Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Makanan dan Diet Sehat

Ketahui Kebutuhan Asupan Kalori Harian untuk Tubuh Lebih Sehat

Update terakhir: SEP 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 901.855 orang

Kalori dibutuhkan sebagai sumber energi untuk beraktivitas harian. Beberapa nutrisi seperti karbohidrat, lemak dan protein merupakan jenis makanan yang menghasilkan kalori bagi tubuh. Setiap gram karbohidrat maupun protein menghasilkan kalori sebanyak 4 kalori, sementara setiap gram lemak menghasilkan kalori hingga 9 kalori

Pada makanan kemasan, anda dapat melihat keterangan mengenai jumlah kalori makanan pada label nutrisi makanan. Usahakan untuk dapat mengatur asupan kalori harian agar tidak melebihi kebutuhan kalori harian anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

Faktor Usia Menentukan Jumlah Kebutuhan Kalori

Beberapa faktor akan menentukan jumlah kebutuhan kalori harian seseorang. Faktor seperti jenis kelamin, usia, gaya hidup, dan pekerjaan akan sangat mempengaruhi jumlah kalori yang dibutuhkan. 

Misalnya seorang petani, tukang bangunan, dan orang-orang yang bekerja menggunakan otot akan membutuhkan kalori lebih banyak ketimbang mereka yang bekerja duduk di kantor.

Kebutuhan kalori untuk anak-anak berada di kisaran 1000 hingga 2000 kalori/hari. Umumnya, anak laki-laki akan membutuhkan asupan kalori lebih banyak ketimbang anak perempuan. Pada remaja, kebutuhan kalori meningkat dari mulai 1400 hingga 3200 kalori/hari. 

Sementara ketika dewasa, asupan kalori untuk pria rata-rata 2500 kalori/hari. Untuk wanita dewasa rata-rata berkisar 2000 kalori/hari. Ketika seseorang berada di usia lanjut, kebutuhan kalori umumnya akan menurun karena aktivitas cenderung berkurang sehingga asupan kalori tidak perlu sebanyak saat dewasa.

Bagaimana Jika kelebihan Asupan Kalori?

Jika anda sedang dalam program diet atau mengalami kelebihan asupan kalori harian, maka sebaiknya anda melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk membakar asupan kalori tersebut. 

Jika anda sedang diet menurunkan berat badan dan ingin membakar berat badan 0,5 kg/minggu, anda harus mengurangi kalori hingga 500 sampai 750. Mudahnya, asupan kalori harian pada pria dewasa sekitar 1500 sampai 1800 kalori, sementara wanita sekitar 1200 sampai 1500 kalori.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

Selain mengurangi asupan kalori harian, anda juga sebaiknya lebih memilih jenis makanan yang dapat membakar lebih banyak kalori dalam tubuh. Protein misalnya membutuhkan lebih banyak energi untuk metabolisme

Diet dengan mengkonsumsi makanan tinggi protein bahkan bisa membakar kalori harian 80 hingga 100 kalori lebih banyak. Nafsu makan berlebih juga dapat tertekan ketika anda mengonsumsi protein.

Di bawah ini adalah tips untuk menurunkan berat badan:

Minum air putih

Riset menunjukkan bahwa minum air minum hingga 2 liter/hari dapat membantu membakar kalori hingga 96 kalori lebih banyak. Hal ini dikarenakan air minum dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Rasa lapar juga dapat ditekan dengan minum air putih.

Karbohidrat dikurangi

Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dikurangi karena terbukti efektif dapat menurunkan berat badan. Beberapa riset menunjukkan bahwa konsumsi makanan dengan kadar karbohidrat rendah dapat membakar kalori lebih banyak dibandingkan diet rendah lemak hingga dua kalinya.

Olahraga rutin

Olahraga merupakan daftar “menu” harian yang tidak boleh terlewat jika anda sedang menjalani program penurunan berat badan. Diet tanpa olahraga tentu tidak sehat dan tidak dianjurkan. Olahraga dapat membantu membakar kalori yang telah anda makan sehari-hari. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

Olahraga juga membantu mempertahankan massa otot yang berkurang ketika anda membatasi asupan kalori harian. Olahraga kardio baik untuk membakar lebih banyak kalori. Sementara jika anda ingin menambah massa otot, anda bisa olahraga latihan beban.

Jangan minum minuman tinggi gula

Gula merupakan salah satu zat yang konsumsinya harus dibatasi. Konsumsi gula dalam jumlah banyak dapat meningkatkan risiko terserang obesitas hingga diabetes. Jika anda ingin menurunkan berat badan, maka kurangi asupan gula harian.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit