Doctor men
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
Kebiasaan Sehat

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Harian

Update terakhir: OCT 20, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 652.463 orang

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Harian

Dalam setiap tabel kemasan makanan akan terdapat tabel informasi terkait kandungan nilai gizi dan bahan pembuatan. Dalam tabel tersebut, terdapat persen AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki kebutuhan energi atau kalori yang sama karena hal ini akan bergantung pada banyak faktor, seperti jenis kelamin, usia, aktivitas fisik, hingga berat badan dan tinggi badan.

Berbagai faktor tersebut akan mempengaruhi kebutuhan kalori setiap individu di mana pada umur yang sama, antara pria dan wanita memiliki kebutuhan kalori yang berbeda. Begitupun dengan anak kembar yang memiliki kebutuhan kalori berbeda dan bergantung pada aktivitas fisik masing-masing anak.

Mengetahui kebutuhan kalori harian memang penting, terutama bagi Anda yang sedang dalam program diet untuk mengurangi atau menambah berat badan. Karena dengan mengetahui perhitungan jumlah kalori harian, Anda bisa menentukan seberapa banyak kalori yang Anda butuhkan dan seberapa banyak kalori yang Anda gunakan.

Mengapa perlu menghitung kebutuhan kalori?

Kalori merupakan satuan unit untuk mengukur kandungan panas atau energi yang biasa ditulis dalam satuan kkal. Secara sederhana, Anda bisa memahami kalori sebagai energi yang dibutuhkan tubuh agar bisa beraktivitas dan menjalankan fungsi tubuh dengan baik. Istilah ini dapat digunakan untuk merujuk jumlah energi yang Anda dapatkan dari makanan dan minuman sebagai sumber kalori. Kalori juga bisa digunakan untuk menyebut jumlah energi yang dibakar oleh tubuh Anda melalui aktivitas sehari-hari.

Mengetahui kebutuhan kalori harian Anda sangat penting untuk mengoptimalkan aktivitas Anda. Kekurangan kalori dapat menyebabkan Anda lemas dan fungsi kerja organ menjadi tidak optimal. Di sisi lain, kelebihan kalori dapat membuat tubuh menyimpan lebih banyak cadangan makanan yang membuat berat badan bertambah. 

Baca selengkapnya: Tabel Kalori Makanan dan Minuman

Berapa kebutuhan kalori harian Anda?

Ada 2 cara untuk menghitung kebutuhan kalori harian, salah satu yang dapat Anda gunakan adalah dengan menggunakan rumus Harris Benedict dan rumus WHO. Berikut ini penjelasan dan contoh perhitungannya:

1. Menghitung kebutuhan kalori harian berdasarkan rumus Harris Benedict

Sebelumnya, siapkan data berat badan Anda dalam satuan kilogram (kg), tinggi badan dalam satuan sentimeter (cm), dan umur Anda. Berikut ini rumusnya:

  • Perhitungan kalori untuk Wanita: 447.593 + (9.247 x berat badan [kg]) + (3.098 x tinggi badan [cm]) – (4.33 x umur)
  • Perhitungan kalori untuk Pria: 88.362 + (13.397 x berat badan [kg]) + (4.799 x tinggi badan [cm]) – (5.677 x umur)

Hasil tersebut kemudian dikali dengan level aktivitas fisik harian Anda yang terbagi menjadi:

  • Sangat jarang olahraga, level aktivitas fisik adalah 1,2
  • Jarang olahraga (1-3 hari/ minggu), level aktivitas fisik adalah 1,375
  • Normal olahraga (3-5 hari/ minggu), level aktivitas fisik adalah 1,55
  • Sering olahraga (6-7 hari/ minggu), level aktivitas fisik adalah 1,725
  • Sangat sering olahraga (setiap hari - dua kali sehari), level aktivitas fisik adalah 1,9

Sebagai contoh, Anda adalah seorang pria dengan berat badan 60 kg, tinggi badan 165 cm, usia 25 tahun, dan memiliki level aktivitas jarang olahraga. Maka perhitungan kebutuhan kalori harian Anda adalah sebagai berikut:

Kebutuhan kalori harian: [88.362 + (13.397 x 60) + (4.799 x 165) – (5.677 x 25)] x 1,375 = 2120.377 kkal

2. Menghitung kebutuhan kalori harian berdasarkan rumus World Health Organization (WHO)

Rumus menghitung kebutuhan kalori harian ini lebih sederhana dibanding rumus sebelumnya karena tidak memperhitungkan tinggi badan. Berikut ini rumusnya:

  • Perhitungan kalori untuk wanita umur 18-29 tahun: 14,7 x (berat badan [kg]) + 496
  • Perhitungan kalori untuk pria umur 18-29 tahun: 15,3 x (berat badan [kg]) + 679

Sebagai contoh, Anda adalah seorang wanita dengan berat badan 55 kg dengan level aktivitas fisik normal berolahraga. Maka, perhitungan kebutuhan kalori harian Anda adalah sebagai berikut:

Kebutuhan kalori harian: [(14,7 x 55) + 496] x 1,55 = 2021.975 kkal

Referensi

Verywellfit.How Many Calories Should I Eat a Day?

Diabetesstrong. How to Find Your Daily Calorie Need

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit