang hampir sama kerjanya dengan obat kumur alami. 

Berlanjut pada tahun 2013, sebuah studi menemukan bahwa kunyit memiliki sifat antimikroba dan antikanker, mampu meringankan rasa nyeri pada gigi akibat periodontis, dan mengurangi risiko kanker mulut. 

Dalam beberapa penelitian lain, disebutkan juga bahwa kunyit lebih mampu memutihkan secara alami dibandingkan dengan soda kue dan arang aktif. Meskipun demikian, tetap diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat kunyit untuk memutihkan gigi. 

Berbahayakah memutihkan gigi dengan menggunakan kunyit? 

Seorang dokter gigi di Yorkshire, drg. Langley mengatakan bahwa penggunaan kunyit untuk memutihkan gigi dinilai lebih aman dibandingkan dengan arang. Pasalnya, arang diketahui dapat mengikis gigi sehingga bisa merusak tampilan gigi.

Walaupun demikian, kunyit tidak selalu cocok bagi setiap orang yang ingin memutihkan gigi, terutama bagi mereka yang memiliki alergi terhadap kunyit. Anda bisa menggunakan kunyit untuk memutihkan gigi, namun sebaiknya tidak menjadikannya sebagai bahan utama. 

Sebaiknya konsultasikan dulu kondisi kesehatan gigi dan mulut Anda secara rutin ke dokter, setidaknya setiap 6 bulan sekali. Tanyakan juga pada dokter apakah Anda boleh memutihkan gigi dengan bahan alami seperti kunyit atau tidak.

Baca Juga: Cara Memutihkan Gigi Secara Alami, Mudah, dan Murah

Cara memutihkan gigi dengan kunyit 

Ketika Anda memutuskan untuk memutihkan gigi menggunakan kunyit, disarankan untuk memakainya sebanyak 1 kali dalam sehari. Selain itu, perhatikan juga kebersihan wadah kunyit dan tangan Anda agar tidak memicu infeksi. 

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan bila ingin memutihkan gigi dengan kunyit, yaitu:

1. Menggunakan bubuk kunyit saat menggosok gigi

Cara ini merupakan langkah paling mudah yang bisa Anda lakukan. Anda hanya perlu menyiapkan bubuk kunyit, sikat gigi baru, dan ekstrak daun mint.

Beriktu cara memutihkan gigi dengan bubuk kunyit:

  • Tuangkan sedikit bubuk kunyit beserta setetes ekstrak daun mint pada sebuah wadah yang sudah Anda siapkan.
  • Basahi sikat gigi dengan air, kemudian celupkan sikat gigi pada wadah yang berisi campuran kunyit dan daun mint. 
  • Gosok gigi Anda seperti biasa dan biarkan selama 5 menit.
  • Bilas atau kumur-kumur dengan air sampai bersih. Setelah itu, gosok gigi Anda menggunakan pasta gigi.

2. Menggunakan pasta gigi kunyit buatan sendiri 

Selain menggosok gigi menggunakan bubuk kunyit, Anda juga bisa membuat sendiri pasta gigi berbahan dasar rimpang kunyit. Bahan yang butuhkan adalah 1/4 sendok teh bubuk kunyit dan 1/8 sendok teh minyak kelapa cair. 

Caranya, campurkan bubuk kunyit dan minyak kelapa cair tersebut dalam satu wadah. Setelah itu, gunakan pasta tersebut untuk menggosok gigi.

Bila sudah selesai, segera berkumur-kumur dengan air hingga mulut Anda bersih dari sisa-sisa pasta. Setelah itu, Anda boleh lanjut menggosok gigi menggunakan pasta gigi biasa. 

Untuk menghemat waktu dan tenaga, Anda bisa membeli pasta gigi yang mengandung kurkumin. 

3. Memakai bubuk pemutih dari bahan kunyit 

Tidak hanya pasta gigi, ada juga bubuk pemutih gigi yang terbuat dari kunyit. Dengan adanya bubuk pemutih berbahan kunyit ini, Anda jadi tak perlu repot-repot membuat pasta untuk menggosok gigi.

Cara memutihkan gigi dengan bubuk pemutih berbahan kunyit ini ternyata sangat mudah. Anda cukup menambahkannya pada pasta gigi, kemudian sikatlah gigi Anda seperti biasa. 

Meskipun belum ada studi yang cukup akurat untuk membuktikan manfaat kunyit dalam memutihkan gigi, Anda tetap boleh menggunakannya karena kunyit merupakan bahan alami yang tidak membahayakan kesehatan. Namun yang terpenting, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dulu ke dokter supaya lebih aman.

Baca Juga: 20 Efek Samping Kunyit Bila Digunakan Dalam Dosis Tinggi

Referensi

Healthline. (2018). Can You Use Turmeric for Teeth Whitening?

Metro. (2017). Is It Actually a Good Idea to Use Turmeric as a Teeth Whitener?

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Masker Kunyit untuk Kecantikan Kulit Wajah, Apa Saja Manfaatnya?
Masker Kunyit untuk Kecantikan Kulit Wajah, Apa Saja Manfaatnya?

Kunyit mengandung antioksidan dan komponen antiinflamasi yang dapat memberikan efek kulit tampak bercahaya dan berkilau. Kunyit juga dapat menghidupkan kembali kulit Anda dengan membuat kulit tampak bersinar secara alami.

Apa Kata Dokter Soal Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan
Apa Kata Dokter Soal Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Berikut ini mari kita simak beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan ditinjau dari kacamata dokter.