Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Lidah Berbulu : Penyebab, Gejala dan Penanganannya

Update terakhir: NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.732.171 orang

Permukaan atas lidah memiliki tekstur yang kasar karena tertutup oleh tonjolan-tonjolan kecil yang disebut papila. Ada beberapa jenis papila, yang paling banyak diantaranya disebut filiform papillae.

papila filiformis adalah tonjolan memanjang, berbentuk kerucut yang bertanggung jawab untuk menahan makanan pada permukaan lidah. Struktur ini biasanya tumbuh hingga sekitar 1 milimeter sampai pada akhirnya papilla filiformis terlepas dari lidah, dan digantikan dengan papila filiform yang baru.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Lidah berbulu terjadi ketika papilla filiformis ini tidak terlepas sebagaimana mestinya, sehingga terjadi penumpukan protein kulit yang dikenal sebagai keratin. Ketika ini terjadi, makanan, bakteri, atau jamur dapat menumpuk di jaringan papila filiformis dan menyebabkan perubahan warna yang aneh.

Apa penyebab timbulnya Lidah Berbulu?

Berbagai faktor dapat memicu timbulnya lidah berbulu. contohnya:

  • Diet lunak: Kurangnya rangsangan terhadap sesuatu yang relatif kasar pada permukaan lidah dapat mencegah pelepasan papilla filiformis dan menyebabkan lidah berbulu.
  • Kebersihan mulut yang buruk: Hal ini dapat menyebabkan penumpukan bakteri atau jamur, berkontribusi terhadap lidah berbulu.
  • Zat-zat tertentu: Penggunaan tembakau, serta konsumsi alkohol, kopi atau teh yang berlebihan.
  • Dehidrasi atau mulut kering: Kurangnya kelembaban di mulut dapat membuat seseorang lebih rentan mengalami lidah berbulu.
  • Obat-obatan tertentu: obat-obatan untuk mengobati penyakit akibat refluks asam lambung.
  • Produk kebersihan mulut: Jenis obat kumur tertentu, seperti obat kumur yang mengandung peroksida.

Gejala pada Lidah Berbulu 

Lidah berbulu biasanya tidak menimbulkan rasa nyeri dan jarang menyebabkan gejala lainnya. Meski begitu, beberapa gejala atau komplikasi lidah berbulu dapat muncul jika Anda tidak mengatasinya.

Gejala tambahan yang biasanya muncul bersamaan dengan gejala lidah berbulu, meliputi:

  • Sensasi terbakar di lidah
  • Sensasi tersedak atau menggelitik
  • Bau mulut
  • Cita rasa yang tidak normal

Bagaimana cara mencegah Lidah Berbulu?

Cara terbaik untuk mencegah lidah berbulu adalah menjaga kebersihan mulut dengan baik. Anda dapat mempraktekkan beberapa tips di bawah ini:

  • Menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Sikat gigi Anda setelah Anda bangun dan sebelum Anda tidur. Jika sempat, Anda juga bisa menyikat gigi setelah makan.
  • Sikat lidah bagian atas, jangan hanya fokus pada gigi Anda. Hindari menyikat lidah bagian belakang, karena dapat membuat Anda muntah.
  • Bersihkan sela-sela gigi Anda menggunakan dental floss. Sela-sela gigi adalah tempat bakteri bersembunyi dan seringkali menjadi tempat sisa-sisa makanan tersangkut yang dapat menyebabkan masalah yang lebih besar baik untuk gusi, gigi serta lidah Anda.
  • Bilas dengan obat kumur antiseptik. Obat kumur yang dapat Anda beli di pasaran dapat membantu membunuh bakteri dan mengurangi risiko penumpukan bakteri pada lidah Anda.
  • Jaga gigimu. Kopi, teh hitam, dan soda adalah cairan yang sangat abrasif. Ini buruk untuk gigi Anda, tetapi juga bisa mempengaruhi lidah Anda. Cobalah untuk minum lebih sedikit cairan itu dan yang lebih jernih, seperti air atau teh hijau.

Cara mengatasi lidah yang berbulu

Diagnosa Lidah Berbulu 

Dokter atau dokter gigi Anda akan memverifikasi diagnosa lidah berbulu dengan memeriksa mulut Anda dan menggali riwayat kesehatan Anda lebih dalam. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Pada kasus yang parah, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan biopsi. Pemeriksaan biopsi adalah pemeriksaan yang dilakukan dengan cara mengambil sampel jaringan dari lidah Anda dan memeriksanya ke bagian ahli patologi, untuk memeriksa jenis kelainan yang mungkin muncul pada lidah Anda. 

emeriksaan biopsi biasanya dilakukan jika dokter mencurigai jika Anda memiliki kemungkinan menderita kanker lidah.

Pengobatan Lidah Berbulu 

Lidah berbulu seringkali bukan merupakan pertanda masalah kesehatan yang serius. Namun, beberapa penyebab utama lidah berbulu disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok

Merokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengurangi kebiasaan merokok.

Beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi lidah berbulu meliputi:

  • Menjaga kebersihan mulut dengan baik
  • Mengikis lidah Anda: Anda dapat membeli pembersih lidah khusus untuk membantu Anda membersihkan lidah dan menghilangkan papila filiformis yang menumpuk di permukaan lidah Anda.
  • Hentikan penggunaan obat yang Anda curigai menyebabkan lidah berbulu.Anda dapat memastikannya dengan berkonsultasi dengan dokter.
  • Hentikan kebiasaan buruk: Merokok, mengkonsumsi alkohol berlebihan, dan menggunakan beberapa obat-obatan yang dapat menyebabkan lidah berbulu.
  • Pertimbangkan apa yang Anda makan dan minum: Cairan dan makanan berwarna gelap seperti teh atau kopi dapat mewarnai papila filiformis di lidah Anda dan membuat lidah Anda tampak berwarna hitam. Pilihlah cairan yang lebih jernih seperti air mineral.

Jika perawatan di atas tidak berhasil, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai perawatan yang lebih agresif, seperti:

  • resep obat antijamur.
  • obat kumur antiseptik over-the-counter (OTC), seperti Listerine atau Orajel.
  • pembedahan untuk mengangkat papilla filiformis.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini