Doctor men
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI
Doctor men
Ditinjau oleh
DR. VINA SETIAWAN
Olahraga dan Kebugaran

8 Aktivitas Sederhana Ini Diam-Diam Membakar Banyak Kalori Tubuh

Update terakhir: DEC 7, 2019 Tinjau pada DEC 7, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.418.993 orang

8 Aktivitas Sederhana Ini Diam-Diam Membakar Banyak Kalori Tubuh

Tidak semua orang punya banyak waktu untuk olahraga di pusat kebugaran alias gym. Padahal, Anda mungkin ingin segera menurunkan berat badan, tapi terbentur dengan aktivitas yang padat. Eits, Anda tak perlu khawatir. Pasalnya, ada beberapa aktivitas sehari-hari yang tanpa disadari sudah banyak membakar kalori Anda, lho! Salah satunya berbelanja alias windows shopping. Kok bisa?

Aktivitas sederhana yang dapat membakar kalori

Melakukan olahraga seperti kardio atau angkat beban di gym jelas dapat membantu membakar kalori. Sayangnya, tidak semua orang senang dan sempat berolahraga, apalagi bagi orang-orang yang aktivitasnya padat setiap hari. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Berguna untuk mengatasi infeksi jamur kulit dan kuku, yang disebabkan dermatofit, candida dan jamur. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Fungiderm cr 5g 1

Kabar baiknya, ternyata untuk membakar kalori tidak melulu harus berolahraga, lho! Tanpa Anda sadari, ada beberapa aktivitas lain yang bisa membakar kalori dan mungkin sudah Anda lakukan setiap hari. 

Berikut ini berbagai aktivitas yang dapat membantu membakar kalori, antara lain:

1. Melakukan pekerjaan rumah

Kegiatan ini tentu Anda lakukan hampir setiap hari. Selain membuat hunian Anda bersih dan nyaman, melakukan pekerjaan rumah diam-diam juga bisa membakar kalori Anda. Kegiatan seperti menyapu, mengepel, mencuci, dan menyetrika selama 30 menit bisa membakar kalori sekitar 100-130 kalori.

2. Kalori juga akan terbakar selama tidur

Saat kita beristirahat dan tidur, tubuh kita ternyata tidak sepenuhnya istirahat. Ada beberapa organ yang tetap bekerja selama tidur untuk melakukan proses pembersihan racun, memperbaiki sel, hingga memperbaiki jaringan tubuh.

Berbagai proses tersebut dapat melunturkan sejumlah kalori dalam tubuh Anda, bahkan sampai 500 kalori. Namun dengan syarat, Anda perlu memenuhi kebutuhan tidur yang cukup selama 8 jam agar hasilnya maksimal. Selain itu, tidur siang selama setengah jam juga dapat membantu membakar hingga 28 kalori.

3. Mendengarkan musik sambil menari

Mendengarkan musik adalah aktivitas yang menyenangkan bagi banyak orang. Pasalnya, aluran musik dapat membantu meningkatkan suasana hati, membuat bersemangat, sampai-sampai membuat kita menari. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Ternyata, mendengarkan musik sambil menari bisa membakar 143 kalori hanya dalam waktu 30 menit. Selain menari, Anda juga bisa berdansa dengan teman atau pasangan Anda untuk menambah keintiman.

Baca Selengkapnya: 6 Jenis Dance yang Membakar Kalori Paling Banyak, Mau Coba?

4. Hanya dengan duduk dan membaca buku, kalori di tubuh akan terbakar

Ya, duduk diam sambil membaca buku ternyata ikut membakar sejumlah kalori dalam tubuh Anda, lho! Meskipun dalam posisi duduk dan tidak bergerak, otak Anda akan bekerja cukup berat dan hal ini diam-diam membakar kalori. 

Dalam posisi duduk, Anda bisa membakar 67-86 kalori per jam. Anda juga boleh melakukan aktivitas membaca sembari berbaring karena bisa membakar 50-67 kalori per jam.

5. Kalori akan terbakar ketika Anda menonton acara komedi

Saat menonton acara komedi, Anda tentu akan tertawa karena hal-hal lucu. Anda tentu tidak sadar bahwa kegiatan ini juga dapat membakar kalori.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa tertawa selama 15 menit dapat membakar 10-40 kalori. Tertawa terbahak-bahak membuat otot-otot Anda bekerja dan bahkan bisa membantu membentuk perut six pack.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

6. Window shopping dapat membantu membakar kalori

Berbelanja adalah aktivitas yang sangat menyenangkan, apalagi bagi kaum wanita karena aktivitas ini bisa membuat memperbaiki mood. Tidak perlu melulu harus membeli barang, sekadar melihat-lihat alias window shopping pun bisa membuat Anda senang bahkan membakar kalori. Kok bisa?

Hal ini tidak mengherankan karena selama window shopping atau berbelanja, Anda akan lebih banyak berjalan untuk melihat-lihat barang incaran. Window shopping selama 60 menit bisa membakar hingga 200 kalori. Aktivitas ini tentu lebih menyenangkan daripada melakukan kardio dalam waktu yang sama.

7. Minum air dingin maupun air hangat

Mitos mengatakan bahwa minum air dingin tidak baik untuk orang yang sedang dalam proses mengurangi berat badan. Namun, hal itu ternyata tidak benar. Faktanya, meminum air dingin atau air hangat justru bisa membantu menghilangkan kalori dalam tubuh. 

Saat Anda meminum air dingin atau hangat, tubuh akan meningkatkan laju metabolisme agar suhu air dan inti tubuh tetap sama. Pada saat penyesuaian inilah, kalori Anda akan terbakar sebanyak 24-30%.

8. Berhubungan seksual dengan pasangan Anda juga bisa membakar kalori

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuan dari Universitas Monteral menunjukkan bahwa berhubungan seksual bisa membakar kalori. Bagi wanita, berhubungan seks bisa membakar 3,1 kalori per menit. Sedangkan untuk pria, kalori yang terbakar cenderung lebih banyak yaitu sekitar 4,2 kalori.

Baca Juga: Antara Plank dan Lari, Mana yang Lebih Ampuh Bakar Kalori?

Referensi

Livestrong. (2019). 13 Everyday Activities That Burn More Than 200 Calories.

Health. (2015). 17 Ways to Burn More Calories All Day.

Everyday Health. (2009). Burning Calories with Everyday Activities.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit